by

8 Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati

Penyebab mesin mobil tiba-tiba mati di jalan beragam. Tapi yang pasti kasus seperti ini sangat menjengkelkan, apa lagi terjadi di kondisi lalu lintas sedang macet-macetnya.

Untuk menghindari mesin mobil tiba-tiba mati di jalan kita harus rutin melakukan pengecekan kendaraan, terutama serivice berkala. 

Service berkala sendiri berfungsi supaya mobil selalu dalam keadaan prima. Karena saat melakukan service berkala seluruh komponen kendaraan akan dicek. Parts yang sudah habis masa pakainya atau yang sudah tidak layak pakai akan diganti.

Penyebab mesin mobil tiba-tiba mati di jalan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor-faktor inilah yang baiknya kamu ketahui sebagai bekal kamu dalam perawatan mobil sehari-hari.

Berikut adalah penyebab mesin mobil tiba-tiba mati, yang telah kami rangkum dari berbagai sumber:

1. Sensor – Sensor Bermasalah

Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati
Contoh sensor VVT

Dilansir laman resmi Toyota Astra Motor, penyebab mesin mobil tiba-tiba mati bisa disebabkan oleh sensor. Mobil-mobil modern dengan komputer saat ini menggunakan teknologi yang mengharuskan produsen menaruh banyak sensor.

Seperti produk elektronik pada umumnya, sensor juga bisa mengalami gangguan. Ketika informasi yang ditransmisikannya keliru karena penampang sensor kotor misalnya, bisa membuat mesin mobil mati.

Jika pengguna awam, menditeksi kerusakan sensor sulit dilakukan, lantaran ada beberapa sensor yang pengecekannya harus menggunakan special tools.

Baca juga  Penyebab Power Window Macet dan Cara Mencegahnya

Menuduh sensor sebagai penyebab utama mobil mati mungkin opsi terakhir jika kejadian mogok terjadi di jalanan.

2. Bahan Bakar Habis

Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati
Habis bensin secara tidak disadari oleh pengemudi sering terjadi di jalanan.

Seringkali mesin mobil mati mendadak lantaran kehabisan bensin. Walau indikator bensin di kabin menunjukan batas aman, tidak ada salahnya memastikan langsung dengan membuka tangki bensin dan mengeceknya, misalnya dengan memasukan sebatang kayu kecil ke dalamnya.

Jika bensin kosong, berarti itu penyebab mesin mobil mati mendadak. Kemungkinan juga indikator bensin kamu bermasalah dan perlu diperbaiki.

Masalah pada asupan bensin juga bisa menyebabkan mesin mati mendadak. Pompa atau injektor yang rusak bisa menyebabkan bensin tidak mengalir baik ke mesin.

Selang-selang bahan bakar yang rusak juga bisa menimbulkan masalah serupa.

3. Alternator Mengalami Masalah

Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati
Mesin bisa mati mendadak karena tidak ada pasokan listrik

Alternator atau dinamo ampere berfungsi sebagai penyuplai listrik ke aki. Alternator bisa mengubah energi gerak yang dihasilkan oleh mesin mobil menjadi energi listrik.

Bila komponen ini bermasalah, aki menjadi tidak bisa diisi. Aki menyuplai kebutuhan tenaga listrik mobil saat kendaraan hidup atau ketika mesin hidup.

Akibatnya, mesin mobil mati mendadak lantaran tidak adanya pasokan listrik yang tersedia.

4. Sekring Putus

Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati
ilustrasi sekring mobil

Bila salah satu sekring putus, kemungkinan ada komponen yang tidak berfungsi dengan baik, terutama yang terhubung dengan sekring tersebut.

Baca juga  7 Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk Gigi, Cek Segera!

Seperti altenator, sekring mobil juga bisa rusak jika suplai listrik melebihi kebutuhan. Karena itu sebaiknya ukuran sekring juga disesuaikan dengan besarnya pemakaian aliran listriknya.

“Harga sekring murah, dari seribuan hinga puluhan ribu satu set. Tidak ada salahnya sebagai pengguna mobil menyetok sekring,” kata Putra mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

5. Gearbox Kehabisan Oli

Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati
Jangan sampai gearbox kekurangan bahkan kehabisan oli.

Transmisi atau gearbox juga dapat menyebabkan mesin mobil mati mendadak. Apalagi kalau kehabisan oli.

“Gearbox berfungsi sebagai pengatur gerak kendaraan, maka dari itu perhatikan olinya jangan sampai kering,” tambah Putra.

Terkait penggunaan, oli gearbox banhyak tersedia di pasaran tergantung jenis dan model kendaraan. Informasi mengenai oli gearbox yang cocok dengan kendaraan kamu baiknya konsultasikan ke mekanik. Atau kamu bisa mengecek buku panduan mobil terkait rekomendasi oli gearbox dari pabrikan.

6. Starter Mobil Bermasalah

Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati
Strater mobil yang bermasalah bisa membuat mobil mati mendadak

Penyebab mesin mobil mati tiba-tiba juga disebabkan starter mobil yang bermasalah. Seiring pemakaian berkala, starter mobil atau ignition switch bisa mengalami masalah.

Salah satu sebab dari ignition switch rusak adalah mesin mobil mati mendadak ketika diperjalanan, karena tenaga ke sistem pengapian dan bahan bakar terganggu.

Baca juga  Mesin Diesel Vs Bensin, Mana Lebih Baik?

Dalam beberapa kasus, tergantung pada seberapa berat masalahnya, kendaraan masih bisa dinyalakan kembali beberapa saat kemudian.

7. Sistem Pengapian dan Asupan Udara

Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati
Koil bisa jadi sumber penyebab mesin mobil tiba-tiba mati

Sistem pengapian menjadi salah satu penentu kinerja mesin. Jika mati, ada kemungkinan koil dalam sistem itu sudah tidak bekerja dengan baik atau lemah.

Penyebab mobil mati mendadak lainnya dalah sistem asupan udara. Sistem ini juga berperan krusial pada proses pembakaran di dalam mesin.

Jika komponen seperti filter udara, air cleaner, hingga boks air cleaner mengalami kerusakan, asupan udara ke mesin tak akan sempurna.

8. Mesin Terlalu Panas

Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati
Mesin mudah overheat bisa jadi penyebab mobil mati mendadak.

Penyebab mesin mobil mati mendadak saat perjalanan bisa juga dikarenakan mesin terlalu panas atau overheat. Masalah ini termasuk salah satu penyebab mesin mobil mati mendadak yang kerap dialami.

Overheat umumnya terjadi karena kurang rajin mengecek kondisi air radiator. Jika radiator hanya kekurangan cairan dan kamu bisa mengisinya, lakukan saja, kemudian lanjutkan perjalanan.

Namun, jika overheat pada mesin dirasa terlalu parah, minta bantuan mekanik atau ke bengkel terdekat.

Demikian ulasan terkait penyebab mesin mobil tiba-tiba mati mendadak. Jangan lupa konsultasikan ke mekanik terpercaya kamu terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru