by

Kaki Kena Knalpot? Ini Cara Benar Mengatasinya

Musibah bisa datang kapan saja, meski sudah berhati-hati dalam sebelum melakukan sesuatu terkadang jika sudah apes, musibah tidak bisa dihindari. Salah satunya kaki kena knalpot.

Banyak informasi yang selama ini salah dalam hal mengobati atau melakukan pertolongan pertama sesaat setelah kaki kena knalpot. Ujung-ujungnya luka menjadi lebih parah dan harus merogoh kocek ekstra untuk berobat ke dokter.

Beberapa informasi yang tidak benar namun masih banyak dilakukan oleh pemilik sepeda motor saat kakinya tekena knalpot adalah mengolesi luka tersebut dengan pasta gigi alias odol.

Padahal hal tersebut sangat tidak dianjurkan karena akan membuat kulit menjadi iritasi dan luka imbas kena knalpot akan menjadi lebih parah.

Pertolongan pertama dan mengatasi kaki kena knalpot

kaki_kena_knalpot

  • Membasuh dengan air sejuk

Pertolongan pertama sesaat setelah kaki kena knalpot adalah dengan mambasuh luka tersebut dengan air sejuk, bukan air dingin atau air hangat selama kurang lebih 5 sampai 15 menit hingga rasa perih luka bakar sudah lumayan hilang.

Kenapa tidak boleh air dingin, sebab suhu pada kulit yang terkena knalpot akan kaget jika langsung dibasuh dengan air dingin. Hal tersebut akan berpotensi menyebabkan kulit iritasi.

“Biasanya luka kaki yang terkena knalpot masuk dalam kategori luka bakar grade 1-2, jadi penanganan awalnya cukup membasuh dengan air yang mengalir selama 5 sampai 15 menit,” ungkap Dr Dhika yang juga anggota salah satu komunitas skutik bongsor Kymco, saat kami hubungi melalui pesan singkat (30/7/2021).

  • Oleskan madu

kaki kena knalpot

Madu bisa dipergunakan setelah luka bakar tersebut dibasuh dengan air sejuk. Oleskan madu secukupnya dibagian luka bakar tersebut.

Baca juga  Ini Cara Mutasi Motor yang Perlu Kamu Tahu

Madu merupakan salah satu obat alami yang bisa mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Sebab di dalam madu terkandung antiradang, antijamur dan antibakteri.

  • Coba lidah buaya

kaki.kena.knalpot

Lidah buaya menjadi salah satu obat mempercepat kesembuhan luka bakar akibat kaki kena knalpot. Tanaman lidah buaya memiliki zat yang berfungsi sebagai antiradang, antibaktri, antioksidan dan mampu merangsang penyembuhan luka sekaligus melelbabkan kulit.

Sebagai catatan, disarankan menggunakan lidah buaya yang asli dari tanamannya. Adapun jika menggunakan prduk lidah buaya buatan, pilih yang presentase kandungan lidah buayanya tinggi.

Hindari produk lidah buaya yang mengandung bahan pewarna dan pewangi atau parfum. Hal tersebut malah akan membuat kulit semakin perih dan mudah iritasi.

  • Mengoleskan salep dan meminum obat pereda nyeri

kaki kena knalpot

Cara lain memberikan mengobati luka bakar akibat kaki terkena knalpot adalah dengan mengoleskan salep khusus luka bakar.

Oleskan salep tersebut secukupnya pada bagian luka bakar dan kemudian tutup dengan kain kasa steril, atau sesuai anjuran dokter.

Oh ya, untuk mengurangi rasa perih bisa dengan cara mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri sperti paracetamol yang dijual bebas di apotik.

Baca juga  Cara Bikin Terang Lampu Motor Arus AC, Ini Tipsnya!

Pantangan dalam mengobati kaki kena knalpot

Pasta Gigi

  • Jangan mengoleskan minyak. Seperti minyak sayur, minyak zaitun, serta minyak rem. Sebab minyak dapat menahan panas dan akan membuat kulit terus terbakar
  • Jangan mengoleskan pasta gigi pada kulit yang terbakar karena kena knalpot. Sebab hal tersebut akan berpotensi membuat kulit iritasi dan rentan infeksi.
  • Jangan mengoleskan mentega atau margarin ke luka bakar, sebab akan menimbulkan infeksi.
  • Jangan mengoleskan putih telur karena bisa menimbulkan reaksi alergi dan menyebabkan infeksi.
  • Jangan meletakkan es secara langsung di atas kulit yang terbakar. Hal tersebut akan memperparah luka bakar.
  • Hindari kulit yang terbakar dari cahaya sinar matahari secara langsung. Karena kuli tang menglami luka bakar sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari.
  • Jangan melepaskan celana yang lengket akibat tejebak di luka bakar. Segera bawa ke dokter untuk penanganan hal tersebut.

Bisa Pakai Pelindung untuk Mencegah Kaki Terkena Panas Knalpot

Kover knalpot agar kaki tidak kena knalpot
Contoh kover knalpot yang bisa menghindari kaki terbakar saat kena knalpot panas

Nah, untuk menghindari kaki terkena knalpot secara langsung ada beberapa produk aftermarket pelindung knalpot. Umumnya setiap motor baru, khususnya motor matik pada bagian knalpot sudah terdapat cover atau pelindung knalpot yang bahannya terbuat dari plastik.

Baca juga  Cara Pasang Action Cam di Helm, Tidak Sulit!

Namun, banyak kasus pelindung knalpot bawaan pabrik tersebut mudah copot atau pecah. Bisa disebabkan karena tertekan di area parkiran atau baut yang ada di pelindung knalpot motor kendor karena getaran motor.

Tak usah risau, saat ini hampir disemua lapak jual beli online banyak yang menjual produk aftermarket pelindung knalpot. Selain material plastiknya yang lebih bagus, ragam warna dan desain juga menarik.

Cara pasangnya juga mudah, umumnya knalpot bawaan pabrik sudah ada rumah baut yang disediakan untuk pelindung knalpot. Jadi saat membeli pelindung knalpot sesuaikan dengan jenis motornya agar saat dipasang dudukannya sesuai dengan rumah baut pelindung knalpot bawaan pabrik.

Soal harga, produk aftermarket ini ditawarkan dengan banderol di kisaran Rp 200 sampai 300 ribuan.

Di samping itu, kamu juga bisa pakai celana panjang setiap berkendara supaya kaki tidak kena knalpot. Atau dapat pula gunakan pelindung kaki yang bahannya terbuat dari kain, sehingga kulit terlindungi dari panas knalpot.

Moladiners, ulasan diatas tentunya bisa menjadi salah satu edukasi penanganan dan pengobatan saat kaki kena knalpot. Jangan asal oles ya..

Untuk informasi seputar dunia otomotif, simak terus Moladin.com.

Terbaru