oleh

5 Kekurangan Honda HR-V 2022 Dibanding Hyundai Creta

Kekurangan Honda HR-V 2022 menarik untuk diulas. Sebab, meski mobil ini hadir dengan desain baru dan fitur yang tergolong lengkap, tetap saja ada kekurangan di beberapa bagian.

Kalau soal kelebihan Honda HR-V terbaru sih tidak perlu diragukan lagi. Mobil ini hadir dengan pilihan 4 varian, S sebagai entry level, kemudian E dan SE, serta RS Turbo sebagai varian tertingginya. Yup, pada generasi teranyar dari Honda HR-V ini sekarang terdapat varian RS Turbo dengan performa mesin istimewa. Varian tersebut menggantikan HR-V 1.8L di generasi sebelumnya.

Untuk varian RS Turbo, tampilan eksteriornya terlihat sporty dan elegan. hal tersebut dapat dilihat dari beberapa lekukan garis agresif di bodynya yang dikombinasikan dengan desain grill beraksen krom serta desain lampu utama yang sipit.

Pun begitu juga dengan tampilan bagian belakangnya. HR-V 2022 tampil lebih modern dibandingkan dengan generasi HR-V sebelumnya. Di mana lampunya terlihat seperti menyatu antara kiri dan kanannya. Hadirnya emblem RS Turbo dan dua knalpot juga menambah aura sporty pada HR-V varian RS Turbo.

Sementara itu untuk varian S, E, dan SE secara keseluruhan bentuk body sama dengan varian RS. Namun begitu pada bagian grill tampil dengan gaya garis-garis horizontal dan logo Honda dibagian tengahnya. Selain itu, pada bagian belakang juga tidak ada emblem RS Turbo serta hanya ada 1 lubang knalpot.

Kembali pada pembahasan kekurangan Honda HR-V 2022. Kali ini kami akan membandingkan HR-V 2022 dengan HR-V generasi sebelumnya serta Hyundai Creta. Kenapa Creta? Sebab keduanya sama-sama sudah diproduksi di Indonesia dan masuk di segmen medium SUV.

Baca juga  Konsumsi BBM Honda Jazz Lintas Generasi, Siapa Paling Irit?

Mau tahu apa saja kekurangan Honda HR-V 2022 lebih lengkap, mari kita simak pembahasannya berikut ini.

1. Fitur Keselamatan Kalah Lengkap Dengan Kompetitor

kekurangan honda hr-v 2022
Fitur HR-V kalah lengkap dari kompetitor

Kekurangan Honda HR-V yang pertama adalah kelengkapan fitur, utamanya fitur keselamatan dan keamanan dibandingkan dengan kompetitor seperti Hyundai Creta. Memang benar, semua varian Honda HR-V 2022 sudah dilengkapi dengan Honda Sensing.

Honda Sensing menaungi beberapa fitur keselamatan. Seperti fitur Collision Mitigation Braking System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, Auto High Beam serta Lead Car Departure.

Meski demikian, fitur mirip Honda Sensing juga sudah dipunya oleh Hyundai Creta lewat Hyundai SmartSense. Ditambah lagi Creta punya Bluelink, di dalamnya terdapat SOS Emergency Asisstance, Auto Collision Notification (CAN), Road Side Assistance (RSA), Stolen Vehicle Notification (SVN), serta Stolen Vehicle Tracking & Immobilization. 

Kemudian ada pula fitur manual & automatic diagnostic report, driving information and vehicle health report, vehicle status check/notification, geo-fence notification, speed notification, time fencing notification, serta valet mode.

Tak hanya itu saja, fitur Hyundai Bluelink juga bisa terkoneksi dengan ponsel pemilik mobil. Dimana ada beberapa fitur yang bisa dioperasikan dari pensel yang sudah mengunduh aplikasi Hyundai Bluelink tersebut.

Fitur tersebut adalah remote engine and climate AC start/stop, remote door lock/unlock, remote horn and light control, serta fitur find my car.

Baca juga  3 Perbedaan Honda Civic FD1 dan FD2, Jangan Keliru

Oh ya, di dalam Creta varian tertinggi (Prime iCVT) juga sudah tersematkan fitur wireless charging serta air furifier untuk membantu menghilangkan kuman di dalam kabin interior. Nah, di HR-V RS Turbo yang notabennya varian flagship belum menyediakan fitur tersebut.

Masih ada lagi, untuk memanjakan telinga pengemudi dan penumpang, Creta sudah dibekali dengan merek speaker kanamaan yaitu Bose. Sementara HR-V 2022 masih speaker standar bawaan pabrik.

2. Tidak Dilengkapi Sunroof

kekurangan honda hr-v 2022
HR-V 2022 hanya dilengkapi Panoramic Roof

Kekurangan Honda HR-V 2022 selanjutnya adalah tidak adanya sunroof. Mobil SUV berlogo H tersebut hanya punya panoramic glassroof yang notabennya tidak bisa dibuka. 

Hal tersebut jelas kalah jika disejajarkan dengan Creta. Di mana untuk varian tertingginya sudah mengadopsi fitur sunroof. Jadi, kaca di atap dapat dibuka. Fungsinya untuk lebih menyatu dengan alam, bahkan penumpang juga bisa mengeluarkan kepala dari sana (tapi harus dalam posisi mobil berhenti).

3. Ground Clearance Rendah

kekurangan honda hr-v 2022
Ground clearance HR-V 2022 lebih rendah dari generasi sebelumnya

Pada HR-V terbaru, dimensinya adalah panjang 4.385 mm, lebar 1.790 mm serta tinggi 1.590 mm. Angka tersebut memang unggul dari HR-V generasi sebelumnya. Sayangnya, untuk ground clearanenya menurut tim principal dari Honda Jepang lebih rendah dibanding HR-V sebelumnya.

“Honda HR-V terbaru mempunyai panjang dan lebar yang lebih dari generasi sebelumnya, sekitar hampir 50 mm. Namun untuk ground clearance lebih pendek sekitar 10 sampai 20 mm,” terang Yoshitomo Ihasi selaku Large Project Leader of All New Honda HR-V Honda Motor Co, Ltd. (23/3/2022).

Baca juga  Harga Honda HR-V 2022, Tembus Rp 499 juta!

Dengan ground clearance rendah, tentu potensi bodi bawah bersinggungan dengan aspal akan tinggi. Apalagi, jalanan Indonesia bnayak yang jelek. Hanya saja soal ground clearance HR-V terbaru ini, tidak disebutkan dengan jelas angka pastinya, bahkan di brosur sekalipun.

4. Fitur Kenyamanan HR-V Kalah Dari Creta

hr-v 1.5l vs turbo rs - interior
Interior HR-V Turbo RS pakai jahitan warna merah

Bicara kekurangan Honda HR-V 2022 lainnya ada di fitur kenyaman. Memang pengembangan sudah lebih banyak dibanding model lama, namun tidak sepenuhnya bisa melawan kompetitor.

Sebut saja Hyundai Creta, yang sudah punya speaker Bose, air purifier, wireless charger, dan lain-lain. Semua itu tidak dipunya oleh HR-V terbaru.

5. Harga Lebih Mahal Dari Kompetitor

kekurangan honda hr-v 2022
Honda HR-V 2022 lebih mahal dari kompetitor

Kemudian, kekurangan Honda HR-V 2022 selanjutnya adalah soal harga. Yup, mobil ini harganya tergolong lebih mahal jika dibandingkan pesaing ketatnya yaitu Hyundai Creta.

Honda HR-V 2022 dijual dengan harga mulai dari Rp 355,9 juta untuk varian S (entry level) hingga Rp 499,9 juta untuk varian RS Turbo. Sementara itu untuk Hyundai Creta yang di aas kertas memiliki fitur yang lebih berlimpah justru harganya lebih kompetitif.

Hyundai Creta dijual dengan harga mulai dari Rp 279 jutaan hinga Rp 397,5 juta untuk varian tertingginya. Selisih harganya terpantau memang jauh jaraknya, padahal keduanya sudah diproduksi di pabrik mereka masing-masing di Kawasan industri Jawa Barat.

Moladiners, itulah ulasan mengenai kekurangan Honda HR-V 2022. Tertarik membelinya? Pantau terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru