by

Kantor Regional Hyundai Asia Pasifik Pindah ke Indonesia

Pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai bakal memindahkan kantor regional Hyundai Motor Asia Pasifik ke Indonesia. Dari sebelumnya kantor Hyundai berada di Mutiara Damansara, Kuala Lumpur, Malaysia.

Sejak didirikan di tahun 2015 lalu, kantor regional Hyundai di Malaysia menjadi tempat pelatihan penjualan dan purna jual Hyundai di 32 negara di kawasa Asia Pasifik. Seiring dengan berpindahnya kantor ke Indonesia.

Kedepannya fasilitas yang tersedia di Negeri Jiran akan ditutup secara bertahap hingga akhir tahun 2021.

Sejatinya pemindahan lokasi kantor regional Hyundai Asia Pasifik tersebut jadi pukulan bagi ambisi Malaysia untuk tampil sebagai hub otomotif regional di kawasan Asia Tenggara.

Adapun pemindahan kantor regional Hyundai disebabkan oleh komitmen Pemerintah Indonesia di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo untuk mempromosikan kendaraan listrik.

Hyundai Gelontorkan Investasi besar di Indonesia

Kantor Regional Hyundai
Kantor Regional Hyundai Asia Pasifik pindah ke Indonesia

Sejalan dengan rencana pindahnya kantor regional Hyundai Asia Pasifik. Pabrikan asal Negeri Ginseng itu mengkonfirmasi bakal menginvestasikan USD 1,55 miliar hingga 2030 di Indonesia.

Pindahnya kantor regional Hyundai Asia Pasifik ke Indonesia. Tentunya sangat disayangkan oleh pemerintah Malaysia, mengingat kantor regional Hyundai Asia Pasifik menjadi pusat pengembangan produk Hyundai.

Baca juga  5 Kelebihan Hyundai Santa Fe 2021, Masih Ragu Beli?

Beragam produk kerap muncul di sana, seperti Genesis dan model Hyundai lainnya. Namun tak dijajakan untuk pasar Malaysia, namun kerap tertangkap uji jalan di sekitar area Mutiara Damansara.

Sebagian besar pekerja, diketahui telah di PHK dan beberapa yang tersisa akan meninggalkan posisinya setelah serah terima ke tim Indonesia. Pada beberapa waktu mendatang, mengingat proses serah terima akan dilakukan secara bertahap, dan diharapkan selesai hingga akhir tahun.

Sejalan dengan itu, investasi besar dilakukan Hyundai di Indonesia. Rencananya, pabrikan Korea Selatan itu bakal memproduksi sebanyak 150.000 mobil per tahun (dapat ditingkatkan menjadi 250.000 mobil).

Jika tak ada aral melintang, pabrik Hyundai akan mulai beroperasi pada akhir tahun 2021. Selain menjadikan Indonesia sebagai basis produksi, dengan pindahnya kantor regional Hyundai Asia Pasifik ke Indonesia.

Kedepannya kemungkinan besar pusat pelatihan Hyundai untuk kawasan Asia Pasifik akan berlokasi di Jakarta. Tentunya hal ini bakal menjadi angin segar bagi industri otomotif di Indonesia.

Terlebih di masa yang akan datang, pasar domestik memasuki era mobil listrik yang tengah digaungkan Pemerintah Republik Indonesia. Berangkat dari hal itu, Hyundai menjawabnya dengan memboyong line-up produk teranyar mereka ke Tanah Air.

Baca juga  Hyundai Ioniq dan Kona Electric Jadi Mobil Dinas Kang Emil

Seperti diketahui, Hyundai Indonesia telah resmi memasarkan dua mobil listrik yakni Hyundai Ioniq EV dan Hyundai Kona EV pada akhir tahun lalu. Hyundai juga memboyong SUV bongsor Palisade ke Indonesia.

Menurut informasi yang dihimpun Moladin, Hyundai Indonesia juga bakal lebih banyak mendatangkan model baru di tahun 2021 dan beberapa tahun mendatang.

Baca juga:

Terbaru