by

7 Kelebihan Honda Scoopy, Masih Ragu Beli?

Kelebihan Honda Scoopy – Salah satu motor terlaris di Indonesia adalah scoopy. Penjualan kuda besi ini tidak pernah gagal setiap tahunnya, selalu berada di posisi lima besar.

Padahal kalau melihat harga Scoopy, bisa dikatakan paling mahal dibanding motor matik 110cc lain. Banderolnya saat ini mencapai Rp19,75 juta (OTR Jakarta).

Coba cek harga Honda Beat yang ada dikisaran Rp16-17 jutaan. Kemudian Suzuki Nex II, dijual Rp16 jutaan.

Harga Scoopy Rp19 jutaan tersebut, bahkan mendekati motor matik satu tingkat di atasnya yaitu Vario 125. Dari sisi kapasitas mesin, Vario juga lebih besar pakai 125cc.

Lalu, apa yang membuat motor ini begitu banyak peminat? Berikut 7 kelebihan Honda Scoopy:

1. Fitur Alarm untuk Mencegah Maling

kelebihan honda scoopy
Honda Scoopy dilengkapi remote yang terintegrasi fitur alarm

Kelebihan Honda Scoopy yang pertama, punya fitur kunci kontak bermagnet dan dilengkapi alarm. Fitur-fitur tersebut membuat motor ini lebih sulit dibobol maling.

Cara kerja alarm di Scoopy, kuda besi ini bakal mengeluarkan suara saat ada potensi maling. Sensornya hadir dalam bentuk sentuhan serta getaran. Jadi alarm bakal berbunyi saat motor digoyangkan dan berpindah posisi.

Fitur alarm disebut sebagai kelebihan, lantaran belum ada motor matik 110cc lain yang pakai. Bahkan kompetitor sesama skuter retro yaitu Yamaha Fino 125 juga belum punya.

Ada pula fitur tambahan berupa answer back system. Gunanya untuk memudahkan mencari motor di lokasi parkir. Cukup tekan tombol yang ada di remote, maka Scoopy bakal mengeluarkan suara dan menyalakan lampu untuk memberitahukan lokasinya.

Baca juga  Yamaha Zuma 125 2020, Lebih Mahal dari All New Nmax ABS

2. Irit Bahan Bakar Jadi Kelebihan Honda Scoopy

kelebihan honda scoopy
Mesin 110cc milik Scoopy sudah terbukti irit

Selanjutnya yang jadi kelebihan Honda Scoopy adalah irit konsumsi BBM. Bagaimana tidak? Kapasitas mesinnya cuma 110cc.

Kami sudah melakukan uji irit Scoopy melewati berbagai kondisi jalan di Jakarta. Dari mulai melibas kemacetan, hingga jalan lengang. Catatan BBM yang diperoleh adalah 54,05 Kpl.

Di sisi lain, Scoopy juga dilengkapi fitur eco indicator dan idling stop system (ISS). Keduanya ibarat alat bantu untuk semakin menghemat BBM.

Guna eco indicator, memberitahukan gaya berkendara kamu sudah sesuai untuk menjadikan irit atau belum. Kalau sudah, maka lampu warna bijau bakal aktif. Bila belum, maka lampu mati.

Sementara ISS membantu menghemat BBM Scoopy dengan cara menonaktifkan mesin secara otomatis, ketika motor berhenti lebih tiga detik. Lalu untuk mengaktifkannya lagi, cukup putar selongsong gas.

Baca juga:

3. Charger Smartphone

kelebihan honda scoopy
Honda Scoopy dilengkapi bfiterbagai fitur modern, salah satunya charger smartphone

Sebelum banyak motor entry level punya power charger, Scoopy sudah memulainya lebih dulu. Motor matik ini dilengkapi power charger yang berada di kompartemen depan sebelah kiri.

Baca juga  5 Ide Modifikasi Aerox 155, Dijamin Beda!

Menariknya lagi, fitur ini tertutup. Jadi kalau kamu mengisi daya baterai smartphone saat berkendara, tidak perlu takut terjatuh atau terkena cipratan air hujan.

4. Bagasi Muat Helm

bagasi scoopy
Bagasi ini muat helm half face model tertentu

Kelebihan Honda Scoopy selanjutnya adalah kompartemen luas. Selain punya dua kompartemen depan, sebelah kiri terutup seperti laci dan sebelah kanan terbuka. Ada pula bagasi luas di bawah jok.

Bagasi tersebut punya luas hingga 15,4 liter, bahkan yang terluas untuk kelas motor matik 110cc. Lalu bila dibandingkan Yamaha Fino, bagasi Scoopy juga masih lebih luas. Di dalamnya, bahkan mampu menyimpan helm half face jenis tertentu.

5. Lampu LED Proyektor Merupakan Kelebihan Honda Scoopy

lampu scoopy
Scoopy dilengkapi dengan lampu LED dan proyektor untuk visibilitas lebih baik

Honda Scoopy juga unggul dari kompetitor, lantaran punya lampu LED proyektor. Buka sekadar LED, tapi dilengkapi proyektor.

Keunggulan LED adalah tidak membutuhkan daya aki yang besar. Meski demikian, visibilitas berkendaranya bisa dikatakan lebih baik, terutama di malam hari. Bagaimana kalau ditambah proyektor?

LED dan proyektor dikombinasikan, maka visibilitas jadi lebih baik lagi. Fungsi proyektor sejatinya membuat cahaya lebih fokus ke jalan, sehingga tidak membuat pengendara lain silau.

Jenis lampu LED proyektor jarang sekali dipakai motor matik sebagai bawaan pabrik. Bahkan sampai kelas Honda PCX 150 saja belum mengenakannya. Oleh karena itulah, lampu LED proyektor jadi salah satu kelebihan Honda Scoopy.

Baca juga  6 Motor Matik 250cc Termurah di Indonesia, Saatnya Naik Kelas!

6. Desain Unik dan Uniseks

ban scoopy
Scoopy pakai ukuran roda 12 inci, tapi bannya cukup lebar

Kelebihan Honda Scoopy selanjutnya ada di desain yang unik. Tidak hanya cocok digunakan oleh laki-laki, tapi juga perempuan. Bahkan anak muda sampai orang tua pun pas mengenakan Scoopy.

Mungkin karena desain yang uniseks tersebut, Scoopy jadi punya pangsa pasar sangat luas. Keunikan tampilan Scoopy ditunjang pula dengan penggunaan pelek ukuran 12 inci, lebih kecil dari kebanyakan motor matik entry level.

Lalu soal desain bodi juga beda. Desainnya minim sudut, sehingga lebih elegan dan tidak lekang dimakan waktu.

7. Mudah Ditunggangi Siapa Saja Jadi Kelebihan Honda Scoopy

Honda Thailand Rilis Scoopy Lucu Pakai Sticker Line 3
Bodi ringkas dan jok rendah, memudahkan siapa saja menunggangi Scoopy

Honda Scoopy juga punya keunggulan lain, terutama dari sisi mudah ditunggangi. Bodinya sangat ringkas dengan dimensi panjang 1.847 x 686 x 1.061 mm. Lalu bobotnya juga ringan, cuma 99 Kg.

Alhasil motor ini sangat mudah dikendalikan, termasuk oleh pemula sekalipun. Kemudian yang juga jadi kelebihannya adalah jok rendah, hanya 744 mm. Pemilik postur 168 cm tidak perlu khawatir kaki jinjit saat duduk di joknya.

Itulah tadi tujuh kelebihan Honda Scoopy. Semoga bahasan ini bisa jadi pertimbangan ketika kamu ingin membeli motor matik untuk sehari-hari.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru