by

Kenal Fungsi Fuse Mobil, Merawat, dan Cara Baca Kodenya

Sebagai pemilik kendaraan tentu kita harus tahu fungsi dari fuse mobil. Fuse atau yang tenar dengan sebutan sekring adalah komponen yang penting pada sebuah kendaraan. Fungsi fuse mobil sendiri adalah pengaman dalam perangkat kelistrikan.

Umumnya fuse terbuat dari sebuah kawat halus pendek yang akan meleleh dan terputus jika dialiri oleh arus listrik yang terlalu besar. Dengan putusnya fuse atau sekring tersebut, arus listrik yang berlebihan akan terhenti sehingga tidak merusak komponen kelistrikan.

Sebagai salah satu komponen kelistrikan penting, yuk kita mengenal jenis dan fungsi fuse mobil.

Jenis-Jenis Fuse Mobil

Fuse Tabung Kaca

Fungsi Fuse Mobil

Mengutip laman resmi Auto2000 sedikitnya ada empat jenis fuse atau sekring yang tersedia berdasarkan standar Society of Automotive Engineers (SAE International).

Pertama adalah fuse tabung kaca. Sesuai namanya, fuse atau sekring jenis ini memiliki bentuk seperti tabung kaca berwarna bening serta transparan. Termasuk sebagai fuse dengan tipe cartridge, terdapat penutup di kedua ujung tabung yang terbuat dari kuningan atau tembaga serta berlapis chrome nikel.

Laman tersebut menyebut fuse tabung kaca memiliki ragam ukuran, namun untuk diameternya hanya ada ¼ inch atau sekitar 6,35 mm. Untuk melihat kapasitas maksimal arus listrik dari fuse tabung kaca bisa dicek di bagian penutupnya.

Fuse Fusible Link

Fungsi Fuse Mobil

Fuse Fusible Link adalah sering dengan bentuk yang terdiri dari dua strip logam serta disolder bersamaan. Titik solderan dua strip tersebut memang sengaja dirancang agar bisa meleleh pada suhu tertentu. Jadi pada kemudian hari, keduanya bisa terputus.

Baca juga  Ini Cara Cek Denda Tilang Via Online, Mudah!

Fuse Yazaki

Fungsi fuse mobil

Dengan nama yang berbau Jepang, fuse ini memiliki sebutan lengkap Yazaki Battery Fuse Terminal (BFT). Fuse Yazaki juga disebut sebagai versi pengembangan Fuse Fusible Link dengan desain lebih kompleks agar bisa melindungi wiring kabel aki sehingga lebih baik dari sisi pengamanan.

Fuse Pisau

Fungsi fuse mobil

Fuse Pisau memiliki bentuk kontak dan terbuat dari bahan plastik transparan dengan sifat konduktif serta tidak mudah terbakar.

Ada enam tipe Fuse Pisau, yakni Micro 2, Micro3, Low Profile Mini Fuse (LP Mini), Mini, Regular, dan Maxi.

Sama seperti Fuse Tabung Kaca, di bagian atas terdapat angka sebagai penunjuk batas maksimal arus listrik.

Arti Kode dan Warna Pada Sekring Mobil

Fungsi Fuse mobil
Fungsi fuse mobil dilihat dari kode dan warna

Selain angka, pada sekring juga terdapat kode-kode berupa huruf kapital yang harus diketahui. Ini penting untuk mengganti sekring sesuai komponen yang rusak.

Misalkan jika lampu utama mobil tidak menyala, kita juga harus memeriksa sekring. Kerena sekring biasanya diletakan dalam satu box yang memuat seluruh isi kelistrikan mobil, dengan mengetahui kode dan warnanya memudahkan kita untuk mengganti.

Namun proses penggantian harus hati-hati agar fungi fuse mobil tetap baik. Selain itu untuk mencegah agar tidak salah menggantinya dan malah mengakibatkan korslet.

Kita ambil contoh Toyota Avanza yang memiliki kotak sekring di ruang mesin dan bawah setir. Kemudian kamu bisa melihat kode yang terlampir di sana.

Contoh kodenya seperti H-LP RH dan H-LP LH. Untuk kode H-LP RH berarti headlamp kanan.

Baca juga  5 Masalah Mesin Diesel yang Biasa Terjadi!

Sedangkan H-LP LH untuk headlamp kiri. Selanjutnya ada juga kode A/C untuk AC, POWER berarti power window, dan D/L yang merupakan kode central lock.

Contoh Kode Sekring Mobil Toyota Avanza

  • H-LPH RH: Lampu headlamp kanan
  • H-LP LH: Lampu headlamp kiri
  • (ABS NO. 2): Anti-lock brake system
  • EFI: Sistem injeksi bahan bakar, bahan bakar sequential multiport, sistem injeksi, pompa bahan bakar
  • (A/C NO. 1): Sistem AC mobil
  • TAIL: Lampu belakang, lampu plat nomor polisi, lampu kabut depan, lampu posisi depan,, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport
  • HORN (KLAKSON): Klakson mobil
  • (ECU-B): Transmisi otomatis
  • STOP: Lampu interior, lampu rem, lampu rem high mounted, sistem kontrol shift lock, sistem injeksi bahan bakar sequential multiport, anti-lock brake system
  • BACK UP: Sistem diagnosis on-board, sistem audio
  • HTR: Sistem air conditioner
  • POWER: Power window
  • ECU IG1: Anti-lock brake system, electric power steering, SRS airbag system
  • (DEF): Defogger kaca belakang
  • (D/L): Sistem power door lock
  • HAZARD: lampu sein tanda belok
  • (CIG): Power outlet
  • ACC: Sistem audio, shift lock control system, sistem kaca spion luar
  • ST: Sistem injeksi bahan bahan bakar multiport/sequential multiport, starter
  • (A/C NO. 2): Sistem AC mobil

Langkah-langkah Membersihkan Fuse atau Sekring Mobil

Fungsi fuse mobil

Agar fugsi fuse mobil bekerja maksimal, maka harus dilakukan perawatan. Putra Sitorus, mekanik bengkel mobil di bilangan Otista Jakarta Timur mengatakan sekring mobil sangat mudah untuk di lakukan perawatan sendiri.

Baca juga  11 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Solusinya

“Setidaknya ada beberapa perlengkapan yang harus disiapkan, misalnya penetran, lap bersih dan kuas atau sikat gigi,” kata Putra.

Selanjutnya untuk menemukan lokasi kotak sekring, bagi yang awam bisa melihat langsung buku manual. tapi biasanya kotak sekring berada di ruang mesin atau di dasbor bagian bawa sisi pengemudi.”

Selanjutnya gunakan penjepit khusus sekering yang biasanya tersedia di dalam kotak sekering untuk melepas. Jangan langsung melepas semua sekring yang ada, lepas satu per satu untuk menghindari salah pemasangan kembali.

“Sekring yang dilepas bisa langsung dibersihkan dengan penetran dan sikat atau kuas serta dikeringkan dengan lap. Jangan lupa untuk bersihkan dudukan sekering di kotak dengan penetran dan kuas, lalu keringkan dengan lap.”

Selanjutnya jika sekering terlihat gosong, segera ganti dengan yang baru.

“Selalu ganti dengan ukuran serupa agar fungsi fuse mobil tetap maksimal dalam memberikan perlindungan pada komponen kelistrikan,” tutupnya.

Untuk harga sekring tiap mobil biasnaya dibandrol bervariasi. Misalnya pada Toyota Avanza, dipantau dari berbagai market place tanah air, dibandrol satuan atau perset dengan box rumah sekringnya.

Untuk harga sekring colok mini mulai Rp 3.500 per item. Sedangkan untuk harga satu set dengan box rumah sekringnya di bandrol pada kisaran Rp 1.5 jutaan.

Jika kalian membeli di marketplace jangan lupa untuk meminta jaminan keaslian parts kepada penjual.

Demikian ulasan tentang fungsi fuse mobil. Untuk mendapatkan berita otomotif lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru