by

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Awas Salah Lokasi!

Bagi kalian yang ingin melakukan perpanjangan surat izin mengemudi (SIM), sebaiknya ketahui dahulu jadwal SIM keliling Jakarta. Tujuannya tentu agar kamu bisa menyambangi lokasi yang tepat.

Menurut informasi yang dihimpun Moladin dari Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, saat ini masih menyediakan layanan SIM keliling dan Gerai SIM untuk lima wilayah di DKI Jakarta.

Informasi terkini, per Selasa (8/12/2020), selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta. Layanan SIM keliling di Jakarta akan tersedia di 5 lokasi, sejalan dengan layanan Gerai SIM yang juga tersedia di 8 lokasi di wilayah Ibu Kota.

Berdasarkan keterangan resmi TMC Polda Metro Jaya, lokasi SIM keliling untuk wilayah Jakarta Utara terjadi perubahan, dari sebelumnya berada di Mal PTC Pulo Gadung dan Mal Sunter, bergeser ke Lippo Plaza Kramat Jati, yang berada di Jakarta Timur.

Namun mengacu keterangan resmi TMC Polda Metro Jaya, lokasi SIM Keliling khusus Jakarta Utara berubah, dari semula di Mal PTC Pulo Gadung, dan Mal Sunter, kini berada di Lippo Plaza Kramat Jati yang justru berada di wilayah Jakarta Timur.

5 Lokasi SIM Keliling di Jakarta

Jadwal SIM Keliling Jakarta dan sekitarnya
Jadwal SIM Keliling Jakarta dan sekitarnya

Disebut sebagai sim keliling Jakarta, tempat pelayanannya berbentuk seperti bus atau mobil. Walau demikian, lokasinya sungguh sangat jarang berubah.

Total ada lima lokasi SIM keliling untuk wilayah DKI Jakarta. Lalu jam operasional kelimanya, mulai pukul 08.00 hingga tutup pada 14.00 WIB. Berikut detailnya:

  1. Mal Grand Cakung – Jakarta Timur
  2. Lippo Plaza Kramat Jati – Jakarta Utara
  3. Kampus Trilogi Kalibata – Jakarta Selatan
  4. Mall Citraland Grogol – Jakarta Barat
  5. Lobby Selatan ITC Cempaka Mas – Jakarta Pusat
Baca juga  Cara Membuat SIM C Terbaru Beserta Syarat dan Biayanya

Di samping SIM keliling Jakarta, ada pula layanan Gerai SIM yang bisa kamu kunjungi. Namanya gerai, karena berempat di gedung atau pusat perbelanjaan. Jadi bisa dipastikan posisinya tidak pernah berubah.

Totalnya ada 8 lokasi gerai SIM di sekitaran Jakarta. Ingin tahu di mana saja? Simak bahasan berikut untuk detail:

8 Daftar Lokasi dan Jadwal Gerai SIM di Sekitar Jakarta

Jadwal SIM keliling Jakarta
Mengenal layanan dan jadwal SIM keliling Jakarta

1.Unit Gerai SIM Gandaria City

Senin s.d. Sabtu pukul 12.00 s.d. 18.00 WIB

2. Unit Gerai SIM Artha Gading

Senin s.d. Sabtu pukul 12.00 s.d. 18.00 WIB

3. Unit Gerai SIM Pluit Village

Senin s.d. Sabtu pukul 12.00 s.d. 18.00 WIB

4. Unit Gerai SIM Taman Palem

Senin s.d. Sabtu pukul 08.00 s.d. 12.00 WIB

5. Unit Gerai SIM Lippo Puri

Senin s.d. Sabtu pukul 10.00 s.d. 16.00 WIB

6. Unit Gerai SIM Blok M Square

Senin s.d. Sabtu pukul 10.00 s.d. 14.00 WIB

7. Unit Gerai SIM Mal Pelayanan Publik (MPP)

Senin s.d. Jumat pukul 08.00 WIB s.d. 15.00 WIB

8. Unit Gerai SIM Tamini Square

Senin s.d. Sabtu pukul 11.00 s.d. 19.00 WIB

Kelengkapan Perpanjangan SIM

Tempat perpanjang SIM di Indonesia
Sejumlah berkas harus dipersiapkan ketika ingin perpanjang SIM

Buat kalian yang ingin melakukan perpanjangan SIM, setelah mengetahui jadwal SIM keliling Jakarta dan juga Gerai SIM. Sebaiknya tak lupa membawa sejumlah syarat atau dokumen kelengkapan yang dibutuhkan.

Baca juga  Biaya dan Persyaratan Perpanjang SIM Keliling, Wajib Tahu

Mengingat jangan sampai salah satu dokumen luput untuk kalian bawa. Karena hal itu tentu bakal menyulitkan kamu, dan tentu tidak dipersilahkan untuk melanjutkan proses perpanjangan SIM.

Nah, dokumen yang yang wajib pemohon bawa ketika perpanjangan SIM antara lain:

  • KTP asli beserta fotokopi
  • SIM lama beserta fotokopi Bukti cek kesehatan (Dilakukan di lokasi)
  • Mengisi formulir perpanjangan SIM (Didapatkan di lokasi).

Tak lupa yang perlu kalian perhatikan selama berada di area layanan SIM keliling maupun Gerai SIM. Tentunya para pemohon wajib mematuhi standar protokol kesehatan yang telah diterapkan Kepolisian seiring pandemi Covid-19 yang melanda Tanah Air.

Protokol kesehatan yang dimaksud antara lain, setiap pemohon wajib selalu mengenakan masker di area SIM keliling maupun Gerai SIM, lalu rutin mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, terpenting selalu menjaga jarak dengan pemohon lainnya.

Tak lupa pihak Kepolisian pun mengingatkan bagi setiap pemohon selalu dalam kondisi sehat atau tidak memiliki suhu tubuh di atas normal. Terakhir yang perlu diingat, setiap pemohon juga diwajibkan untuk membawa alat tulis sendiri seperti pulpen.

Biaya Perpanjangan SIM

Jadwal SIM Keliling Jakarta berikut biaya yang dibutuhkan
Jadwal SIM Keliling Jakarta berikut biaya yang dibutuhkan

Terpenting setelah kalian mengetahui jadwal SIM keliling Jakarta, tak lupa pemohon juga wajib menyiapkan biaya yang diperlukan. Sebagai gambaran, biaya yang dikeluarkan pemohon SIM berbeda-beda, tergantung kepada jenis SIM yang diperpanjang.

Baca juga  Biaya dan Persyaratan Perpanjang SIM Keliling, Wajib Tahu

Contohnya untuk kamu yang ingin perpanjang SIM A untuk mobil. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 60 tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Pemohon SIM A akan dikenakan biaya resmi perpanjangan sebesar Rp 80.000. Selain membayar biaya PNBP, pemohon juga wajib membayar tes kesehatan dan juga tes psikologi. Untuk biaya tes kesehatan berkisar Rp 40.000 (berbeda di beberapa daerah).

Sedangkan untuk tes psikologi seperti pemohon SIM di wilayah Jawa Tengah (Jateng) wajib membayar sebesar Rp 50.000. Sehingga ditotal biaya yang harus dikeluarkan pemohon saat melakukan perpanjangan SIM A sebesar Rp 170.000.

Sementara untuk pemohon yang akan melakukan perpanjangan SIM C untuk sepeda motor biayanya lebih rendah Rp 5.000 dibandingkan dengan SIM A. Pemohon SIM C biaya yang wajib dibayarkan untuk PNBP sebesar Rp 75.000.

Untuk persyaratan lainnya seperti tes kesehatan atau pun psikologi masih sama yakni Rp 40.000 untuk tes kesehatan dan Rp 50.000 untuk tes psikologi. Total biaya yang perlu dikeluarkan pemohon SIM C adalah Rp 165.000.

Semoga informasi mengenai jadwal SIM keliling Jakarta ini dapat bermanfaat untuk kalian. 

Baca juga:

Terbaru