oleh

Ternyata Begini Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak

Selain sektor mesin yang sering bermasalah, mobil juga sering mengalami kerusakan pada sektor pengapian. Terlebih untuk komponen koil yang rentan. Namun, jika hal tersebut terjadi pada kamu, jangan panik dulu, berikut kami jelaskan cara memperbaiki koil mobil yang rusak.

Koil sendiri menjadi bagian dari sebuah alur sistem pengapian di dalam mobil. Biasanya, komponen ini memiliki peran yang penting dalam kendaraan. Karena, jika mengacu pada fungsinya, koil ini akan menaikkan tegangan dari aki, lalu diteruskan ke busi untuk menghasilkan percikan api di ruang bakar.

“Kalau bicara penting atau tidak, koil yang punya peran penting. Karena kalau ada masalah pada koil, maka kinerja mobil juga tidak bisa maksimal. Ibaratnya pincang di ruang mesinnya,” jelas Wawan, mekanik Subur Jaya di kawasan Arteri Jalan Panjang, Jakarta Barat.

Kenapa jika mobil rusak sehingga mobil menjadi serasa pincang? Menurut penjelasan Wawan, salah satunya disebabkan karena koil juga bersifat mengatur pengapian untuk kinerja mesin. Sehingga, jika kondisi koil mobil tidak bagus, maka akan berpengaruh pada sistem pengapiannya.

“Supaya bisa keluar percikan api, itu kan hasil dari kerja koil. Jadi kalau koil ini tidak berfungsi baik, kan bisa memengaruhi kinerja mesin. Suplai pengapian jadi enggak banyak dan menyebabkan rada kurang enak di mobil,” tamba Wawan.

Baca juga  7 Merk Semir Ban Terbaik dan Tanah Lama

Secara fungsi memang koil ini memiliki beberapa kegunaan, pertama adalah mengubah tegangan listrik, mengatur pengapian, memunculkan percikan bunga api, serta meneruskan ke proses pembakaran. Menginat kegunaan koil ini begitu penting, maka usahakan jangan menggunakan komponen yang abal-abal atau imitasi.

Di samping kinerjanya yang kurang bagus, maka untuk soal kualitas juga tidak bisa dijamin. Jangan sampai, kamu harus mengeluarkan dana lebih untuk penggantian koil secara berulang kali. Jika sudah rusak, memang ada beberapa cara memperbaiki koil mobil yang rusak, tapi alangkah baiknya menggunakan komponen yang memiliki kualitas bagus

Untuk itu, sebelum kamu mengetahui cara memperbaiki koil mobil yang rusak, ada beberapa hal yang harus kamu paham mengenai penyebab koil bisa rusak. Biasanya, ini terjadi dengan masalah yang sepele. Namun, jika sering diabaikan maka akan berakibat fatal.

Penyebab Koil Mobil Rusak

cara memperbaiki koil mobil yang rusak
Kenali penyebab koil mobil rusak

Suhu panas yang sering menempa koil biasanya menjadi salah satu penyebab koil cepat rusak. Terlebih jika didiamkan terlalu lama, dan sering menjadi issue tersendiri. Jika sudah seperti ini, dan koil menjadi rusak.

Lantas, ada peyebab lain yang juga bisa menyebabkan koil menjadi rusak. Biasanya, kerusakan pada koil disebabkan adanya kebocoran listrik. Biasanya, mobil dengan sistem pengkabutan jadul atau menggunakan karburator, sering mengalami hal ini.

Baca juga  Mobil Penggerak Roda Belakang vs Depan, Bagus Mana?

Kabel yang panjang dari busi menuju ke karburator sering terkelupas sehingga menjadi penyebab kebocoran listrik. Selanjutnya adalah ada kerak di bagian koil. Jika sudah seperti itu, maka otomatis pengapian tidak akan sempurna karena tertahan oleh kerak tersebut.

Cara Memperbaiki Koil Mobil yang Rusak

cara memperbaiki koil mobil yang rusak
cara memperbaiki koil mobil yang rusak

Setelah mengetahui perihal apa saja yang menjadi penyebab rusaknya koil mobil, maka berikut ini adalah kami akan berikan cara memperbaiki koil mobil yang rusak. Paling tidak, dengan penjelasan yang akan kami berikan dapat memberikan kamu pengetahuan untuk meperbaiki komponen tersebut.

Jika kerusakan koil mobil diakibatkan karena panas yang berlebih, biasanya untuk memperbaiki koil mobil yang rusak ini tidak terlalu repot. Kamu hanya perlu mengambil handuk basah, tapi jangan terlalu basah dan kemudian di compres ke bagian koil tersebut.

Jika koil sudah kembali dalam keadaan normal suhunya, biasanya kinerja koil kembali membaik. Namun, yang perlu diingat adalah mencari penyebab panas tersebut dari mana. Pasalnya kalau tidak diselesaikan akar masalahnya, maka kejadian yang sama akan terjadi lagi.

Baca juga  6 Penyebab Pintu Mobil Berbunyi Berisik, Harus Tahu!

Cara memperbaiki koil mobil yang rusak berikutnya jika mengalami kebocoran listrik, adalah dengan cara menutup bagian yang bocor tersebut. Untuk menutup bagian yang bocor kamu bisa menggunakan solatip atau lem yang kuat, sehingga listrik yang berada di dalam kabel tidak lagi bocor.

Sementara untuk cara memperbaiki koil mobil yang rusak karena busi tidak juga mengeluarkan percikan api, ini bisa dikatakan sebagai masalah yang krusial. Sebagai salah satu alternatif atau solusinya, kamu harus melakukan penggantian komponen tersebut.

Terlebih jika koil sudah retak, sudah pasti kinerja dari koil tersebut tidak akan maksimal. Jika kamu tetap menggunakan koil dengan kondisi tersebut, bukan tidak mungkin aka nada masalah lain lagi yang akan kamu hadapi.

Nah, berikut itu adalah cara memperbaiki koil mobil yang rusak. Namun, jika kamu merasa tidak bisa melakukan perbaikan secara mandiri, jangan sekali-kali kamu melakukannya. Sebab, komponen ini merupakan komponen vital di mana sangat dibutuhkan dalam kinerja sebuah mobil.

Atau untuk membebaskan kamu dari rasa khawatir, segera bawa mobil tersebut ke bengkel resmi agar langsung mendapatkan penanganan yang baik oleh mekanik handal.

Untuk informasi seputar otomotif simak terus moladin.com

Terbaru