Selasa, April 30, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Hyundai Santa Fe Baru Sudah Mendarat di Indonesia, Bakal Segera Rilis ?

Foto : Reyner

by Tigor Sihombing
All New Santa Fe Gen-6

All New Santa Fe Gen-6 alias Hyundai Santa Fe baru rilis perdana secara global pada pertengahan 2023 lalu. Big SUV ini hadir dengan desain fresh dan beruah total dari generasi sebelumnya.

Ubahannya memang sangat ditunggu-tunggu, lantaran terakhir kali Santa Fe mendapat penyegaran pada tahun 2018. Kini ‘pabrikan H miring’ menghadirkan Santa Fe 2024 dengan konsep baru yang mengambil pendekatan tipologi desain berbasis gaya hidup.

Nah baru-baru ini model terbaru Hyundai Santa Fe baru diproyeksi bakal segera hadir di Indonesia. Terlihat dari postingan akun instagram pribadi milik Reyner yang menguak mobil tersebut diabadikan di lokasi yang kemungkinan berada di Jakarata.

Mobil ini diduga sedang melakukan uji jalan, lantaran masih menggunakan stiker kamuflase di sekujur bodinya.

Namun belum pasti kapan mobil ini akan segera di pasarkan di Indonesia, bisa jadi GIIAS 2024 akan menjadi panggung pertama mobil Hyundai Santa Fe Gen-6 diperkenalkan di Indonesia. Fransiscus Soerjopranoto, selaku Chief Operating Officer PT HMID, tidak memberikan pasti terkait kehadiran mobil ini.

Baca juga  Bocoran Harga Ioniq 5, Tembus Rp 850 Juta!

“Kami selalu memperbarui produk yang kami jual di Indonesia, termasuk Santa Fe. Kami sedang mempelajari kebutuhan model-model terbaru kami dan berencana meluncurkan produk Hyundai terbaru dalam waktu dekat,” katanya.

Performa Mesin 2.500 cc Turbo Hyundai Santa Fe baru

Melihat gambar-gambar yang telah beredar. Desain Hyundai Santa Fe baru kini lebih mengotak, serta memiliki jarak sumbu roda lebih panjang. Kemudian eksterior bagian depan, menciptakan kesan kemegahan dengan kap mesin yang tinggi, lampu depan berbentuk H, serta fender tegas.

Bila melihat dari samping, ada velg ukuran 21 inch yang menjadikan tampilannya semakin gagah. Selain itu, di atap sudah menggunakan roof rail untuk membawa barag di atap yang semakin meningkatkan aura SUV.

Lalu di bagian belakang Hyundai Santa Fe baru ini, desainnya masih mengotak dengan kehadiran lampu H yang selaras seperti di depan. Kemudian yang menarik, pintu bagasinya bisa dibuka ke atas dengan bukaan yang sangat lebar. Alhasil menciptakan ruang untuk memasukkan barang yang luas.

Baca juga  Pemesanan Hyundai Palisade Facelift Dibuka, Meluncur di GIIAS 2022
hyundai santa fe gen-6 2024 - tampak belakang
Buritan Hyundai Santa Fe baru

Kapasitas bagasi ini juga bisa dengan mudah ditingkatkan dengan melipat jok baris kedua dan ketiga hingga rata lantai. Dari gambar yang ditampilkan, dengan kursi terlipat maka interior Santa Fe 2024 bisa digunakan sebagai tempat berkemah yang menyenangkan bersama keluarga.

SUV 7 Seater ini juga dibekali berbagai fitur berteknologi tinggi, termasuk Panoramic Curved Display dan pengisian daya nirkabel ganda. Layar lengkung ini menghubungkan kluster digital 12,3 inci dan sistem infotainment dan meningkatkan visibilitas pengemudi sekaligus memberikan kesan mewah.

Selain itu, jok dan headliner berwarna cerah menciptakan kesan lapang. Sementara garnish bermotif kayu dengan sentuhan lembut dan jok kulit Nappa dengan bordir halus menambah gaya yang berkelas. Ada pula dua sunroof di atap. SUV baru ini juga dikatakan bakal menggunakan sejumlah bahan yang ramah lingkungan.

hyundai santa fe gen-6 2024 - interior dashboard
Kabin Hyundai Santa Fe baru

Terkait mesin, dari data yang beredar di situr resmi Hyundai maka Santa Fe Gen-6 bakal memiliki opsi mesin bensin HTRAC 2.5 Turbo. Jika benar, maka bisa menghasilkan tenaga 281 hp dan torsi 421 Nm.

Baca juga  Hyundai Before Service Manjakan Konsumen GIIAS 2021

Atau mesin yang sama yang sudah pernah digunakan di Santa Fe Amerika pada model Gen-5. Kubikasinya memang lebih besar dari milik Hyundai Santa Fe yang dipasarkan di Indonesia saat ini, yakni hanya 2.500 cc tanpa turbo. Sementara opsi lain untuk pasar Tanah Air adalah Santa Fe bermesin diesel 2.2 liter turbo.

Bersamaan dengan ini, diharapkan Hyundai Santa Fe juga memiliki varian hybrid dan plug-in hybrid seperti yang sudah hadir di Inggris sebelumnya. Entah apakah versi diesel akan tetap dihadirkan di Gen-6 atau tidak?

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika