by

Jajal Performa Mesin Hyundai Santa Fe Diesel 2021, Buas?

Akhirnya kesempatan test drive dengan Santa Fe datang juga pada Rabu (28/4/2021). Selama satu hari penuh, kami berfokus pada performa mesin Hyundai Santa Fe Diesel 2021.

Buat yang belum tahu, adik Hyundai Palisade tersebut pakai mesin diesel 2.2 liter. Tidak terlalu besar memang. Hanya saja kalau melihat performanya di atas kertas, jauh melebihi para kompetitor bermesin 2.5 liter.

Mesin Santa Fe yang berkode 2.2 CRDi dengan turbocharger tersebut bisa melontarkan torsi 441 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm dan tenaga maksimal 202 PS pada 3.800 rpm. Oleh karena itulah, kami sangat penasaran mencicipinya.

Sesi test drive sendiri, melakoni perjalanan dimulai dari Jakarta-Bogor-Jakarta. Kurang lebih menempuh 200 Km.

Untuk mencoba performa mesin Hyundai Santa Fe Diesel terbaru, kami langsung gas pol begitu jalanan Tol Jagorawi kosong. Sebelumnya tidak lupa pasang mode berkendara sport.

Ketika pedal gas kami injak dalam-dalam. Alhasil mobil SUV asal Korea Selatan ini langsung melesat cepat. Performa mesin Hyundai Santa Fe diesel 2021 benar-benar patut diacungi jempol. Tidak terasa mobil sudah sampai kecepatan 100 km/jam. Kemudian 120 km/jam terlewati.

Baca juga  Daftar Masalah Fortuner Diesel Bekas, Cek Sebelum Beli!

Berkendara pada kecepatan tinggi bersama Santa Fe sungguh tidak terasa. Mobil ini masih sangat anteng, ditambah lagi kekedapan kabin yang mantap, membuat kami lupa bahwa jarum speedometer bahkan telah menyentuh 170 Km/jam.

Lalu yang jadi kelebihan Hyundai Santa Fe adalah bobot kemudi cukup presisi. Plus bantingan suspensi yang berkualitas. Alhasil bermanuver ke kiri dan kanan, menyalip kendaraan lain dalam kecepatan tinggi pun rasanya menyenangkan.

Walau performanya mantap, namun distribusi tenaganya ke penggerak roda depan tidak mengentak. Sistem transmisi dual clutch (DCT) 8-percepatan milik SUV 7-seater ini mampu mengantarkan output secara halus.

Jadi ketika berkendara di kemacetan sekalipun, lajunya mulus. Pantas kalau Hyundai Santa Fe disebut sebagai mobil keluarga yang nyaman.

Konsumsi BBM Hyundai Santa Fe Diesel Terbaru

performa mesin hyundai santa fe diesel
Selain punya akselerasi mantap, Hyundai Santa Fe Diesel ternyata juga irit konsumsi BBM

Dengan performa mesin Hyundai Santa Fe Diesel terbaru yang buas, bagaimana konsumsi BBM mobil ini? Apakah Santa Fe Diesel terbilang irit BBM?

Kami melakukan dua kali pengujian konsumsi BBM Hyundai Santa Fe Diesel. Pertama saat perjalanan dari Jakarta ke Bogor sejauh 147 Km. Cukup jauh memang, karena rutenya berputar.

Baca juga  Review MG ZS Facelift 2021, Lebih Nyaman?

Mulai dari Kawasan Kuningan, kami berkendara menuju Bandara Soekarno Hatta terlebih dulu. Kemudian berpindah jalur ke Tol Jorr, selanjutnya barulah masuk Tol Jagorawi untuk ke Bogor.

Ditambah lagi sepanjang perjalanan itu, kami sering gas pol dan pakai mode sport. Lalu bertemu pula dengan kemacetan jam pulang kantor sepanjang Tol Jorr.

Menariknya setelah berbagai siksaan tersebut, konsumsi BBM Hyundai Santa Fe Diesel masih cukup irit. Catatan di panel instrumennya adalah 12,9 Km/Liter.

Lalu pulang dari Bogor menuju Jakarta, kami pun melakukan uji irit. Perjalanan yang ditempuh sekitar 59 Km. Kali ini benar-benar untuk menguji efisiensinya.

Mode berkendara diubah ke eco, ditambah injak pedal gas secara santun. Fitur cruise control juga sering kami aktifkan untuk menambah kenyamanan melaju di jalan Tol Jagorawi yang lengang di malam hari.

Catatan paling irit untuk konsumsi BBM Hyundai Santa Fe Diesel yang kami peroleh adalah 17,9 Km/Liter. Istimewa.

Dengan demikian, kami sudah buktikan bahwa performa mesin Hyundai Santa Fe Diesel benar-benar oke. Bukan cuma terkait akselerasi dan rasa berkendaranya yang menyenangkan. Tapi mobil SUV ini juga irit konsumsi BBM.

Baca juga  SUV Terbaru Hyundai Tertangkap Uji Jalan

Soal harga, varian yang kami test drive adalah Hyundai Santa Fe Diesel Signature atau model termahal. Banderolnya tembus Rp 729 juta (OTR Jakarta). Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru