by

Hyundai Genesis G80, Mobil Listrik Resmi KTT G20 Bali

Bagai ketiban durian runtuh, Hyundai kembali mendapat dukungan dari pemerintah perihal kendaraan elektrifikasi. Hyundai Genesis G80 resmi ditunjuk sebagai armada petinggi perwakilan negara-negara yang ikut dalam perhelatan KTT G20 di Bali pada 2022 nanti.

Genesis merupakan divisi mobil mewah milik Hyundai. Produsen asal Korea Selatan yang sudah berinvestasi besar di Indonesia dan saat ini terus mengembangkan kendaraan listrik. Penunjukan Genensis G80 sebagai mobil untuk KTT G20 tersebut disampaikan pada pameran The Future Electric Vehicle Ecosystem for Indonesia pada Senin kemarin (25/10).

“Pak Presiden tadi sudah menyampaikan Hyundai akan jadi official dalam G20 nanti. Kebetulan saya juga ikut dalam pengelola G20 nanti, sudah kita pastikan mobil Hyundai Genesis G80 full electric vehicle dapat digunakan sebagai kendaraan resmi kepala delegasi di Bali nanti,” ungkap Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, dlam keterangan resmi Hyundai Indonesia. (25/10/2021).

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga mengatakan bahwasanya penunjukan Genesis G80 menimbang investasi Hyundai di industri kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga  Nissan Siap Bertarung di Pasar Mobil Listrik Indonesia

“Pemerintah akan menggunakan kendaraan berbasis baterai yang sudah berinvestasi di Indonesia sebagai kendaraan resmi untuk G20,” imbuh Luhut.

Kendaraan listrik berbasis baterai atau battery electric vehicle (BEV) sendiri merupakan salah satu kategori yang tengah dipacu pengembangannya, di mana Pemerintah Indonesia dalam jangka menengah atau lima tahun mendatang, menargetkan 20 persen dari total produksi mobil di Indonesia masuk dalam kendaraan ramah lingkungan.

Sementara itu, Jay Chang selaku Global Head Genesis juga mengungkapkan apresiasi kepada pemerintah dalam hal dukungan terhadap kendaraan listrik, khususnya di Indonesia.

“Penunjukkan Ini merupakan sebuah kehormatan bagi kami untuk dapat menghadirkan Electrified G80 di KTT G20 Bali 2022. Genesis telah sepenuhnya siap untuk menyediakan dukungan yang diperlukan untuk kelancaran konferensi tingkat dunia tersebut,” ujar Jay Chang.

Sekilas Hyundai Genesis G80

hyundai genesis g80

Hyundai Genesis G80 merupakan sedan premium untuk para eksekutif, posisinya diantara Hyundai Genesis G70 dan Hyundai Genesis G90.

Mobil ini awalnya diperkenalkan sebagai generasi kedua model Hyundai Genesis. Namun pada 2016 dinamakan G80, setelah Hyundai menjadikan Genesis sebagai perusahaan sendiri bernama Genesis Motor pada 4 November 2015.

Baca juga  Mobil Listrik Hyundai Rakitan Lokal Meluncur 2022

Hyundai Genesis G80 adalah versi listrik G80, dimensi mobil ini mempunyai panjang 5 meter, lebar 1,92 meter, tinggi 1,47 meter, dan wheelbase 3 meter. Mobil ini menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 87,2 kWh diklaim mempunyai tenaga 272 kW dan torsi 700 Nm yang disalurkan ke sistem gerak e-AWD.

Tampilannya juga sangat mewah, beda dengan mobil-mobil Hyundai lain. Maka dari itu sangat cocok jadi kendaraan resmi ajang internasional KTT G20 di Bali.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Hyundai Genesis G80 yang akan jadi kendaraan resmi petinggi negara-negara yang hadir di KTT G20 di Bali pada 2022.

Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru