Sabtu, April 13, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Review Performa Mesin Honda HR-V Turbo, Buas dan Irit!

by Tigor Sihombing
HR-V rajai penjualan SUV Honda di bulan Mei 2023

Kami sudah melakukan review untuk performa mesin Honda HR-V Turbo. Sebagaimana diketahui, Honda HR-V dengan mesin Turbo merupakan unit pertama di dunia yang dipasarkan di Indonesia oleh PT Honda Prospect Motor (HPM).

Test drive kami lakukan secara komprehensif untuk menguji mesin turbo ini dengan berbagai rintangan. Ada uji tanjakan, akselerasi, hingga konsumsi BBM atau tes keiritan. Bahkan kami membandingkannya pula dengan HR-V versi nonturbo.

Dengan mengusung teknologi VTEC, mesin Honda HR-V Turbo RS tersebut berkapasitas 1.500 cc. Di atas kertas sanggup memuntahkan tenaga sebesar 177 PS pada 6.000 RPM dan torsi 240 Nm pada 4.500 RPM.

Menurut Yoshitmo Ihashi, selaku Large Project Leader of All New Honda HR-V Honda Motor Co., Ltd., Automobile Operation, pada wartawan di acara konferensi pers virtual, mesin tersebut tidak sepenuhnya baru. Mesin tersebut sesungguhnya sudah digunakan oleh CR-V 1.5L Turbo.

“Mesinnya sama dengan CR-V Turbo tapi untuk transmisi CVT-nya sudah disesuaikan untuk HR-V,” tambah Yoshimoto saat berbicara dengan media saat peluncuran mobil tersebut pada awal 2022.

PT Honda Prospect Motor (HPM) juga menjelaskan, walau kubikasinya kecil, namun tenaganya sangat mantap. Bahkan mesin 1.500 cc milik Honda HR-V Turbo mesin tersebut lebih bertenaga dibanding jantung mekanis 1.800 cc milik HR-V lama. 

“Untuk HR-V versi 1.800 cc dengan 139 PS, maka jika dibandingkan dengan versi 1.500 cc turbo milik HR-V RS saat ini, ada peningkatan sebanyak 38 PS. Karena untuk tipe RS saat ini tenaganya sudah sampai 177 PS, dengan torsi 240 Nm,” tambah Ferdianto Budiono selaku Product Strategy Manager PT HPM.

Baca juga  Harga Honda Brio RS Urbanite 2022, Termahal!

Tes Akselerasi HR-V Turbo 0-100 Km/Jam

test drive honda hr-v turbo rs

Mesin turbo membuat akselerasi HR-V RS lebih istimewa

Setelah tahu data di atas kertas, bagaimana dengan performanya di jalan raya? Oleh karena itu, kami lakukan review mesin Honda HR-V Turbo dengan test drive langsung. Uji pertama yang kami lakukan adalah akselerasi, menggunakan alat race box.

Hasilnya, HR-V Turbo RS bisa melaju dari 0-100 Km/jam hanya dalam 8,7 detik. Performa ini jauh lebih baik dibanding HR-V tanpa turbo yang cuma bisa berakselerasi 0-100 Km/jam dalam 13,4 detik. Gapnya mencapai 4,7 detik.

Kemudian, kami juga menguji SUV ini dalam uji tanjakan. Hasilnya mesin turbo HR-V dengan penggerak roda depan dan transmisi CVT, mampu menaklukkan tanjakan dengan kemiringan ekstrem 21 derajat. Mobil bisa melaju ketika menggunakan momentum, alias gas terus dari bawah hingga ke atas. Begitu pula ketika coba berhenti di tanjakan, kemudian digas lagi, HR-V Turbo RS masih bisa melaju dengan mudah. 

Perlu diingat, ketika melakukan tes tanjakan bersama HR-V mesin turbo ini, kapasitas penumpang penuh. Artinya total ada lima orang yang mengisi dua baris bangkunya.

Baca juga  Hyundai Creta Vs Honda HR-V, Beli yang Mana?

Uji Irit BBM Honda HR-V Turbo

review mesin honda hr-v turbo rs

Dengan gaya berkendara eco driving, konsumsi BBM HR-V Turbo tembus 18,47 Km/liter

Review mesin Honda HR-V Turbo selanjutnya membahas soal keiritan. Kami melakukan uji konsumsi BBM dengan menggunakan metode full to full. Caranya kami isi bensin mobil ini terlebih dulu hingga penuh, kemudian ajak berkendara sejauh 80 Km dengan gaya eco driving. Lalu bensin mobil diisi lagi sampai penuh.

Hasilnya, HR-V bermesin 1.500 cc turbo tersebut membutuhkan bensin RON92 sebanyak 4,33 liter setelah melaju 80 Km. Dengan kata lain, konsumsi BBM SUV ini mencapai 18,47 km/liter.

Artinya, selain punya performa mesin yang mantap, review mesin Honda HR-V Turbo ini membuktikan bahwa konsumsi BBM-nya juga irit. Istimewa bukan? 

Punya 3 Pilihan Mode Berkendara

Mesin Honda HR-V Turbo

All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo juga dilengkapi dengan 4 Speakers & 2 Tweeters, yang bisa dinikmati melalui 8” Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio.

HR-V 1.5L Turbo RS  juga sudah memiliki tiga pilihan berkendara yaitu Sport, Normal dan Econ. Dengan demikian, pengendara bisa memilih mode tersebut dengan menyesuaikan mesin Honda HR-V Turbo sesuai kebutuhannya.

Bila pilih sport, maka performa maksimal akan keluar, alias cukup injak gas sedikit saja, mobil langsung melesat. Sementara Econ, kebalikannya untuk mendapat efisiensi bahan bakar terbaik. Jika mau menambah rasa berkendara sporty, perpindahan gigi juga bisa dilakukan lewat paddle shift. Dengan begitu, sensasi ala mobil balap mampu diraih.

Baca juga  Honda HR-V Turbo Segera Masuk Indonesia!

All New Honda HR-V Turbo RS sendiri dipasarkan dengan harga Rp 515,9 juta (OTR Jakarta). Paling mahal di antara jajaran HR-V lainnya. Dengan harga tersebut, mobil bertampang futuristik ini juga dibekali dengan banyak fitur baru yang jauh lebih hebat dari HR-V 1.8 Liter model lama, sebut saja Honda Sensing.

Di mana di dalam Honda Sensing ada berbagai fitur modern seperti Collision Mitigation Braking SystemTM (CMBSTM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation System (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low SpeedFollow, Auto-High Beam, dan Lead Car Departure Notification System (LCDN), sampai, Hands-Free Power Tailgate + Walk-Away Close, airbags 6 titik, serta 7 inci Interactive TFT Meter Cluster.

All New Honda HR-V 1.5L RS Turbo juga dilengkapi dengan 4 Speakers & 2 Tweeters, yang bisa dinikmati melalui 8” Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio yang terintegrasi dengan Bluetooth, Radio AM/FM, Hands-Free Telephone, WebLink dan Smartphone Connection.

Selain itu All New Honda HR-V juga tersedia dalam pilihan 6 warna yang menarik, seperti Sand Khaki Pearl (warna baru), Red Metallic (khusus tipe RS) dan Meteoroid Gray Metallic, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, serta Platinum White Pearl.

Demikian ulasan terkait mesin Honda HR-V Turbo terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika