by

7 Merek Knalpot Mobil Terbaik untuk Modifikasi

Merek knalpot mobil terbaik di bawah ini mungkin berguna untuk kamu yang berencana melakukan modifikasi. Lantas kira-kira apakah benar dengan mengganti knalpot dengan produk aftermarket bisa menambah tenaga mobil?

“Mengubah knalpot mulai dari header hingga bagian belakang bisa menambah tenaga mobil, meski dengan setingan mesin standar,” kata Putra mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Menurut Putra, dengan produk knalpot racing aftermarket berkualitas, mobil bisa bertambah tenaganya hingga 30 persen. Tenaga ini juga berpengaruh pada torsi dan akselerasi yang semakin baik.

Keunggulan lainnya adalah tentang suara yang dihasilkan. Suara knalpot aftermarket yang lebih meraung membuat adrenalin pengendaranya terpacu. Selain itu knalpot aftermarket umumnya memiliki tampilan yang lebih keren dibanding model standar.

Sedangkan kekurangannya, Putra menyebutkan jika penggunaan knalpot racing bikin usia pakai mesin mobil jadi lebih pendek. Penyebabnya adalah pengemudi cenderung menggunakan mobil dengan putaran mesin tinggi untuk merasakan performa dan sensasi suara yang dihasilkan.

Lalu knalpot aftermarket juga membuat setting mesin memiliki peningkatan kompresi udara di ruang bakar, serta aliran gas buang yang lebih loss. Kombinasi hal tersebut berefek ke bagian blok mesin jadi lebih cepat panas. Lalu blok mesin juga harus menahan peningkatan kompresi yang pastinya memperpendek usia mesin.

Walau demikian, usia mesin tetap bisa diperpanjang dengan cara perawatan penggantian oli mesin yang rutin. Serta melakukan servis secara berkala.

Ragam Knalpot Aftermarket yang Terpercaya

Mengupgrade kendaraan dengan merek knalpot mobil terbaik adalah cara paling sederhana dalam moadifikasi. Kita tidak perlu merubah body, tapi mobil sudah bisa tampil gaya dengan suara dan performa yang dihasilkan dari knalpot racing.

Baca juga  6 Tips Modifikasi Knalpot Mobil, Jangan Asal!

Saat ini di Indonesia banyak beredar merek knalpot berkualitas yang bisa mendongkrak performa dan tampilan mobil kamu. Maka dari itu kamu kamu harus jeli dalam memilih knalpot racing mobil agar tidak menyesal nantinya.

Berikut 7 merek knalpot mobil terbaik versi aftermarket yang beredar di Indonesia. Pilihan di tangan kamu:

1. Spoon

Merek Knalpot Mobil Terbaik
knalpot spoon

Spoon menjadi merek knalpot racing mobil terbaik dan sangat familiar di kalangan pecinta otomotif mobil di Indonesia.

Knalpot aftermarket berlogo angsa ini menonjolkan sisi performa dan lonjakan tenaga dibandingkan sisi desain. Spoon juga tenar digunakan para pecinta modifikasi dengan aliran street racing.

Untuk harga knalpot Spoon original dibanderol sekitar Rp 10 – 14 jutaan untuk satu set, untuk penggunaan universal seperti Honda Civic atau Toyota Yaris. 

2. Fujitsubo

Merek Knalpot Mobil Terbaik
knalpot fujitsubo

Merek knalpot mobil terbaik lainnya datang dari negeri sakura, Fujitsubo. Knalpot ini memiliki karakter dengan keunggulan suaranya yang halus.

Knalpot racing Fujitsubo ini sudah mengantongi standar suara dari Jepang yang dikenal dengan JASMA.

Meski menghasilkan suara yang halus, kamu tidak bisa meremehkan produk ini. Sebab, ada lonjakan tenaga besar yang disumbangkan knalpot ini untuk mobil kesayangan kamu.

Fujitsubo yang sempat booming di kalangan komunitas Jazz pada tahun 2007-an ini memiliki beberapa tipe, yang sering digunakan adalah tipe Legalis dan Wagolis.

Baca juga  4 Rekomendasi Bengkel Knalpot Mobil Terbaik

Harga Knalpot Fujitsubo juga berkisar di rentang harga Rp 14 jutaan.

3. HKS

Merek Knalpot Mobil Terbaik
Knalpot HKS

Merek knalpot racing mobil terbaik selanjutnya datang dari produk HKS. HKS merupakan salah satu brand knalpot paling familiar di Indonesia.

Di pasaran, knalpot asal Jeoang ini memiliki dua line up produk yakni yakni Hi-Power dan Silent.

Tipe Silent memiliki pipa berlapis chrome hingga sambungan untuk pipa knalpot mobil belakang, sementara Hi-Power pipa belakangnya berwarna hitam doff.

Tipe Hi-power menghasilkan suara serak basah, sementara Silent, bukan berarti tanpa suara, hanya sedikit lebih senyap saja dari Hi-Power.

HKS juga merupakan merek yang paling banyak tiruannya. Bahkan perintilannya seperti air filter, volt stabiliser, oil cap. Bicara harga, untuk muflernya saja knalpot racing HKS dibandrol pada kisaran harga 7-8 jutaan di Indonesia.

4. Greedy 

Merek Knalpot Mobil Terbaik
knalpot greddy

Merek knalpot racing mobil terbaik selanjutnya adalah Greddy. Brand ini sangat familiar lantaran sering digunakan oleh modifikasi-modifikasi mobil Mitsubishi.

Menurut beberapa sumber, knalpot mobil Greedy memiliki model yang menarik dan karakter suara yang kering, parau dan ngebass namun tidak menggelegar ketika digeber.

Satu set knalpot Greddy original harganya berkisar di atas Rp 10 jutaan.

5. Mugen

Mugen

Merek knalpot mobil terbaik lainnya datang dari Mugen dan sudah sangat familiar di kalangan pecinta knalpot tanah air. Mugen juga bekerjasama dengan Honda.

Produknya dikenal berkualitas dan knalpot racing mobil Mugen mampu mendongkrak tenaga akselerasi dalam berkendara. Di Indonesia, harga knalpot racing Mugen mulai Rp 5 jutaan.

Baca juga  4 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Berbahaya?

6. J’s Racing

Merek Knalpot Mobil Terbaik
Knalpot J’s Racing Japan

Selanjutnya adalah brand J’s Racing. Produk ini pantas menjadi merek knalpot mobil terbaik karena memiliki daya tarik utama di bahan dasar titanium yang digunakan.

Pabrikan mengklaim, knalpot ini mampu mendongkrak tenaga mobil hinbgga 5 HP.

Salah satu varian terlaris J’s Racing  adalah Titan Blue. Knalpot ini memiliki warna permanen dan tidak mudah pudar. Dibuat dari bahan full stainless 304 S membuat knalpot ini anti karat dan tidak mudah penyok.

Knalpot ini juga memiliki glasswool anti bakar dan tidak cepat habis. Selain itu suara yang dihasilkan sangat lembut dan tidak pecah.

Knalpot ini memiliki bahan full stainless (saringan), tahan keropos, anti karat dan tahan lama.

7. Kakimoto

Merek Knalpot Mobil Terbaik
Knalpot racing kakimoto

Merek knalpot racing mobil terbaik selanjutnya adalah Kakimoto.

Brand asal Jepang ini paling jago membuat knalpot dengan suara yang sangat ngebas. Kakimoto juga terkenal dengan detail dan kualitas pengerjaannya yang sangat baik. 

Adapun penggunaan bahannya ada yang menggunakan stainlesteel ada yang titanium.  Knalpot ini dijual dengan kisaran harga Rp 11 jutaan untuk mobil Honda HR-V.

Untuk kamu yang ingin mengganti dengan merek-merek knalpot di atas jangan lupa untuk menghubungi dealer-dealer resminya di Indonesia.

Karena saat ini peredaran knalpot palsu merek-merek di atas juga gencar di market otomotif Indonesia.

Demikian ulasan terkait merek knalpot mobil terbaik. Simak terus Moladin.com agar mendapatkan update berita otomotif.

Terbaru