Review Kawasaki All New Ninja 250, Mesin Terbaru

Hai sobat Jinny, by the way Jinny akan nge-review Kawasaki All New Ninja 250 keluaran tahun 2018, motor sport 250cc andalan Kawasaki yang terlahir kembali dengan mesin baru. Mesin dua silinder linier yang benar-benar berbeda serta memiliki bobot 5Kg lebih ringan dari mesin sebelumnya.

Kawasaki Ninja 250 FI

*Angsuran mulai dari

Kawasaki Ninja terbaru ini diklaim memiliki power serta torsi yang paling besar dengan konsumsi bahan bakar paling irit dikelas 250cc. Terlebih lagi pemindahan posisi box filter udara persis dibawah tangki yang membuat agility berkendara jadi makin mantap sebab paha dapat menjepit tangki dengan sempurna. Namun hal ini membuat kapasitas tangki menyusut hanya 14 liter saja.

Performa Kawasaki All New Ninja 250

kawasaki all new ninja 250
Dapur Pacu All New Ninja 250

Kawasaki tidak tanggung-tanggung dalam urusan dapur pacu Kawasaki New Ninja 250 ini, mesin yang memiliki perbedaan total dengan gen sebelumnya. So, mesin yang disematkan pada New Ninja 250 kali ini bener-bener baru. Pada New Gen ini ruang bakar mengalami optimalisasi yang menyebabkan Kawasaki Ninja terbaru saat ini merupakan Sport Fairing 250cc dengan konsumsi BBM paling irit.

Dengan mesin baru ini, ledakan power yang dihasilkan meningkat dengan sangat signifikan dari Old Ninja 250. Power dari gen Ninja 250 lawasnya yang hanya 32 PS, kini power Ninja 250 terbaru mempunyai power sebesar 38,7 PS. Selisih 6,7 PS, loh. Lumayan jauh. Torsi otomatis juga meningkat menjadi 23,5 Nm. Yang paling istimewa yaitu power dan torsi sebesar itu “dikemas” dalam motor yang hanya berbobot 164Kg.

Baca Juga Review Kawasaki Ninja 250 versi “Super Ringan” disini.

Dari awal menyalakan mesin, Jinny dibuat salut akan performa motor ini. Suara knalpot Kawasaki All New Ninja 250 terdengar padat mirip dengan versi lawasnya. Vibrasi mesin juga terasa halus dengan ciri khas suara mesin Ninja 250. Tarikan tuas kopling terasa ringan, sekaligus mempermudah saat oper gigi perseneling. Ledakan tenaga dirasakan di setiap putaran RPM, racikan mesin Kawasaki memang luar biasa. Power ngisi terus dari bawah sampai atas, jambakan torsi yang agresif membuat feeling lebih mudah terpancing untuk menggeber Kawasaki All New Ninja 250 ini.

Honda CBR 150R All New

*Angsuran mulai dari

Yang paling Jinny sukai yaitu adanya Assist & Slipper Clutch pada Kawasaki Ninja 250 tahun 2018 ini. Saat motor ini lagi kenceng lalu tiba-tiba downshift, sama sekali tidak Jinny temui gejala ngesot pada ban belakang. Engine Brake-nya smooth, laju motor tidak begitu signifikan tertahan.

Handling Kawasaki All New Ninja 250

Soal Handling Kawasaki All New Ninja 250 ini ga perlu dipertanyakan, feeling yang didapatkan sedikit berbeda dibanding Ninja 250 terdahulu. Ninja 250 yang sekarang jauh lebih nurut saat bermanuver. Bobot 8Kg lebih ringan serta wheelbase 30mm lebih maju dari pendahulunya menjadikan Ninja 250 terbaru ini sebuah “paket komplit” dari Kawasaki.

Suspensi Belakang All New Ninja 250
Suspensi Belakang All New Ninja 250

Belum lagi diameter suspensi depan yang diperbesar dari 37mm menjadi 41mm, lebih dapat diandalkan untuk meredam guncangan. Meskipun masih menggunakan suspensi model teleskopik, kestabilan suspensi diatas aspal sudah lebih dari cukup. Buat manuver di tikungan motor masih tetap stabil, padahal menurut Jinny suspensi bawaan All New Ninja 250 ini cenderung soft. Hal ini wajar mengingat motor ini agar lebih nyaman untuk harian.

Desain Kawasaki All New Ninja 250

kawasaki all new ninja 250
Lekuk Bodi Tajam All New Ninja 250

Untuk urusan desain masing-masing memiliki perspektif yang berbeda, termasuk Jinny. All New Ninja 250 mempunyai bentuk yang biasa saja menurut Jinny. Terlihat sederhana, terlebih di sektor kaki-kaki. Swing Arm yang masih terlihat sama dengan motor pada umumnya. Suspensi depan yang masih menggunakan model teleskopik. Keduanya membuat tampang sang Ninja 250 kurang “Moge Look”. Bagaimanapun juga desain sebuah motor tidak bisa dijadikan tolak ukur performanya, hanya sebatas estetika.

Dari sisi depan terdapat semacam winglet yang diletakkan persis dibawah headlamp, sesuatu yang belum ada pada sport fairing 250cc lainnya. Terlihat unik. Kalo dicermati dari belakang, stoplamp milik Ninja 250 terbaru ini sama persis dengan stoplamp Kawasaki ZX-10R yang membuat tampilan Ninja 250 2018 ini terlihat mewah dan menawan.

Kenyamanan Berkendara dengan All New Ninja 250

Jok All New Ninja 250
Jok Kawasaki All New Ninja 250

Feel berkendara sangat berbeda dengan Ninja 250 lawas, kali ini posisi duduknya lebih rileks. Jok All New Ninja 250 sedikit lebih tebal dibanding gen lawas, jok menjadi lebih empuk. Posisi stang yang tidak terlalu membungkuk membuat pergelangan tangan tidak begitu mengalami tekanan. Hal ini dikarenakan stang berada diatas segitiga.

Tangki All New Ninja 250
Model Tangki All New Ninja 250

Dibandingkan dengan old Ninja 250, paha terasa lebih mantap menjepit tangki 14 liter yang lebih ramping. Punuk tangki yang relatif lebih tinggi terasa nyaman dan pas ketika tubuh merebah diatas tangki. Posisi jok boncengers juga tidak terlalu tinggi sehingga memudahkan ketika hendak naik.

Kelebihan Kawasaki All New Ninja 250

  1. Seat Height yang bersahabat
  2. Handling sangat impresif
  3. Headlamp dan stoplamp Full LED
  4. Vibrasi mesin minim
  5. Konsumsi BBM yang irit
  6. Sambungan antar bodi sangat presisi

Kekurangan Kawasaki All New Ninja 250

  1. Desain kaki-kaki sangat sederhana
  2. Suspensi belum menggunakan Upside Down
Kawasaki Z 125 PRO

*Angsuran mulai dari

Kesimpulan

Kawasaki melakukan peningkatan hampir di semua bagian, terlebih bagian mesin. Tidak ditemukan nilai minus pada performa mesin. Besarnya power dan torsi yang dimiliki All new Ninja 250 membuat kendali terbilang liar untuk pemula. Perlu adaptasi dahulu. Namun secara garis besar motor ini Easy to Ride dengan desain ergonomi yang User Friendly. Motor Sport Fairing yang powerfull namun tetap mengedepankan kenyamanan. Buat Race oke, Touring juga oke bahkan buat harian pun juga bisa. Keduanya merupakan paket lengkap Kawasaki All New Ninja 250.

Harga Kawasaki All New Ninja 250 memiliki banderol yang bervariatif sesuai varian yang ditawarkan. Untuk versi termurahnya Ninja 250 – 2018 dibanderol dengan harga Rp. 61jutaan (OTR Jakarta). Lebih lengkapnya bisa cek di aplikasi Moladin di Android kalian atau kunjungi website Moladin dengan diskon besar-besaran setiap pembelian motor Kawasaki disini.

Likes & Subscribe Channel Youtube Moladin Indonesia klik disini.

sumber foto :

iwanbanaran.com

gridoto.com

moto.motorionline.com

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *