Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Hongqi Guoyue Dari Cina Siap Tantang Isuzu Elf NQR Bus

by Tigor Sihombing
Microbus

Di Indonesia, terdapat beberapa nama yang bersaing di segmen bus kecil. Sebut saja Isuzu Elf NQR 71 hingga Fuso Canter FE84GBC yang bakal pas jadi penantang bagi pemain baru Hongqi Guoyue. 

Hongqi Guoyue adalah bus kecil baru asal Cina yang didesain dengan sentuhan eksterior elegan dan memiliki kabin cukup mewah.

Bus kecil anyar ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan badan-badan pemerintahan, perusahaan swasta, dan pariwisata di Cina. Ia dihadirkan menjadi langkah pembuktikan bahwa Hongqi tidak hanya mahir dalam menciptakan mobil premium tetapi juga bus mewah.

Bus kecil Hongqi Guoyue punya panjang 7.295 mm

Bus kecil Hongqi Guoyue punya panjang 7.295 mm

Dengan beragam konfigurasi tempat duduk, Hongqi Guoyue menyuguhkan mulai 20 hingga 23 kursi untuk varian standar. Lalu ada versi 17 – 19 kursi untuk varian menengah, dan 17 kursi untuk model flagship, mobil ini sepertinya juga menarik masuk ke berbagai segmen transportasi terkhusus bus pariwisata.

Secara dimensi Hongqi Guoyue masuk dalam kategori bus kecil. Dengan panjang 7.295 mm, lebar 2.090 mm, tinggi 2.785 mm dan wheelbase 3.990 mm, bus ini setara dengan dimensi Elf NQR 71 di Indonesia yang memiliki panjang 7.465 mm, lebar 2.100 mm, tinggi 2.050 mm serta wheelbase 4.175 mm.

Baca juga  Jangan Terlewat Promo Harga Tiket Bus Tingkat Damri 2024 Tujuan Jawa Timur

Meski harus diakui jika desain eksterior bus Cina ini lebih berkelas dengan mempertahankan identitas khas Hongqi dibubuhi  kombinasi warna emas dan hitam.

Kenyamanan Premium di Dalam Bus

microbus

Hongqi Guoyue hadir dengan beragam konfigurasi tempat duduk

Interior bus ini menawarkan kenyamanan luar biasa dengan jok kulit berbahan premium dan desain dasbor yang mengikuti standar mobil mewah Hongqi.

Meski tampilan eksterior cenderung aristokrat dan terlihat klasik, kabin yang dilengkapi sederet fasilitas seperti kulkas portable dan meja sukses menambah estetika dan fungsionalitas bagian dalam bus ini.

Hongqi Guoyue didukung oleh mesin berkonfigurasi V6 dengan kapasitas 3.000cc disupport atensi turbo yang  mampu menghasilkan tenaga 292 hp dan torsi maksimal 420 Nm. Performa mesin yang canggih menjadi nilai tambah bagi microbus ini.

Meski harga resmi belum diumumkan, Hongqi Guoyue diprediksi akan menjadi pilihan yang diminati di pasar China.

Desain jok sempel lengkap dengan meja di depannya

Desain jok sempel lengkap dengan meja di depannya

Dengan fokus pada kualitas, kenyamanan, dan inovasi, microbus ini menjadi representasi nyata dari peran yang semakin penting dalam membentuk masa depan transportasi yang efisien dan ramah pengguna.

Baca juga  Spesifikasi Hino RM 280 ABS, Bodi Pakai Karoseri Laksana Legacy SR3 XHD

Sebagai informasi, Hongqi merupakan pabrikan asal Cina yang cukup identik dengan mobil-mobil mewah. Salah satu produknya ialah sedan L5 yang dibanderol $680,000 (sekitar Rp10,5 milyar) dan ditargetkan untuk menantang Rolls Royce.

Dengan diperkenalkannya microbus Hongqi Guoyue, bukan tidak mungkin sebantar lagi model ini akan menyasar pasar Indonesia.. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika