Rekomendasi Wax Mobil Terbaik, Harga, dan Cara Pakainya

by Tigor Sihombing
wax mobil terbaik

Daftar wax mobil terbaik harus masuk dalam list perawatan mobil kesayangan kamu. Pasalnya produk ini sangat penting, utamanya ketika ingin memoles bodi mobil dan bisa memberi perlindungan maksimal pada body kendaraan.

Wax sendiri merupakan zat yang digunakan untuk merawat dan melindungi permukaan berbagai benda, termasuk kendaraan seperti mobil. Fungsi utamanya adalah melindungi cat kendaraan dari kerusakan dan menjaga penampilannya tetap cemerlang.

Ketika diaplikasikan pada cat bodi mobil, wax mobil terbaik akan membentuk lapisan pelindung yang menahan kotoran, debu, dan polutan udara yang dapat merusak cat. Hal ini membantu mempertahankan kilau dan warna asli cat, sekaligus memperlambat proses oksidasi yang disebabkan oleh interaksi dengan oksigen.

Wax juga membantu mengisi goresan-goresan kecil pada cat mobil, memberikan tekstur yang lebih halus dan memudahkan proses pembersihan. Selain itu, wax memiliki sifat hidrofobik, yang berarti ia mengusir air dan memungkinkan tetesan air untuk mudah mengalir, membawa kotoran bersamanya dan mencegah terjadinya noda air.

Selain membahas rekomendasi wax mobil terbaik, artikel ini juga akan mengulas jenis-jenis wax mobil dan cara polesnya. Berikut bahasan lengkapnya:

Jenis-jenis Wax Mobil

wax mobil terbaik

Terdapat beberapa jenis wax mobil terbaik yang berbeda, masing-masing dengan karakteristik dan kegunaan unik untuk poles bodi kendaraan kamu. Berikut adalah beberapa jenis wax mobil terbaik yang umum digunakan:

  1. Wax Carnauba: Wax Carnauba adalah jenis wax alami yang diekstrak dari daun pohon Carnauba yang tumbuh di Brasil. Wax ini dikenal karena memberikan kilau tinggi dan tahan lama pada cat mobil. Carnauba wax memberikan tampilan mengkilap dan memberikan perlindungan terhadap kotoran, air, dan goresan ringan.

  2. Wax Sintetis: Wax sintetis dibuat dari bahan kimia dan seringkali dicampur dengan polymer. Wax ini lebih tahan lama daripada Carnauba wax dan memiliki kemampuan melindungi cat dari paparan sinar matahari dan polusi. Keunggulannya adalah daya tahan yang lebih lama dan kemampuan mengisi pori-pori cat dengan lebih baik.

  3. Wax Hybrid: Wax hybrid adalah kombinasi dari wax Carnauba dan wax sintetis. Kombinasi ini menciptakan formula yang menggabungkan kilau indah Carnauba dengan ketahanan lama wax sintetis. Wax hybrid memberikan hasil kilau yang intens dengan perlindungan yang tahan lama.

  4. Wax Pasta: Wax pasta memiliki konsistensi yang lebih padat dan harus diaplikasikan dengan hati-hati menggunakan aplikator. Jenis wax ini memberikan kilau tinggi dan umumnya mengandung Campuran Carnauba dan lilin parafin.

  5. Wax Cair (Liquid Wax): Wax cair memiliki konsistensi lebih cair dan lebih mudah diaplikasikan daripada wax pasta. Wax jenis ini memberikan hasil mengkilap dan proteksi yang baik terhadap elemen-elemen lingkungan.

  6. Wax Spray: Wax semprot adalah jenis wax yang sangat mudah digunakan. Cukup disemprotkan ke permukaan dan diusap dengan lap. Meskipun tahan lama lebih pendek, wax semprot memberikan hasil kilau yang memadai dan perlindungan sederhana untuk cat.

Baca juga  Biaya Ganti Kaca Mobil Pecah, Semahal Apa?

Rekomendasi Wax Terbaik dan Harganya

wax mobil terbaik

Ragam harga wax dipasaran

Saat ini, di pasaran, terdapat berbagai merek dan jenis wax mobil terbaik untuk poles bodi mobil. Harganya juga bervariasi. Berikut adalah beberapa rekomendasi merek wax yang dapat kamu gunakan sebagai salah satu komponen perawawatan kendaraan:

  1. Turtle Wax Super Hard Shell Paste Wax:

    • Harga: Sekitar Rp 90.000 – Rp 120.000
    • Deskripsi: Wax pasta yang tahan lama dan memberikan kilau tinggi pada cat mobil.
  2. Meguiar’s Ultimate Liquid Wax:

    • Harga: Sekitar Rp 300.000 – Rp 350.000
    • Deskripsi: Wax cair dengan teknologi sintetis untuk kilau maksimal dan perlindungan tahan lama.
  3. Collinite 845 Insulator Wax:

    • Harga: Sekitar Rp 350.000 – Rp 400.000
    • Deskripsi: Wax cair yang memberikan perlindungan ekstra dan kilau mengesankan.
  4. Mothers California Gold Pure Brazilian Carnauba Wax:

    • Harga: Sekitar Rp 400.000 – Rp 450.000
    • Deskripsi: Carnauba wax murni untuk kilau alami dan tahan lama.
  5. Soft99 Fusso Coat 12 Months Wax:

    • Harga: Sekitar Rp 350.000 – Rp 400.000
    • Deskripsi: Wax dengan teknologi perlindungan tahan hingga 12 bulan.
  6. Sonax High Speed Wax:

    • Harga: Sekitar Rp 200.000 – Rp 250.000
    • Deskripsi: Wax cair yang mudah diaplikasikan dengan kilau instan.
Baca juga  6 Cara Merawat Transmisi Mobil Manual, Jangan Abai!

Harga dapat bervariasi tergantung pada lokasi, toko, dan penawaran khusus yang sedang berlangsung. Selalu pastikan untuk memeriksa ulasan dan spesifikasi produk sebelum memutuskan untuk membeli.

Cara Pakai Wax di Bodi Mobil

rekomendasi wax mobil terbaik - cara polesnya

Poles bodi mobil dengan wax

Setelah tahu rekomendasi wax mobil terbaik, berikut kami informasikan cara memolesnya di mobil mobil kamu. Ikuti langkah-langkah berikut untuk mendapatkan hasil poles wax yang memuaskan:

  1. Persiapkan Mobil:

    • Pastikan mobil dalam keadaan bersih dan kering sebelum mulai mengaplikasikan wax. Cuci mobil secara menyeluruh dan pastikan tidak ada kotoran atau debu yang menempel pada permukaan.
  2. Pilih Lokasi dan Waktu yang Tepat:

    • Pilih tempat yang teduh dan sejuk untuk mengaplikasikan wax guna mencegah wax mengering terlalu cepat. Hindari melakukan aplikasi di bawah sinar matahari langsung.
  3. Baca Petunjuk Wax:

    • Bacalah petunjuk pada produk wax yang digunakan untuk memahami cara pengaplikasiannya dengan baik. Tiap produk mungkin memiliki instruksi khusus.
  4. Siapkan Alat dan Bahan:

    • Siapkan aplikator khusus untuk wax, seperti spons aplikator atau kain mikrofiber bersih. Pastikan aplikator dalam keadaan bersih dan kering.
  5. Aplikasikan Wax:

    • Tuangkan sedikit wax pada aplikator dan aplikasikan pada permukaan mobil dengan gerakan melingkar dan merata. Hindari mengaplikasikan wax pada panel panas atau permukaan yang terkena sinar matahari langsung.
  6. Biarkan Wax Mengering:

    • Biarkan wax mengering selama beberapa menit hingga terbentuk lapisan tipis dan berkilau.
  7. Poles dengan Kain Bersih:

    • Gunakan kain mikrofiber bersih untuk memoles permukaan dengan gerakan melingkar hingga mencapai kilau yang diinginkan. Pastikan untuk menggunakan kain yang bersih dan tidak berlebihan.
  8. Ulangi Proses:

    • Bila diinginkan, ulangi proses aplikasi dan poles untuk memastikan perlindungan dan kilau maksimal.
  9. Lakukan secara Berkala:

    • Lakukan pengaplikasian wax secara berkala sesuai dengan anjuran pada produk untuk mempertahankan kilau dan perlindungan cat mobil.
  10. Perhatikan Bagian-bagian Sulit:

  • Berikan perhatian ekstra pada bagian yang sulit dijangkau seperti sudut dan lipatan untuk memastikan seluruh permukaan mendapatkan perlindungan.
Baca juga  Masih Perlukah Memanaskan Mesin Mobil?

Demikian ulasan terkait rekomendasi wax mobil terbaik. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomtoif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika