oleh

Jokowi Undang Elon Musk ke Indonesia, Bikin Mobil Listrik Lokal?

Jokowi undang Elon musk ke Indonesia. Rencana ini dilakukan ketika Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertandang ke markas Elon Musk, di markas Space X di Boca Chica, Amerika Serikat (AS), pada Sabtu (15/5/2022) kemarin.

Dalam cuitannya di Twitter Jokowi mengatakan membahas dua hal, yakni soal teknologi dan inovasi. Selain itu Jokowi juga meninjau produksi roket SpaceX yang punya ambisi untuk terbang ke Mars.

“Tiba di Gedung Stargate Space X, Boca Chica, Amerika Serikat, siang tadi, saya langsung bertemu tuan rumah, Elon Musk. Kami berbicara tentang teknologi dan inovasi,” tulis Jokowi.

Elon Musk CEO Tesla dan SpaceX pun membalas dengan cuitan “Merupakan sebuah kehormatan untuk bertemu di Starbase dan diskusi menarik tentang proyek-proyek masa depan,” tulis Elon Musk.

Menurut Jokowi, kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari diskusi perihal tawaran kerjasama perusahaan Elon Musk di Indonesia.

“Tindak lanjut perintah saya untuk berbicara dengan Elon mengenai investasi, mengenai teknologi, mengenai inovasi, dan sekarang saya ke sini dan bertemu langsung dengan Elon untuk mendiskusikan kerjasama yang akan datang,” kata Jokowi dalam situs Setkab.

Baca juga  Penjualan Ioniq 5 Sudah 1.700 Unit!

Iya mengatakan bahwa jika benar terjalin kerjasama, maka hal itu tidak hanya berkaitan dengan Tesla, tetapi juga dengan proyek SpaceX.

“Artinya urusan teknologi, saya kira Elon Musk super jenius,” tambahnya.

Pemerintah pun juga mengklaim jika Elon disebut kepincut untuk bekerja sama dengan Indonesia mengingat Indonesia memiliki potensi besar, maka dari itu iya tertarik untuk bekerja sama di banyak hal.

“Kita akan melihat dari dekat bentuk kerja sama di banyak hal, karena Indonesia memiliki banyak potensi. Apalagi Indonesia memiliki jumlah populasi dan terus berkembang. Ini bagus karena kita membutuhkan banyak orang di masa depan,” tambah Elon.

Ajak tim Tesla Tinjau Lokasi Tambang

Jokowi Bertemu Elon Musk
Kantor SpaceX

Dalam pertemuannya tersebut, Jokowi juga mengundang orang nomor satu di Tesla dan Space X tersebut untuk datang ke Indonesia.

Kunjungan Presiden Jokowi ke SpaceX lebih dari satu jam itu didampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani.

Baca juga  Perklindo Electric Vehicle Show 2022, Catat Tanggalnya!

Terkait rencana kedatangan Elon Musk ke Indonesia, beberapa waktu lalu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan telah mengajak tim Tesla untuk meninjau langsung lokasi investasi yang ditawarkan pemerintah.

Salah satunya di Morowali, Sulawesi Tengah. Luhut mengklaim tim yang didatangkan Elon Musk tersebut sangat puas rencana investasi yang ditawarkan. Sebab data terkait investasi yang ditawarkan sesuai yang diharapkan Tesla.

“Mereka sangat puas dengan data yang mereka dapat sampai hari ini,” kata dia Luhut.

Demikian ulasan terkait Jokowi undang Elon Musk di Amerika Serikat. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru