by

Kelebihan dan Kekurangan Mitsubishi Mirage, Layak Beli?

Sebelum memutuskan beli, kamu harus tahu dulu kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Mirage. Ini penting supaya tidak salah melakukan pembelian kendaraan.

Walau sudah tidak dijual dalam kondisi baru, Mirage sesungguhnya masih layak untuk dipunya. Hal ini lantaran city car berlogo tiga berlian tersebut punya banyak keunggulan.

Salah satu yang jadi kelebihan dari Mitsubishi Mirage adalah konsumsi bahan bakar irit. Istimewanya lagi, walau hemat tapi mobil ini tetap bisa diajak berlari cepat.

Kemudian terkait harganya, juga cukup terjangkau. Saat ini Mirage bekas lansiran 2012 dijual sekitar Rp 70 jutaan. Bandingkan dengan mobil LCGC yang dijual sekarang, banderolnya sudah dikisaran Rp 150 jutaan.

Meski punya banyak kelebihan, namun kekurangan Mitsubishi Mirage juga ada. Sebut saja penggunaan mesin konfigurasi tiga silinder, membuat getaran cukup terasa.

Lalu bobot Mirage terasa sangat ringan, sehingga bakal melayang ketika diajak berkendara dalam kecepatan tinggi. Kemudian yang banyak dikeluhkan dari mobil ini adalah kekedapan kabin kurang. Suara dari luar mudah masuk ke kabin, sehingga cukup mengganggu.

Ingin tahu lebih detail soal kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Mirage? Simak bahasan di bawah ini:

Baca juga  Promo Mitsubishi Hari Kemerdekaan, Diskon Serba 17 Persen

Kelebihan Mitsubishi Mirage

kelebihan dan kekurangan mitsubishi mirage 001
Mirage bisa menghemat konsumsi BBM hingga 21,9 Km/liter

Dalam membahas kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Mirage, kami berpegang pada test drive yang kami pernah lakukan saat mobil tersebut masih dijual dalam kondisi baru. Ketika itu kami melakukan pengujian dengan cukup komprehensif pakai Mirage GLS bertransmisi CVT lansiran 2014.

Paling menarik adalah mengetahui kelebihannya dari sisi menghemat bahan bakar. Konsumsi BBM Mirage yang sangat irit, hasil pengujian kami membuktikan bahwa mobil berkapasitas mesin 1.193 cc ini bisa menghemat hingga 11 Km/liter di dalam kota. Lalu untuk luar kota tembus 21,9 Km/liter.

Dapat dikatakan kemampuan Mirage menghemat bahan bakar, sehebat mobil-mobil LCGC. Lalu mobil bermesin tiga silinder ini juga tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-percepatan, yang pastinya kemungkinan bakal lebih irit lagi.

Bagaimana dengan akselerasinya? Mirage dibekali mesin DOHC MIVEC tiga silinder yang berkapasitas murni 1,193 cc. Mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga maksimal 76 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi puncak 100 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Semua performa itu didistribusikan melalui transmisi CVT berteknologi INVECS III menuju kedua roda depan. Hasilnya adalah kemampuan akselerasi 0-100 kpj dapat dibukukan dalam waktu 14,7 detik.

Baca juga  Jangan Beli Suzuki Ignis Bekas, Sebelum Baca Ini!

Catatan itu tergolong cukup untuk sebuah city car. Kami yakin bila unit yang dites adalah transmisi manual, pasti bisa lebih cepat lagi. Salah satu penyebab mobil kami agak lamban adalah karakter CVT yang terasa kurang cekatan di awal akselerasi. Walau demikian, seiring dengan rpm meningkat, lajunya terkoreksi dengan sendirinya.

Kelebihan Mitsubishi Mirage pun terasa dari bobot kemudi yang ringan. Alhasil saat berkendara di kemacetan jalan, sungguh asik diajak selap-selip. Radius putar mobil ini juga cukup kecil yaitu 4,6 meter. Alhasil mudah sekali ketika diajak putar balik.

Apa Kekurangan Mitsubishi Mirage?

kelebihan dan kekurangan mitsubishi mirage - interior
Kekedapan kabin dan bobot terlalu ringan yang dimiliki Mitsubishi Mirage menjadi nilai minusnya

Bicara kelemahan, Mirage bukanlah mobil yang sempurna. Salah satu yang kami rasakan adalah bobotnya terlalu ringan yaitu cuma sekiar 865 Kg.

Alhasil saat diajak berkendara dalam kecepatan tinggi, Mirage terasa melayang. Walau sesungguhnya mesin mobil ini sanggup untuk melaju cepat.

Bobot kemudi yang terlalu ringan juga jadi kendala tersendiri saat melesat di jalan bebas hambatan. Kami merasa setirnya tidak komunikatif dalam menerjemahkan arah pergerakan roda, sehingga membuat rasa percaya diri ketika berkendara jadi berkurang.

Baca juga  Ini Dia Para Pemenang Honda Brio Virtual Modification ke-3

Kemudian yang jadi kekurangan Mitsubishi Mirage, kemampuan peredamannya sangat minim. Bila diajak melaju di jalan raya, suara dari luar dengan mudah masuk ke kabin.

Saran kami, ketika kamu melakukan pembelian Mirage bekas bisa segera pasang peredam yang lebih mumpuni. Hal ini untuk meningkatkan kenyamanan ketika berkendara.

Lalu lantaran city car Mitsubishi tersebut merupakan keluaran lawas, maka head unitnya masih belum dilengkapi dengan layar sentuh. Kalau kamu mau membuat tampilannya semakin modern, maka perlu untuk membelikannya head unit layar sentuh baru.

Kekurangan lain dari Mitsubishi Mirage, kabinnya cukup sempit. Bila kamu memiliki tubuh yang besar, tentu kurang pas. Apalagi ketika duduk sebagai penumpang berada di bangku baris kedua, lutut bakal mudah bersinggungan dengan jok depan. 

Itulah tadi bahasan soal kelebihan dan kekurangan Mitsubishi Mirage. Setelah mengetahuinya, apakah kamu masih tertarik untuk meminangnya?

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru