Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Resmi Beroperasi, Depok ke Bandung Lebih Cepat 30 Menit!

by Firdaus Ali
Jalan Tol Cimanggis-Cibitung resmi beroperasi

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung resmi beroperasi mulai 10 Juli 2024 kemarin. Dengan adanya lajur tersebut, dari Depok ke Bandung hemat waktu 30 menit.

Dibukanya jalan Tol Cimanggis-Cibitung tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Maruf Amin. Dalam sambutannya, Marif Amin berharap roda ekonomi di wilayah tersebut bisa lebih produktif dan meningkat.

“Konektivitas antar kawasan di wilayah Jakarta dan sekitarnya diharapkan dapat meningkat dengan terintegrasinya Jalan Tol Cimanggis–Cibitung dengan jaringan jalan tol di kawasan Jabodetabek, Jalan Tol Cimanggis–Cibitung ini merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) yang dapat mendorong efisiensi dan efektivitas kegiatan ekonomi di kawasan Jakarta dan sekitarnya,” jelas Maruf Amin.

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Miftachul Munir, menyebut ruas tersebut bakal fungsional selama masa sosialisasi setidaknya hingga 14 hari ke depan.

Spesifikasi dan Tarif Jalan Tol Cimanggis-Cibitung

Jalan Tol Cimanggis-Cibitung resmi beroperasi mulai 10 Juli 2024 kemarin. Soal tarif, dikenakan Rp 2.065 per kilometer. Jadi secara total tarifnya Rp 46 ribu sekian.

Baca juga  Tarif Tol Jakarta Bandung Terbaru 2024 Untuk Kendaraan Golongan 1, Gak Mahal!

Jalan Tol Cimanggis – Cibitung sepanjang 26,18 km merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang melintasi 4 wilayah yaitu Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Bekasi. Pembangunannya memakan biaya investasi mencapai Rp10,6 triliun.

Jalan tol ini terdiri dari 2 seksi yaitu Seksi 1 Ruas Junction Cimanggis–Jatikarya dan Seksi 2 Ruas Jatikarya–Cibitung. Seksi 2 terbagi dalam Seksi 2A Jatikarya–Cikeas dan seksi 2B Cikeas–Cibitung. Seksi 1 dan Seksi 2A sepanjang 6,5 km sudah beroperasi masing-masing sejak 2020 dan 2023.

Sementara itu, Seksi 2B sepanjang 19,7 km yang baru saja diresmikan menjadi seksi terakhir yang akan segera dioperasikan.

Dengan beroperasinya ruas Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Seksi 2B tersebut, maka jaringan JORR 2 sepanjang 111 km resmi tersambung penuh. Di mana, rincian ruas lainnya di antaranya Cengkareng – Kunciran – Serpong – Cinere – Jagorawi – Cimanggis lalu Cibitung – Cilincing sebelumnya sudah beroperasi sepanjang 91,3 km.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Baca juga  Jalan Tol Pondok Aren-Serpong Ditinggikan 2 Meter, Biar Tidak Banjir Lagi!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika