by

Inilah Sosok Toyota Yaris GR Sport, Bukan GR Yaris!

Toyota Yaris GR Sport akhirnya hadir di Indonesia pada Senin (10/8/2021). Mobil hatchback ini berbeda jauh dengan Toyota GR Yaris dari semua sisi.

Ambil contoh untuk harga, Yaris varian GR Sport mulai Rp 268,8 juta (OTR Jakarta). Sementara GR Yaris tembus di atas Rp 800 jutaan.

Dengan banderol lebih murah, seperti apa spesifikasi Toyota Yaris GR Sport? Mudahnya, mobil ini tidak ada beda dengan Yaris TRD Sportivo yang dijual sebelumnya. Yaris GR Sport muncul sebagai pengganti dari varian TRD Sportivo.

Jika melihat tampilannya, tidak ada banyak ubahan. Hanya saja memang kini logo TRD Sportivo yang ada di bodi samping dan bagasi digantikan dengan GR Sport. Kemudian di sektor paras, tidak ada lagi aksen merah untuk mempermanis grille.

Spoiler belakang di atap dan shark fin antenna tetap dipertahankan. Gaya pelek pun serupa, masih mengandalkan tema two tone.

Fitur Toyota Yaris GR Sport

interior toyota yaris gr sport
Tidak ada perbedaan fitur Yaris GR Sport dengan TRD Sportivo

Bukan cuma tampilannya yang tidak banyak berubah, Toyota Yaris GR Sport juga masih mempertahankan fitur-fitur dari varian TRD Sportivo. Sebut saja sistem pencahayaan LED di lampu depan.

Baca juga  Sejarah Toyota Alphard di Indonesia, Sudah 3 Generasi!

Masuk ke interior, muncul head unit layar sentuh yang bisa terintegrasi smartphone. Ada pula kamera belakang untuk memudahkan saat memarkirkan kendaraan.

Fitur lain yang disematkan adalah smart engine start/stop button, hingga audio steering switch. Toyota juga tetap memberikan paddle shift di Yaris varian GR Sport khusus yang pakai transmisi CVT.

Soal keselamatan, Toyota Yaris GR Sport memiliki anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), dan brake assist (BA). Pabrikan berlogo T juga menyematkan vehicle stability control (VSC) dan hill start assist (HSA).

Bicara airbags, konsumen bisa memilih varian dengan 3 airbags atau 7 airbags. Semakin banyak airbags, maka banderol rival dari Honda City Hatchback RS ini semakin mahal.

Performa Mesin Yaris Varian GR Sport

toyota yaris gr sport
Eksterior Yaris GR Sport tidak beda jauh dengan TRD Sportivo

Walau ada embel-embel GR Sport di namanya, namun jangan harap performa Yaris GR Sport menyerupai GR Yaris. Bedanya bagaikan bumi dan langit.

Toyota Yaris GR Sport masih mengandalkan mesin yang sama dengan Yaris TRD Sportivo. Jantung mekanis ini cuma berkubikasi 1.496 cc, DOHC, dan Dual VVT-i. Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 140 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 107 PS pada 6.000 rpm.

Baca juga  Toyota Fortuner Legender Resmi Meluncur, Apa Istimewanya?

Sementara Toyota GR Yaris pakai kubikasi 1.618 cc, tiga silinder, dan dilengkapi turbo. Mobil hathcback dua pintu ini bisa melontarkan torsi 360 Nm pada 3.000-4.600 rpm. Lalu untuk tenaganya tembus 261 PS pada 6.500 rpm. Gila!

Jadi walau sama-sama pakai embel-embel GR, keduanya sungguh sangat berbeda. Kalau kamu tetap tertarik meminang Toyota Yaris GR Sport, tersedia empat varian: MT GR Sport 3 Airbags Rp 268,8 juta (OTR Jakarta), MT GR Sport 7 Airbags Rp 273,4 juta (OTR Jakarta), CVT GR Sport 3 Airbags Rp 279,5 juta (OTR Jakarta), dan CVT GR Sport 7 Airbags Rp 284 juta (OTR Jakarta).

Untuk informasi terbaru seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru