oleh

Kelebihan dan Kekurangan Isuzu MU-X 2.5 Liter, Layak Dibeli?

Ada beberapa Kelebihan dan kekurangan Isuzu MU-X 2,5 Liter yang menarik untuk diketahui. Salah satu kelebihan dari  mobil ini adalah mengusung mesin diesel yang tangguh dan irit BBM.

Meski demikian, Isuzu MU-X juga mempunyai kekurangan yang tentunya juga baiknya diketahui. Adapun kekurangan dari Isuzu MU-X salah satunya adalah bodi mobil yang limbung. Hal tersebut karena setingan suspensi yang empuk alias kurang rigid.

Meski demikian, mobil ini juga punya kelebihan, salah satunya durability mesin yang mumpuni. Yup, siapa yang tak kenal Isuzu. Merek ini identik dengan mesin diesel.

Bahkan lini produknya juga semuanya bermesin diesel. Meski didominasi mobil komersial. Selain durability mesin, konsumsi bahan bakarnya juga terkenal irit, bahkan merek Isuzu mashur dengan julukan rajanya diesel.

Untuk membahas kelebihan dan kekurangan Isuzu MU-X 2.5 Liter, kami terlebih dahulu akan mengulas dari sisi kelebihannya. Berikut ulasan lengkapnya.

Kelebihan Isuzu MU-X

  • Harga Bekas Lebih Murah Dari Kompetitor

kelebihan dan kekurangan isuzu mu-x
Isuzu MU-X 2014

Salah satu kelebihan Isuzu MU-X 2.5 liter adalah harga bekasnya lebih kompetitif dari pesaingnya seperti Mitsubishi Pajero Sport atau Toyota Fortuner. Dilihat dari beberapa laman jual beli dan showroom mobil bekas ada direntang harga Rp 340 juta sampai Rp 365 jutaan untuk lansiran tahun 2017.

Baca juga  Sejarah Pajero Sport di Indonesia

Sementara itu untuk harga Mitsubishi Pajero Sport harga dengan tahun yang sama (2017) ada di rentang harga Rp 430 juta sampai Rp 450 jutaan. Sedangkan untuk Toyota Fortuner ada direntang harga Rp 375 juta hingga Rp 400 jutaan.

“Harga bekasnya Isuzu MU-X lebih murah dibandingkan Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Ambil contoh untuk tahun 2017, MU-X harga pasarannya maksimalnya di RP 365 jutaan. Sedangkan untuk Pajero Sport bisa sampai Rp 450 juta dan Fortuner di RP 400 jutaan,” ungkap Bobby, salah satu pemilik showroom mobil bekas di Cirendeu. (2/3/2022).

  • Mesin Terkenal Kuat dan Irit BBM

kelebihan dan kekurangan isuzu mu-x
Mesin Isuzu MU-X

Kelebihan Isuzu MU-X selanjutnya adalah mesin yang terkenal kuat dan irit BBM. Memang kami tidak mencoba langsung perihal efisiensi BBM tersebut, namun kami menelusurinya dari pengguna MU-X dan Pajero Sport.

Untuk Isuzu MU-X konsumsi bahan bakar rute dalam kota diklaim mencapai angka 1 banding 13, sedangkan untuk Pajero Sport konsumsi BBM dalam kota di angka 1 banding 12. Sementara itu, untuk Fortuner di angka 1 banding 12.

Nah, jika membahas kekuatan atau durability mesin, Isuzu MU-X lebih banyak pemakainya adalah perusahaan pertambangan atau perkebunan yang notabennya membutuhkan mobil dengan kekuatan mesin yang mumpuni untuk menerjang medan jalanan yang berat.

Baca juga  Peluncuran Nissan X-Trail e-Power, Sebentar Lagi?

“Perusahaan kami lebih condong menggunakan Isuzu MU-X, di mana selain irit bahan bakar dan mesin yang kuat. Jadi untuk operasional di lapangan mobil ini bisa diandalkan,” terang Husni Mubaroq, salah satu pekerja pertambangan di Kalimantan.

  • Nyaman Saat Melewati Jalanan Rusak

kelebihan dan kekurangan isuzu mu-x
Mu-X masih optimal melewati jalan rusak

Isuzu MU-X menggunakan suspensi jenis Independent Coil Spring Suspension with Gas Shock Absorbers and Stabiliser Bar. Kemudian untuk suspensi belakangnya menggunakan Independent Coil Spring Suspension with Gas Shock Absorbers and Stabiliser Bar.

Alhasil saat melewati jalanan yang rusak atau jalan bebatuan, penumpang dan driver dari mobil ini masih terasa nyaman.

Nah, setelah membahas mengenai kelebihan Isuzu MU-X. selanjutnya akan kami bahas mengenai kekurangan dari mobil tersebut.

Kekurangan Isuzu MU-X

  • Bodi Mobil Limbung

kelebihan dan kekurangan isuzu mu-x
Body MU-X limbung karena suspensi empuk

Seperti sudah diinformasikan sebelumnya bahwa bodi mobil dari Isuzu MU-X limbung. Namun limbung tersebut terjadi apabila mobil ini melakukan manuver saat melewati jalanan aspal yang rata serta dengan kecepatan tinggi.

Berbeda halnya saat melewati jalanan yang tidak rata. Isuzu MU-X terasa nyaman karena setingan suspense yang terbilang empuk alias kurang rigid.

  • Desain Interior Kurang Mewah

kelebihan dan kekurangan isuzu mu-x
Material dan desain interior Isuzu MU-X terkesan biasa aja

Desain interior dari Isuzu MU-X terlihat kurang mewah untuk lansiran 2014 hingga 2016. Dimana interiornya hanya mengusung warna hitam, muai dari jok, doortrim hingga dashboardnya. Selain itu, material bahan baku pada dashboardnya terlihat tipis, tidak mencerminkan mobil SUV yang elegan.

Baca juga  5 Perbedaan MG ZS dan MG HS, Beli yang Mana?

Bukan tanpa alasan, nyatanya Isuzu MU-X lebih banyak dipergunakan oleh market perusahaan yang umumnya perusahaan tambang dan perkebunan. Dimana Isuzu MU-X digunakan untuk kegiatan operasional lapangan yang notabennya tidak membuthkan kemewahan desainnya.

Selain itu, pada event GIIAS 2021 kemarin di booth Astra Isuzu mereka memperkenalkan Isuzu MU-X terbaru dengan desain yang lebih macho. Namun sayangnya mobil ini hanya dijual untuk segmen fleet.

  • Depresiasi Harga Bekasnya Turun di Bawah Kompetitor

kelebihan dan kekurangan isuzu mu-x
Isuzu MU-X 2017

Kekurangan dari Isuzu MU-X selanjutnya adalah depresiasi atau penurunan harga bekasnya turun tergolong drastis. Apalagi dibandingkan Pajero Sport dan Fortuner.

Hal tersebut disebabkan karena pamor dari Isuzu MU-X kalah saing dengan Fortuner dan Pajero Sport untuk konsumen retail. Namun untuk kalangan perusahaan (fleet) khususnya pertambagan dan perkebunan Isuzu MU-X.

Utamannya depresiasi harga ini akan merugikan kalau kamu ingin menjual kembali mobil SUV tersebut. 

Moladiners, itulah bahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Isuzu MU-X 2.5 Liter. tertarik membeli? Adapun jika ingin membeli kondisi bekasnya lebih baik ditelusuri pemilik sebelumnya, jika bekas mobil pertambangan sebaiknya dihindari.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru