by

Honda X-ADV 2021, Lebih Beringas!

Wujud Honda X-ADV 2021 akhirnya muncul di Jepang. Motor matik bergaya adventure ini istimewa, lantaran mendapat revisi menyeluruh. Bukan cuma desain, tapi juga fitur, serta mesin.

Bicara tampilan, kini tampangnya semakin beringas lewat kemunculan lampu depan baru yang lengkap dengan daytime running light (DRL). Kemudian secara dimensi, X-ADV terbaru dibuat semakin ringkas dengan panjang 2.200 mm (-45 mm), lebar 940 mm (-30 mm), dan tinggi 1.340 mm (-35 mm).

Rangka motor pun ikut dioptimalkan, dengan modifikasi ketebalan pipa. Bobot mesin juga berkurang dengan memangkas bagian yang dianggap kurang penting. Alhasil X-ADV 2021 memiliki berat cuma 236 Kg atau turun 2 Kg dibanding model lama.

Posisi berkendara dirancang agar manuver lebih mudah di medan yang licin. Sebagai tambahan, lebar jok depan juga dirampingkan agar kaki lebih mudah menapak ke aspal.

“X-ADV sudah sangat diterima oleh pelanggan sejak peluncurannya pertama kali… Kali ini dengan pengembangan konsep Smart Exciting Adventure Urban Transporter, performa dan kenyamanannya ditingkatkan,” seperti dikutip dari rilis resmi Honda Jepang pada beberapa waktu lalu.

Baca juga  Kymco Like 125 Sport Meluncur, Lebih Mengotak!

Mau tahu detail penyegaran yang diberikan Honda ke motor adventure tersebut? Untuk jawabannya simak bahasan di bawah ini:

Performa Mesin X-ADV 2021 Meningkat

honda x-adv 2021
Bobot motor Honda X-ADV 2021 ini lebih ringan dari sebelumnya, kemudian performanya juga naik

Honda X-ADV 2021 mendapat berbagai penyempurnaan untuk sektor mesin sehingga semakin beringas. Mulai dari mengoptimalkan bobot crankshaft dan diameter balancer shaft, hingga filter udara diperbesar. Kemudian gigi 4 hingga 6 di tranmsisi juga direvisi agar akselerasinya semakin mantap sekaligus hemat bahan bakar.

Dengan penyegaran mesin tersebut, didapatkan tenaga maksimal yang tembus 58 PS (+3 PS) pada 6.750 rpm dan torsi puncak 69 Nm (+1 Nm) pada 4.750 rpm. Terkait konsumsi BBM Honda X-ADV 2021 diklaim mampu mengirit 27,7 Km/liter dengan metode WMTC.

Menariknya lagi sistem terbaru throttle-by-wire (TBW) sudah diadopsi. Lalu ada Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan riding mode. Dengan kombinasi ketiga fitur tersebut, kamu bisa memilih sendiri rasa berkendara yang dibutuhkan untuk melibas tiap tantangan jalan.

Hadir pula Honda Smartphone Voice Control System (HSVCS) di kakak Honda ADV 150 ini yang bisa mengatur berbagai fitur melalui perintah suara. Fitur ini aktif ketika ada perangkat tambahan seperti helm bluetooth.

Baca juga  Benelli Panarea 125 Siap Meluncur di IIMS Hybrid 2021

Tidak ketinggalan X-ADV 2021 memperoleh layar TFT full-color yang mampu memberi banyak informasi terkait berkendara. Sebut saja, speedometer, tachometer, tingkat bahan bakar,dan masih banyak lagi.

Berkat rangka yang dimodifikasi, maka bagasi motor adventure ini semakin luas. Kini sanggup menampung barang hingga 22 liter (+1 liter).

Di Jepang sendiri, Honda X-ADV terbaru dijual 1,320,000 yen atau setara Rp 174 jutaan. Hanya saja ketika masuk Indonesia, banderolnya pasti jadi berkali-kali lipat.

Sebagai gambaran, X-ADV yang dijual sekarang saja mencapai Rp 450 juta (OTR Jakarta). Maka versi anyarnya sudah pasti lebih mahal dari itu.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru