by

Honda Smart Engine Jadi yang Paling Irit BBM?

Pabrikan berlogo sayap telah membuat mesin terbaru bernama Honda Smart Engine di Thailand. Jantung mekanis ini dirancang khusus untuk motor bebek, terutama dalam rangka membuat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) lebih irit dan ramah lingkungan.

Sekilas Honda Smart Engine punya spesifikasi yang mirip dengan mesin Revo X yang ada di Indonesia, maklum sama-sama berkubikasi 110 cc. Teknologi yang tersemat juga mirip, SOHC, 4 langkah, satu silinder, dan berpendingin udara. Hanya saja ketika diperhatikan secara detail, banyak perbedaan.

Kapasitas mesin misalnya, kalau dicek maka mesin anyar ini sedikit lebih besar dengan 109,5 cc. Lalu kompresinya lebih tinggi menggunakan 10:1. Ditambah lagi karakter overstroke dengan rincian bore 47.0 x 63.1 mm. Saat ini depot daya tersebut telah digunakan oleh All New Honda Wave 110i selaku saudara Revo X yang dijual di Thailand.

“Honda Smart Engine, murah, tahan banting, serta irit BBM yang bisa mencapai 76,9 Km/liter,” seperti dikutip dari laman resmi AP Honda Thailand.

Sementara mesin motor Honda Revo X di Tanah Air cuma pakai kubikasi 109,17 cc. Kompresi 9,3:1, dan dimensi bore 50 x 55,6 mm.

Baca juga  5 Pilihan Knalpot Racing CRF150L Terbaik, Bikin Motor Keren!

Dengan sepesifikasi seperti itu, bukan berarti depot daya Revo X tidak irit. Bicara soal konsumsi BBM bisa mencapai 59,8 Km/liter, berdasar klaim Honda lewat pengujian internal dengan metode ECE R40.

Walau demikian, kalau dibandingkan dengan kemampuan Honda Smart Engine dalam menghemat BBM memang masih jauh. Bukan tidak mungkin, ke depannya mesin baru untuk motor bebek tersebut bakal tersemat di Honda Revo X.

Kunci Honda Smart Engine Lebih Irit, Bukan Cuma di Mesin

honda smart engine
Mesin terbaru dari Honda ini bisa membuat motor bebek lebih irit hingga 76,9 Km/liter

Percayalah bahwa bukan cuma Honda Smart Engine yang membuat konsumsi BBM All New Honda Wave 110i jadi sangat irit atau tembus 76,9 Km/liter. Ada beberapa aspek lain yang membuatnya sukses memiliki konsumsi BBM lebih baik dibanding Honda Revo X.

Sebut saja penggunaan rangka baru. Tangki BBM lebih besar dengan kapasitas 5 liter, serta bobot yang lebih ringan yaitu 97 Kg.

Bila disimulasikan, motor bebek Thailand ini mampu melaju hingga 384,5 Km setara Jakarta-Cilacap dalam kondisi tangki penuh BBM.

“Dengan rangka baru mampu meningkatkan kapasitas penyimpanan dan tangki BBM. Alhasil menjadikan model ini sempurna untuk motor bebek,” seperti dikutip dari laman resmi AP Honda Thailand.

Baca juga  4 Konsep Modifikasi CBR 150, Bisa Jadi Refrensi!

Bandingkan dengan Honda Revo X yang punya bobot total 97,5 Kg dan kapasitas tangki BBM cuma 4 liter. Dengan kata lain, daya jelajahnya dengan tangki penuh BBM cuma 239,2 liter atau setara Jakarta-Garut.

Jadi memang berbagai revisi yang dilakukan oleh Honda Thailand, menjadikan ada gap yang cukup jauh antara Revo X dengan Wave 110i terbaru. Tentunya untuk saat ini dikawasan Asia Tenggara, Wave 110i bisa dikatakan sebagai motor paling irit yang Honda punya

Fitur-Fitur Honda Wave 110i Lebih Modern Dibanding Revo X

calon honda revo terbaru
Panel instrumen kombinasi analog dan digital di Honda Wave 110i

Di samping menggunakan Honda Smart Engine, punya tangki lebih besar, dan bobot lebih ringan, kelebihan Honda Wave 110i adalah memiliki fitur modern. Sebut saja lampu depan sudah mengaplikasikan LED.

Lampu LED tentu lebih hemat daya, sehinga penggunaannya tidak terlalu menggangu sistem kelistrikan motor. Bukan cuma itu, lampu LED juga diklaim punya daya tahan lebih lama dibanding bohlam.

Fitur lain adalah panel instrumen pakai kombinasi analog dan digital. Panel digitalnya bisa memberikan informasi mengenai konsumsi BBM, jarak tempuh, serta posisi gigi transmisi. Terakhir yang tidak kalah penting, bagasi dibuat lebih besar. Alhasil mampu menampung banyak barang hingga 10 liter.

Baca juga  Motor Terbaru Honda: CBR250RR 2020 atau CBR1000RR-R?

Coba bandingkan dengan Honda Revo X yang masih pakai lampu depan bohlam, panel instrumen full analog, serta kapasitas bagasi cuma 7 liter.

Mari berharap, Revo X terbaru bakal dapat penyegaran yang sama seperti Wave 110i di Thailand. Kalau itu terwujud, maka bayangan motor bebek selalu ketinggalan dari sisi teknologi bisa terpatahkan di Indonesia.

Unutk informasi lebih lengkap tentang dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru