by

Kapan Land Cruiser 300 Masuk Indonesia? Ini Jawaban Toyota

Toyota Land Cruiser generasi terbaru resmi meluncur secara global pada awal Juni 2021. Lalu akan kah Land Cruiser 300 masuk Indonesia? Kapan masyakarat Tanah Air bisa mulai membelinya?

Berbagai pertanyaan tersebut wajar dilontarkan, pasalnya peminat Land Cruiser di Indonesia cukup besar. Terlebih saat ini di dalam negeri, model Land Cruiser yang dijual masih generasi lama atau seri 200. Kurang lebih sudah 14 tahun, tidak mengalami penyegaran total.

Menanggapi hal tersebut, PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya buka suara. Direktur Marketing TAM, Anton Jimmy Suwandi mengatakan siap mewujdukan Land Cruiser 300 masuk Indonesia. Walau demikian, persiapannya baru tahap awal.

“Land Cruiser (terbaru) secara global sudah dilaunch, di Indonesia kami under preparation, memang kami ada rencana untuk meluncurkan di Indonesia,” beber Anton saat sesi wawancara virtual bersama wartawan, beberapa waktu lalu.

Hanya saja terkait waktu peluncurannya, belum ada konfirmasi lebih lanjut. Kemungkinan menurut kami paling cepat pada tahun depan alias 2022. Pasalnya secara global saja, Land Cruiser 300 baru diperkenalkan. Di Eropa, penjualannya siap dilakukan pada musim panas 2021.

Baca juga  Bocoran Toyota Yaris Facelift 2020, Apa Bedanya?

Kepastian Land Cruiser 300 masuk Indonesia, tidak lepas dari peminatnya yang sangat banyak di Tanah Air. Terbukti dari data wholesalses Gaikindo pada Januari-Mei 2021, model lamanya alias Land Cruiser 200 menjadi pemimpin pasar sebesar 73,8 persen dengan pejulan 90 mobil. Padahal dari sisi harga, SUV mewah ini tidaklah murah. Banderolnya Land Cruiser 200 mulai Rp 2,2 miliar.

Spesifikasi Land Cruiser 300 Beda Jauh dengan Seri 200

land cruiser 300 masuk indonesia
Fitur keselamatan dan kemampuan offroad Land Cruiser 300 ditingkatkan jadi semakin baik

Land Cruiser 300 merupakan generasi terbaru dari SUV premium tersebut. Oleh karenanya penyegaran yang diberikan Toyota benar-benar menyeluruh. Bukan cuma grille lebih besar dan tampilan lebih mengotak, tapi juga jeroannya banyak mengalami revisi.

Ambil contoh kini mesin yang dipakai cuma berkonfigurasi V6 dengan kapasitas 3,5-liter untuk varian bensin. Bandingkan dengan Land Cruiser generasi lama yang mengandalkan mesin V8 dengan kapasitas 4,5-liter.

Walau mesinnya lebih kecil, Land Cruiser 300 tetap bertenaga. Torsi puncak yang dihasilkan mencapai 650 Nm dan tenaga maksimal 415 PS. Sebenarnya ada pula varian mesin diesel dengan konfigurasi V6 serta berkapasitas 3,3-liter. Hanya saja kalau melihat model lamanya, maka kemungkinan Land Cruiser 300 masuk Indonesia dalam varian bensin.

Baca juga  5 Rekomendasi Mobil Sedan Murah Bekas Taksi

Ubahan lain yang paling signifikan terasa di bobot mobil. Dengan mesin lebih kecil serta penggunaan rangka Toyota New Global Architecture (TNGA) terbaru, maka berat Land Cruiser 300 bisa berkurang hingga 200 Kg dibanding generasi sebelumnya.

Tidak selesai di sana, Land Cruiser generasi terbaru juga memiliki kemampuan offroad lebih baik. Hal tersebut diakibatkan revisi bagian suspensi, serta pengadopsian electronic kinetic dynamic suspension system (E-KDSS).

Ada pula teknologi terkini seperti multi-terain monitor untuk memudahkan pengendara melihat rintangan offroad yang dihadapi di depan mobil. Tidak ketinggalan ada mode berkendara yang bisa mengatur secara otomatis pilihan yang dibutuhkan ketika melewati medan tertentu.

Tersedia pula varian GR-Sport untuk Land Cruiser generasi terbaru ini.  Bagaimana menurut kamu soal spesifikasi SUV mewah tersebut? Tertarik kah bila Toyota Land Cruiser 300 masuk Indonesia?

Terbaru