Selasa, Juni 18, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Spesifikasi Genesis G80 LWB KTT G20, Cuma 44 Unit!

by Firdaus Ali
Mobil listrik piala dunia 2022

Khusus untuk KTT G20, Hyundai membuat mobil listrik dengan spesifikasi khusus bernama Genesis G80 Long Wheel Base (LWB). Menurut pabrikan berlogo H miring, produk ini cuma dibuat 44 unit dunia. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk keseriusan Hyundai dalam mendukung kesuksesan pertemuan multilateral yang berlangsung di Bali pada November 2022.

Rencananya 44 unit Genesis G80 LWB bakal digunakan oleh seluruh kepala negara yang hadir di KTT G20. Salah satu kelebihan dari versi LWB, bodi dibuat lebih panjang sekitar 20 cm dibanding versi standar. Alhasil menawarkan kabin yang lebih lega untuk penumpang belakangnya yang notabene adalah para petinggi dunia.

“Special Edition (LWB) lebih panjang dan hanya dibuat untuk acara G20,” kata Sales Director PT Hyundai Motors Indonesia, Erwin Djajadiputra saat acara serah terima Genesis G80 buat KTT G20 di Jakarta pada Selasa (25/10/2022). 

Di samping versi LWB, Hyundai juga menghadirkan 87 unit Genesis G80 EV varian standar untuk acara internasional tersebut. Ada pula Hyundai Ioniq 5 sebanyak 262 unit. Dengan demikian, total mobil listrik Hyundai yang digunakan mencapai 393 unit.

“Kami bangga Indonesia menjadi tuan rumah G20 Summit, karena itu kami memberikan dukungan sepenuhnya untuk keberlangsungan dan kesuksesan acara ini. Dukungan penyediaan mobil listrik Hyundai dan Genesis sebagai kendaraan resmi delegasi G20 menjadi bukti dari komitmen kami sebagai perusahaan otomotif yang mendukung akselerasi mobilitas dan era elektrifikasi di Indonesia,” kata President Hyundai Motor Asia Pacific Headquarters, Young Tack Lee.   

Baca juga  Mudik Bersama Stargazer dapat Uang Saku Rp 20 Juta, Ini Syaratnya

Sebenarnya penunjukan sedan mewah Gensis G80 EV sebagai mobil listrik di KTT G20 bukanlah hal baru. Pasalnya sejak tahun lalu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sudah menginformasikannya. Hanya saja ketika itu, memang belum ada informasi soal kehadiran Genesis G80 versi LWB.

Buat yang belum tahu, Genesis merupakan divisi mobil mewah milik Hyundai. Kurang lebih statusnya mirip Toyota dan Lexus. Dengan demikian dari sisi spesifikasi, tentu produk-produk Genesis jauh lebih premium dibanding Hyundai.

Mau tahu spesifikasi Hyundai Genesis G80 LWB yang digunakan untuk KTT G20? Berikut bahasan lengkapnya:

Eksterior Genesis G80 LWB, Lebih Panjang 20 cm

spesifikasi genesis g80 lwb

Cuma ada 44 unit di dunia, Genesis G80 LWB dibuat khusus untuk KTT G20

Bicara spesifikasi Genesis G80 LWB, ciri khas paling jelas adalah dari eksterior dengan bodi lebih panjang. Hal ini dapat terlihat dari sisi samping, di mana ada penambahan wheelbase sebanyak 20 cm dibanding versi standar. Ada pula bendera Indonesia di sebelah kiri depan.

Sebagai gambaran, Genesis G80 Electric versi standar memiliki dimensi panjang 5.005 mm, lebar 1.925 mm, dan tinggi 1.475 mm. Itu saja sudah terlihat sangat bongsor dari luar. Pastinya, versi LWB ini lebih besar lagi. 

Kemudian ban yang dipakai juga berbeda. Khusus versi long wheel base, menggunakan merek Pirelli P Zero dengan ukuran 245/50-R19. Sementara untuk G80 standar, pakai ban Michelin.

Lalu untuk tampilan lainnya tidak berubah. Warna cat yang dipakai khusus acara KTT G20 ini adalah hitam. Kemudian velg juga pakai masih mengandalkan model palang ramping dengan jumlah banyak.

Baca juga  Presiden Naik BMW iX di KTT ASEAN 2023!

Interior Genesis G80 LWB, Lebih Lega

spesifikasi genesis g80 lwb - interior

Kenyamanan Interior Genesis G80 LWB ditunjang oleh berbagai fitur-fitur istimewa

Dengan penambahan panjang di bodi yang mencapai 20 cm, maka spesifikasi Genesis G80 LWB untuk interiornya juga berubah jadi semakin lapang. Hal ini penting, terutama untuk memberikan kenyamanan lebih buat penumpang belakang, yang pada KTT G20 nanti notabene adalah para kepala negara.

Kaki penumpang di jok belakang Genesis G80 LWB ini pastinya bisa meregang dengan nyaman. Tidak perlu lagi takut lutut bersinggungan dengan jok depan. Seluruh joknya juga sudah dibalut kulit warna hitam.

“Genesis Electrified G80 Special Edition Long-Wheelbase akan digunakan sebagai kendaraan VVIP, sedangkan Genesis Electrified G80 Regular Model Standard-Wheelbase dan Hyundai IONIQ 5 akan digunakan untuk keperluan lain seperti kendaraan untuk pasangan dari rombongan delegasi, protokol, keamanan, dan tim penyelamat,” seperti dikutip dari rilis resmi Hyundai Indonesia.

Kemudian untuk fitur-fitur kenyamanan lain, jika melihat website resminya, maka ada banyak teknologi untuk menunjang kebutuhan penumpang di jok belakang. Sebut saja audio dari Lexion dengan speaker di 17 titik. Kemudian buat penumpang belakang, mendapat dua layar monitor besar 9,2 inci untuk hiburan selama perjalanan.

Performa Genesis G80 LWB

spesifikasi hyundai genesis g80 lwb - interior depan

Baterai Genesis G80 dalam posisi penuh bisa membawa mobil listrik ini menjelajah hingga 450 Km

Bicara performa dari Genesis G80 LWB, menurut pihak Hyundai tidak berbeda dari model standar. Artinya pakai mobil listrik ini memanfaatkan tenaga baterai berkapasitas 87,2 kWh yang bisa menghasilkan tenaga setara 365 hp dan torsi 700 Nm. Lalu untuk sistem penggeraknya, pakai e-AWD atau semua roda.

Baca juga  Review Hyundai Stargazer, Lebih Bagus dari Xpander dan Veloz?

Di atas kertas dalam kondisi baterai penuh, sedan listrik mewah ini bisa melaju hingga lebih dari 450 Km. Kemudian untuk charger baterainya, hanya dibutuhkan 22 menit dari 10 persen ke 80 persen dengan DC fast charging. Soal akselerasi dari posisi diam hingga 100 Kpj tembus 4,9 detik (ini untuk versi standar), kemungkinan untuk versi LWB sedikit lebih lambat..

 

Sebagai informasi, Hyundai Genesis G80 merupakan sedan premium untuk para eksekutif. Posisinya di antara Hyundai Genesis G70 dan Hyundai Genesis G90. Mobil ini awalnya diperkenalkan sebagai generasi kedua model Hyundai Genesis. Namun pada 2016 dinamakan G80, setelah Hyundai menjadikan Genesis sebagai perusahaan sendiri bernama Genesis Motor pada 4 November 2015.

Tertarik punya? Sayangnya untuk saat ini mobil-mobil Genesis belum dijual di Indonesia. Sampai sekarang, Genesis G80 LWB dan versi standar cuma digunakan untuk keperluan KTT G20 di Bali. Walau demikian, bukan tidak mungkin ke depannya bakal masuk Indonesia.

Bocoran dari para sales Hyundai, kalau Genesis G80 dijual di Tanah Air, maka banderolnya bisa tembus Rp 2 miliar. Mahal bukan?

Moladiners, itulah ulasan mengenai spesifikasi Hyundai Genesis G80 LWB yang akan jadi kendaraan resmi petinggi negara-negara yang hadir di KTT G20 di Bali pada 2022. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika