oleh

7 Penyebab Temperatur Mobil Naik, Awas Overheat!

Pemilik mobil harus mengenal penyebab temperatur mobil naik secara mendadak. Tujuannya agar ketika terjadi kendala di jalan, pemilik kendaraan bisa mencari solusi yang tepat.

Dengan mengetahui penyebab temperatur mobil naik, diharapkan tentu tidak membuat mobil sampai overheat. Karena kondisi ini sangatlah mengganggu, apalagi ketika melakukan perjalanan jauh.

Alasan temperatur mobil naik, tentunya tak lepas dari kondisi mesin yang terlalu panas. Saat hal ini terjadi, sebaiknya pemilik mobil segera mengatasinya.

Pasalnya jika tidak, dapat mengakibatkan kerusakan mesin yang menyebar dan juga permanen. Guna mencegah kondisi ini, maka sebaiknya pemilik kendaraan mengetahui penyebab temperatur mobil naik secara tiba-tiba.

1. Air Radiator Habis Jadi Penyebab Temperatur Mobil Naik

Merawat radiator mobil kesayangan kalian
Merawat radiator mobil dengan tepat, menjaga mesin tetap dalam kondisi terbaik

Biasanya masalah yang jadi penyebab temperatur mobil naik, karena air radiator yang habis. Ketika air radiator habis, dapat mempengaruhi sistem pendingin mesin yang bekerja tidak optimal.

Oleh karena itu, penting untuk setiap pemilik kendaraan rutin untuk mengecek air radiator. Ketika ketinggian air radiator berkurang, segera tambahkan agar dapat mencegah mesin mobil tidak overheat.

Selain air radiator yang habis, biasanya penyebab temperatur mobil naik bisa terjadi karena penggunaan air radiator yang salah. Alhasil dapat menyebabkan mesin jadi cepat panas.

Baca juga  Mobil Penggerak Roda Belakang vs Depan, Bagus Mana?

Umumnya pemilik mobil menggunakan air biasa atau air mineral. Biasanya air mengandung mineral dan logam yang dapat menyebabkan radiator ataupun mesin.

Untuk itu, sebaiknya selalu gunakan radiator coolant. Supaya proses pendinginan dapat bekerja secara maksimal.

2. Radiator Bermasalah

Penyebab temperatur mobil naik, karena radiator bermasalah
Penyebab temperatur mobil naik, karena radiator bermasalah

Ketika radiator mengalami masalah, biasanya jadi penyebab temperatur mobil naik yang paling sering ditemui. Masalah yang terjadi di radiator sendiri beragam, bisa karena selang radiator yang mengalami kebocoran, berkerak, hingga mampet.

Saat hal ini terjadi, dapat menghambat sirkulasi air radiator sehingga mesin menjadi cepat panas. Penyebab lainnya, temperatur mobil naik mungkin karena terjadi kebocoran, karena kisi-kisi radiator mulai terkikis.

Alhasil, radiator tidak dapat mendinginkan mesin dengan cepat dan temperatur mobil jadi cepat naik.

3. Water Pump Lemah

water pump alami masalah
Water pump alami masalah, membuat temperatur mobil naik

Bicara mengenai penyebab temperatur mobil naik secara tiba-tiba lainnya, mungkin karena water pump mengalami masalah. Seperti diketahui water pump bertugas untuk mengalirkan air radiator ke seluruh mesin untuk mempercepat proses pendinginan.

Saat air radiator kotor atau terlalu banyak kotoran yang menumpuk. Tentunya dapat menghambat aliran air untuk bergerak melalui pompa. Alhasil suhu mesin akan meningkat, karena sirkulasi air tidak berjalan secara lancar.

Baca juga  Biaya Perbaikan Dinamo Starter Mobil, Mahal?

4. Oli Mempengaruhi Suhu Mesin

ciri-ciri mobil harus ganti oli
Lakukan pengecekan oli secara berkala

Tak hanya bertugas melumasi mesin, oli juga dapat mengontrol suhu secara keseluruhan. Seperti diketahui, fungsi utama oli adalah untuk mengurangi gesekan antar logam pada komponen mesin mobil.

Ketika oli kualitasnya menurun, akan cepat menguap. Alhasil pelumasan di ruang mesin tentuny jadi terganggu. Gesekan antara komponen tak terhindar, sehingga membuat mesin jadi cepat panas.

Jadi oli yang kualitasnya menurun, jadi penyebab temperatur mobil naik. Selain itu, biasanya menyebabkan level oli mesin umumnya terlalu rendah dan dapat meningkatkan suhu mesin.

Oleh karena itu, sebaiknya pemilik mobil rutin melakukan pergantian pelumas secara berkala.

5. Thermostat Alami Kendala

Awas bahaya Thermostat rusak berakibat mesin mobil cepat panas
Awas bahaya Thermostat rusak berakibat mesin mobil cepat panas

Fungsi thermostat ialah mengatur suhu mesin tetap dalam kondisi normal ketika digunakan. Ketika thermostat tidak berfungsi dengan baik alias alami kegagalan dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin.

Kegagalan thermostat biasanya tidak akan terbuka atau mengeluarkan hawa panas di mesin. Meski temperatur mesin tinggi. Akibatnya siklus pendinginan mesin tidak akan bekerja, karena air radiator berhenti.

6. V-Belt atau Tali Kipas

V-Belt mobil
V-Belt mobil yang alami masalah mempengaruhi temperatur mobil

Mengacu pada penyebab temperatur mobil naik berikutnya, bisa disebabkan oleh V-Belt atau tali kipas mengalami masalah. Saat V-belt mengalami masalah, akan berdampak kepada fungsi water pump yang mengalami gangguan.

Baca juga  6 Tips Servis Mobil untuk Mudik, Supaya Aman di Jalan

Pada sejumlah kendaraan, bahkan bisa menyebabkan kinerja kipas radiator tidak bekerja secara maksimal. Untuk itu, penting untuk selalu dilakukan pemilik mobil mengecek kondisi V-belt.

Agar dapat memastikan V-belt tetap dalam kondisi terbaik. Ketika mendapati kondisi retak atau sobek sedikit. Sebaiknya segera lakukan penggantian untuk menghindari risiko putus ketika mobil digunakan.

7. Kipas Radiator Macet atau Rusak

Kipas Radiator
Kipas Radiator bertugas menjaga mesin tetap dingin

Sejumlah temuan terkait penyebab temperatur mobil naik, bisa disebabkan oleh kipas radiator alami kerusakan. Kipas radiator biasanya tersambung dengan V-belt.

Saat kipas radiator mengalami gangguan ataupun rusak, maka menyebabkan fungsi V-belt tidak bekerja sempurna. Dampaknya tentu dapat mengganggu siklus pendinginan mesin mobil, alhasil mesin jadi lebih cepat panas.

Gimana sekarang sudah tahukan apa saja penyebab temperatur mobil naik? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk melakukan perawatan kendaraan secara berkala!

Baca juga:

Terbaru