Selasa, Juni 18, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

5 Kelebihan Citroen C3, Pemenang World Urban Car 2023!

by Firdaus Ali
kelebihan citroen c3

Ada beberapa kelebihan Citroen C3 yang membuat penasaran konsumen di Indonesia. Bukan tanpa alasan, mobil ini sukses meraih World Urban Car 2023.

“Pemungutan suara oleh lebih dari 100 jurnalis internasional dari 32 negara. C3 memenangkan gelar dalam kategori Urban Car, yang terbuka untuk semua mobil yang berukuran kurang dari 4,25 meter yang dijual setidaknya di dua pasar utama (China, Eropa, India, Jepang, Korea, Amerika Latin, AS), dan setidaknya di dua benua yang terpisah,” beber rilis Citroen yang kami terima pada Kamis (6/4/2023).

Konsumen Indonesia tentunya semakin penasaran dengan C3, lantaran brand “Citroen” berasal dari daratan Eropa. Tentu ini mempunyai nilai prestisius tersendiri dibandingkan merek mobil asal Asia.

Namun begitu, khusus untuk Citroen C3 yang ada di Indonesia adalah mobil yang diboyong dari India. Alhasil, harganya juga bisa bersaing dengan mobil SUV ringkas dari Jepang seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Citroen C3 hadir dengan dilengkapi beberapa fitur modern. Seperti alarm, immobilizer, dual airbags, sensor parkir, dan kamera mundur. Dan untuk dapur pacunya, mobil SUV kompak yang diimpor dari India ini menggunakan mesin 1.200 cc (Pure Tech 82) tiga silinder yang diklaim mampu mengeluarkan torsi 115 Nm pada 3.750 rpm dan tenaga 82 PS pada 5.750 rpm. Oh ya, untuk transmisinya hanya tersedia manual 5-percepatan saja alias tidak ada transmisi otomatisnya.

Adapun untuk harganya, Citroen C3 dibanderol mulai dari Rp 225 juta yang berlaku On The Road (OTR) untuk wilayah DKI Jakarta. Menarik bukan?

Nah, biar tidak semakin penasaran dengan mobil ini, mari kita simak lebih detail 5 beberapa kelebihan Citroen C3 berikut ini.

1. Warna Mobil Menarik

Kelebihan Citroen C3

Total ada 10 pilihan warna eksterior untuk Citroen C3

Kelebihan Citroen C3 yang pertama adalah warna mobil yang menarik. Yup, Citroen C3 hadir dengan warna-warna yang segar. Sebagian orang menyebutnya warna yang mencolok dan cocok untuk konsumen yang ingin tampil beda atau anti mainstream.

Baca juga  3 Kelebihan Citroen C3 Aircross 2023, Lawan XL7 dan Rush Pakai Turbo!

Dimana mobil merek Prancis ini memiliki 4 warna bodi yang tersedia dan 2 warna atap, sehingga total ada 10 kombinasi warna yang berbeda untuk eksterior. 

Lebih rincinya, untuk warna monotone pilihannya ada 4: polar white, zesty orange, platinum grey, steel grey. Sementara untuk two tone ada 6 warna: polar white body with zesty orange roof, platinum grey bodu with zesty orange roof, polar white body with platinum grey roof, steel grey body with zesty orange roof, zesty orange body with platinum grey roof, dan steel grey body with platinum grey roof.

Pilihan warna dari Citroen C3 itu tentu menjadi daya tarik tersendiri. Sebab, untuk rivalnya seperti Raize 1.2 cuma tersedia dalam warna bodi one tone dengan tujuh pilihan: putih, merah, hitam, kuning, silver, abu-abu gelap, dan biru. Jika mau warna two tone, baru bisa kamu pilih di Raize 1.0 Turbo.

“New Citroën C3 memberikan pelanggan keleluasaan kustomisasi yang komprehensif dan tak tertandingi di kelasnya. Kami yakin, ini akan menjadi ikon gaya baru bagi konsumen muda dan progresif di Indonesia,” kata Business Development Head Indomobil Group, Stefan Hutahayan.

Oh ya, Citroen C3 juga punya vibe pack untuk warna rumah lampu kabut dengan pilihan kelir zesty orange dan chrome. Selain itu, untuk interior tersedia dua pilihan warna yaitu andised orange dan anodised grey.

2. Headunit Touchscreen 10 Inch

Kelebihan Citroen C3

Ukuran headunit 10 inchi

Kelebihan Citroen C3 selanjutnya adalah pada bagian headunit touchscreen yang ukurannya tergolong besar dibandingkan para rivalnya seperti Raize dan Rocky.

Citroen C3 mengadopsi headunit berukuran 10 inchi yang sudah mampu terintegrasi dengan smartphone menggunakan Apple CarPlay dan Android Auto serta berguna juga untuk tampilan kamera mundur.

Sementara itu, untuk pesaingnya seperti Raize dan Rocky, mereka menyematkan headunit touchscreen yang ukurannya 8 inchi, alias lebih kecil dari Citroen C3.

Baca juga  Citroen C3 vs Toyota Raize 1.2, Mending Mana?

3. Dimensi Ringkas

Kelebihan Citroen C3

Dimensi Citroen C3 ringkas

Dimensi ringkas menjadi salah satu kelebihan Citroen C3. Dimana mobil ini tentunya cocok untuk digunakan dalam wilayah kota-kota besar seperti Jakarta yang identik dengan kemacetan.

Citroen C3 mempunyai panjang 3.981 mm, lebar 1.733 mm, dan tinggi 1.604 mm. Selanjutnya untuk ground clearance di angka 180 mm serta wheelbasenya 2.540 mm. Dan untuk mendukung dimensi yang ringkas tersebut, disematkan velg ukuran 15 inchi yang dibalut ban berprofil 196/65 R15.

Dengan ukuran tersebut, Citroen C3 akan lebih mudah dan lincah menyalip dan melibas kemacetan di jalanan ibu kota.

4. Konsumsi BBM Irit

Kelebihan Citroen C3

Konsumsi BBM diklaim 19,8 km/liter

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, Citroen C3 menggunakan mesin 1.200 cc (Pure Tech 82) tiga silinder dengan transmisi manua 5-percepatan yang diklaim mampu mengeluarkan torsi 115 Nm pada 3.750 rpm dan tenaga 82 PS pada 5.750 rpm.

Nah, dengan spesifikasi mesin dan performanya itu, Citroen C3 diklaim bisa menghemat bensin hingga 19,8 Km/liter. Tentu ini sangat bermanfaat di saat harga BBM di Indonesia sedang tidak stabil.

Ditambah lagi, konsumsi BBM Citroen C3 ini lebih irit dari kompetitornya yaitu Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Klaim si kembar, untuk mesin 1.000 cc turbo milik mereka cuma bisa menghemat bensin 17-18 km/liter. Sementara untuk mesin 1.200 cc hanya 18-19 km/liter.

5. Harga Terjangkau

Kelebihan Citroen C3

Harga terjangkau

Soal harga, Citroen C3 dijual dengan banderol mulai Rp 255 juta (OTR Jakarta) untuk varian one tone. Merek mobil Prancis ini juga menyediakan beberapa varian lain seperti C3 One Tone+ atau dengan aksesori yang lebih kece, harganya Rp 230 juta (OTR Jakarta). Hadir pula varian two tone untuk tampilan semakin eksklusif. Berikut daftar harga Citroen C3 di Indonesia:

  • Citroen C3 One Tone: Rp 225.000.000
  • Citroen C3 One Tone+: Rp 230.000.000
  • Citroen C3 Two Tone: Rp 231.000.000
  • Citroen C3 Two Tone+: Rp 236.000.000
Baca juga  Harga dan Spesifikasi Citroen C3, Spion Mirip S-Presso!

Bila dibanding dengan kompetitor pun tidak beda jauh. Ambil contoh Daihatsu Rocky 1.2 varian tertinggi dijual Rp 245,3 juta (OTR Jakarta) dan Rocky 1.0 Turbo varian termahal Rp 273,6 juta (OTR Jakarta). Kemudian kalau pembandingnya adalah Toyota Raize 1.2 varian tertinggi Rp 247,3 juta (OTR Jakarta) dan Raize 1.0 Turbo varain termahal Rp 305,1 juta (OTR Jakarta).

Hanya saja memang, dengan harga Citroen C3 yang terjangkau kekurangannya ada. Sebut saja tidak tersedia transmisi manual. Lalu pengaturan spion masih manual dengan tuas. Tidak ketinggalan, performa mesin mobil Prancis ini juga tidak terlalu istimewa bila dibanding kompetitor.

Dengan harga yang terjangkau, C3 sukses menjadi tulang punggung penjualan Citroen di Indonesia. Merek mobil Prancis ini mengaku bahwa sejak Desember 2022 hingga awal April 2023, sudah ada 50 pesanan untuk seluruh lini produk Citroen (C3, C5 Aircross, dan mobil listrik E-C4). Menariknya Citroen C3 sukses jadi yang terlaris dengan pemesanan sekitar 90 persen.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa kelebihan Citroen C3. Kamu tertarik membeli? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

@moladin.id

Segmen SUV kecil jadi semakin ramai aja nih setelah merek mobil asal Prancis, Citroen resmi balik lagi ke Indonesia dan meluncurkan Citroen C3. Menariknya, mobil ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan salah satu pesaing di kelasnya, yaitu Toyota Raize. Coba tonton videonya untuk tahu lebih jauh mengenai Citroen C3 ini. Kalau kamu lebih pilih yang mana nih, Citroen C3 atau Toyota Raize? Tulis langsung di kolom komentar! #Moladin #MoApapunMoladin #fyp #fypage #citroen #citroenc3 #toyota #toyotaraize #raize #komparasi #mobil #car #carreview #mobilbaru

♬ original sound – Moladin – Moladin

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika