by

5 Kekurangan Honda Vario 125, Ketahui Sebelum Beli

Kekurangan Honda Vario 125 – Salah satu motor matic terlaris di Indonesia adalah Vario 125. Mudah ditunggangi, punya bagasi luas, dan mesin irit, jadi kelebihannya.

Walau begitu, bukan berarti Vario 125 tidak punya kekurangan. Mau tahu apa saja kekurangan Honda Vario 125? Berapa harganya dan apakah motor matik ini pantas dibeli?

Buat kamu yang ingin melakukan pembelian, ada baiknya cek bahasan berikut ini:

Daftar Kekurangan Honda Vario 125

kekurangan vario 125
Honda Vario 125 dijual dengan harga mulai Rp20 jutaan

Kekurangan Honda Vario 125 dapat dilihat dengan membandingkannya dengan kompetitor. Selain itu, informasi tentang kekurangannya juga dapat digali dari keluhan para pengguna.

Untuk lebih detailnya, cek tulisan di bawah ini:

1. Peforma Mesin Masih Kalah dari Kompetitor

mesin vario 125
Mesin Vario 125 pakai konfigurasi satu silinder, berpendingin cairan, SOHC

Kekurangan Honda Vario 125 yang pertama adalah performa mesin. Disebut kurang, karena masih kalah dibandingkan Yamaha Lexi selaku kompetitor.

Bila melihat performa Honda Vario 125 di atas kertas, mesin ini sudah pakai teknologi pendingin cairan, SOHC, dan injeksi. Jantung mekanis tersebut bisa memuntahkan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm dan tenaga 11,1 PS pada 8.500 rpm.

Sementara mesin Yamaha Lexi yang sama-sama berkapasitas 125 cc bisa menyemburkan performa lebih baik. Torsinya 11,3 Nm pada 7.700 rpm dan tenaga 11,8 PS pada 8.000 rpm. Hal ini dikarenakan tambahan teknologi katup variabel (VVA).

Spesifikasi Mesin Honda Vario 125

Tipe Mesin 4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan
Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Diameter X Langkah 52,4 x 57,9 mm
Tipe Tranmisi Otomatic , V – Matic
Daya Maksimum 8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpm
Torsi Maksimum 10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpm
Tipe Starter Elektrik
Tipe Kopling Automatic Centrifugal Clutch Dry Type
Baca juga  5 Motor Trail Terbaik di Indonesia, Pilih Mana?

2. Lutut Mentok Saat Berkendara Jadi Kekurangan Honda Vario 125

kekurangan honda vario 125
Dimensi yang ringkas Honda Vario membuat tampilannya seperti motor matik kebanyakan

Desain Honda Vario 150 tidak beda dengan motor matik lain. Bodinya ringkas dan mudah ditunggangi. Meski demikian, desain seperti ini bukan berarti tanpa kekurangan.

Buat kamu pemilik tinggi badan 170 cm ke atas, coba duduk di joknya dengan santai. Kemungkinan besar, lutut bakal mentok dengan kompartemen depan. Penyebabnya bukan dek yang kurang luas, melainkan letak kompartemen depan kurang ergonomis.

Tentu ini membuat berkendara dengan Vario 125 jadi kurang nyaman.

Spesifikasi Dimensi Vario 125

Panjang X Lebar X Tinggi 1919 x 679 x 1062 mm
Tinggi Tempat Duduk 769 mm
Jarak Sumbu Roda 1.280 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 132 mm
Curb Weight 111 kg

Spesifikasi Kaki-Kaki Vario 125

Tipe Rangka Underbone
Tipe Suspensi Depan Telescopic
Tipe Suspensi Belakang Swing Arm dengan suspensi Tunggal
Ukuran Ban Depan 80/90 – 14M/C 40P Tubeless
Ukuran Ban Belakang 90/90 – 14M/C 46P Tubeless
Rem Depan Cakram Hidrolik, Piston Tunggal
Rem Belakang Tromol

Baca juga:

3. Belum Punya Fitur Keyless

kekurangan honda vario 125
Vario 125 masih pakai anak kunci konvensional

Fitur di Honda Vario 125 sebenarnya sudah banyak. Untuk varian tertinggi, telah dilengkapi idling stop system (ISS) untuk mengehmat konsumsi bahan bakar. Cara kerjanya dengan menonaktifkan mesin secara otomatis saat motor berhenti. Kemudian mesin aktif kembali saat selongsong gas diputar.

Baca juga  7 Penyakit Motor Mio Sporty yang Bikin Tenaga Hilang

Ada pula sistem pencahayaan full LED. Kelebihan lampu jenis ini mampu menghemat daya, namun visibilita berkendara tetap terjaga saat malam hari.

Tidak ketinggalan ada alarm dan answer back system. Alarm berguna sebagai peringatan ketika ada potensi maling. Sementara answer back system memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir.

Meski demikian ada satu fitur yang tidak dipunya Vario 125, namun Yamaha Lexi dan FreeGo sebagai kompetitor punya yaitu keyless. Fitur keyless hadir untuk memudahkan pengguna saat mengaktifkan motor. Keyless menggantikan anak kunci konvensional dengan remote dan kenop pintar.

Cara mengaktifkan mesinnya, cukup simpan remote di saku. Kemudian tekan dan putar kenop pintar. Lalu tekan tombil starter agar mesin motor hidup.

Kelebihan lain dari Keyeless, di dalamnya terintegrasi dengan immobilizer. Alhasil motor tidak bisa aktif tanpa remote asli atau bawaan pabrik.

4. CVT Getar atau Gredek

modifikasi vario 125
CVT Vario 125 banyak dikeluhkan getar atau gredek saat diputaran mesin bawah

Kekurangan Honda Vario 125 selanjutnya adalah CVT getar atau gredek. Sebenarnya hal ini bukan cuma dialami oleh pengguna Honda Vario 125. Vario 150 dan Honda PCX 150 pun mengalami. Keluhan biasanya terjadi saat putaran mesin rendah.

Hal ini biasanya disebabkan CVT kotor dan mengalami panas berlebih. Solusinya memang harus dibersihkan. Hanya saja kejadian ini kerap berulang.

Alhasil banyak pengguna yang modifikasi CVT Vario 125. Banyak caranya, mulai dari melubangi sampai ganti kampas ganda dengan kepunyaan Nmax. Biasanya setelah melakukan salah satu dari dua tips tersebut, gejala gredek hilang.

Baca juga  5 Ide Modifikasi CB150R, Pilih yang Mana?

5. Tidak Ada Power Outlet

Yamaha Lexi
Yamaha Lexi selaku kompetitor sudah punya power charger

Meski motor ini banyak diandalkan oleh ojek online, namun Honda belum membekalinya dengan  power charger. Padahal guna fitur tersebut sangan penting, terlebih sebagai sumber daya untuk mengisi batrai smartphone ketika berkendara.

Hal ini disebut sebagai kekurangan Honda Vario 125, lantaran kompetitor seperti Yamaha Lexi 125 dan Freego 125 telah memilikinya.

Itulah tadi lima kekurangan Honda Vario 125. Kami membeberkan informasi ini supaya kamu tahu bahwa tidak ada motor matik yang sempurna. Kalau kamu tahu kekurangannya, diharapkan sudah siap dengan konsekuensi saat melakukan pembelian.

Harga Honda Vario 125 Terbaru

vario
Desain Honda Vario 125 lebih elegan dan bongsor dibanding Honda Beat

Di Indonesia, Honda memasarkan Vario 125 dalam dua varian: CBS dan CBS-ISS. Perbedaan keduanya ada di fitur serta harga.

Fitur Honda Vario 125 CBS, tidak memiliki idling stop system (ISS). Gunanya untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Kemudian dari sisi harga, varian CBS juga lebih murah dibanding CBS ISS.

Harga Vario 125 CBS Rp20,6 juta (OTR Jakarta). Sementara Vario 125 CBS-ISS Rp21,505 juta (OTR Jakarta)

Daftar Harga Honda Vario 125

Untuk Harganya Tipe Honda Vario 125 CBS memiliki Harga Mulai dari 20 Juta Rupiah, Sedangkan Vario 125 CBS-ISS Memiliki Harga mulai dari 21 Juta Rupiah. Jadi tunggu apalagi? segera dapatkan Honda Vario Terbaik di Moladin. 

Terbaru