by

Prediksi Honda Scoopy Terbaru, Keyless dan Mesin 125 cc?

Setelah kemunculan All New Genio dan Beat, maka wajar kalau prediksi selanjutnya adalah kelahiran Honda Scoopy terbaru. Maklum, produk ini merupakan satu-satunya motor matik 110 cc pabrikan berlambang sayap yang belum terkena revisi.

Terakhir kali Honda Scoopy mendapat penyegaran besar pada Maret 2017. Itu pun dari sisi jeroan tidak ada ubahan. Hanya fitur dan desain yang diganti.

Lalu kapan versi terbarunya lahir? Dari berbagai informasi yang kami dapat, peluncuran Honda Scoopy terbaru tidak lama lagi. Hal ini diperkuat surat resmi yang disebarkan oleh Honda ke media, terkait kehadiran produk baru pada pertengahan November 2020. 

“Sehubungan dengan pengenalan produk baru sepeda motor Honda, bersama ini kami mengundang jurnalis yang ditugaskan untuk hadir dalam virtual press conference yang akan diselenggarakan pada Selasa, 10 November 2020,” tulis undangan yang Moladin terima.

Jika benar itu adalah kelahiran All New Scoopy, bakal seperti apa spesifikasinya? Benarkah mesinnya ditingkatkan jadi 125cc? Berikut pembahasan lengkap soal prediksi Honda Scoopy terbaru:

Honda Scoopy Terbaru Berbasis Genio

honda scoopy terbaru
Rangka Honda Genio jadi basis untuk motor matik lain, seperti Beat. Mungkin menyusul adalah Honda Scoopy

Paling mudah ditebak, Honda Scoopy terbaru bakal berganti basis rangka dan mesin pakai punya Honda Genio. Hal ini sudah dilakukan pabrikan berlambang sayap ke Honda Beat.

Rangka lama diganti eSAF yang lebih ringan dan stabil. Cara produksi rangka ini berbeda, karena proses produksinya dengan press dan laser welding. Alhasil motor matik dengan rangka eSAF diklaim semakin mudah ditunggangi. Kemudian motor juga jadi semakin stabil ketika dipakai bermanuver, serta melewati jalan bergelombang.

Baca juga  Kental Aura Retro, Lebih Pilih Honda Genio atau Scoopy?

Tidak hanya rangka, Honda Scoopy terbaru juga kemungkinan dapat revisi di depot daya. Mesin yang digunakan adalah eSP generasi terkini seperti yang digendong Honda Genio.

Dibanding mesin lama, kubikasinya memang tetap sama 110cc. Hanya saja karakter desainnya diubah jadi long stroke. Kompresinya juga direvisi lebih besar. Efek dari berbagai perubahan tersebut, mesin 110cc milik Scoopy tanyar bakal punya performa yang lebih mantap. Di sisi lain, konsumsi BBM motor Honda matik ini bakal semakin irit.

Hanya saja, kalau Scoopy dan Genio punya basis yang serupa. Bagaimana dengan pangsa pasar keduanya? Sudah desain mirip, sama-sama agak retro. Masa iya, fiturnya dibuat serupa?

Maka dari itu, muncul bocoran bahwa Honda Scoopy terbaru bakal punya fitur yang lebih istimewa. Ada pula yang berspekulasi bahwa kapasitas mesinnya ditingkatkan jadi 125cc. Bernarkah demikian?

Fitur Keyless di Scoopy Terbaru?

cara menghidupkan motor pcx
Saat ini untuk motor matik Honda, keyless cuma ada di produk 150cc seperti PCX,150, Vario 150, dan ADV 150.

Bicara soal fitur Honda Scoopy terbaru, prediksinya sudah tentu bakal berlimpah dengan teknologi modern. Hal ini bukan tanpa alasan. Lihat saja fitur Scoopy yang dijual sekarang.

Meski kategorinya motor matic 110cc, namun sudah punya lampu depan LED proyektor. Ada pula alarm untuk mencegah maling. Tidak ketinggalan answer back system yang memudahkan pencarian kendaraan di lokasi parkir. Ketiga fitur tersebut tidak dipunya oleh produk lain sejenis.

Baca juga  Sosok Yamaha Nmax Adventure Muncul di Thailand

Belum lagi kalau ditambahkan dengan fitur-fitur lain yang melekat di Scoopy. Ada idling stop system (ISS) untuk menghemat konsumsi BBM. Power charger yang bisa dimanfaatkan oleh pengendara dalam mengisi daya baterai smartphone. Ditambah lagi bagasi luas muat helm half face jenis tertentu.

Pastinya kalau All New Scoopy keluar, konsumen berharap kemunculan fitur baru. Salah satu yang paling memungkinkan adalah keyless. 

Dengan maraknya pencurian kendaraan bermotor, tentu keyless bisa jadi solusi buat masyarakat. Keyless pastinya lebih hebat dalam mencegah maling dibanding alarm, lantaran sudah dilengkapi immobilizer yang tidak bisa dibobot dengan cara biasa. Pakai immobilizer, mesin motor cuma mau diaktifkan menggunakan remote bawaan pabrik.

Hanya saja yang paling membuat penasaran adalah, berapa harga Honda Scoopy terbaru? Saat ini saja sudah Rp 19 jutaan alias termahal di kelasnya. Bagaimana kalau nanti sudah tambah fitur keyless, apa iya banderolnya jadi Rp 20 juta? Kalau benar demikian, bakal mepet Honda Vario 125.

Baca juga:

Honda Scoopy 125 cc, Mungkinkah?

Mesin esp untuk pcx 001
Mesin eSP+ digadang-gadang siap dipakai untuk mengalahkan kehebatan teknologi mesin VVA Yamaha

Bicara kemungkinan, motor matik 125 cc Honda saat ini cuma Vario 125. Coba bandingkan dengan Yamaha selaku rival yang punya segudang kuda besi berkapasitas 125 cc. Ada Mio M3, Freego, Soul GT, Lexi, Fino, dan lain-lain.

Baca juga  9 Rekomendasi Motor Paling Irit BBM di Indonesia

Walau sendirian, Vario 125 memang belum kewalahan menghadapi gempuran Yamaha. Buktinya penjualan motor matik ini masih yang terbaik dibanding seluruh lini produk garpu tala 125cc. Hanya saja Honda tidak boleh jumawa. Kalau bisa kasih amunisi tambahan, kenapa tidak?

Toh saat ini harga Honda Scoopy sudah mencapai Rp 19 jutaan. Cuma beda Rp1 juta dibanding Vario 125. Kalau upgrade jadi Honda Scoopy 125 cc, pastinya pantas.

Soal mesin, Honda Scoopy 125 bisa berbagi dengan Vario 125. Opsi lain, pakai jantung mekanis baru eSP+ yang sudah ada di Honda SH125i versi 2020 yang dipasarkan di luar negeri. Mesin tersebut punya spesifikasi lebih istimewa lantaran pakai empat katup (4V). Konstruksinya juga beda, lebih ringkas dan ringan.

Dengan eSP+, performa mesin semakin meningkat dari sisi torsi dan tenaga. Kemudian untuk konsumsi bahan bakar pun lebih irit.

Bila Honda benar-benar mewujudkan Honda Scoopy 125cc bermesin eSP+, bisa jadi baru meluncur pada 2022. Maklum, saat ini mesin eSP+ belum ada di Indonesia. Pasti perlu waktu untuk bisa mengaplikasikannya dengan baik dan benar!

Ditambah lagi kalau mesin 125cc eSP+ masuk Indonesia, harusnya yang paling pantas menggendongnya adalah Vario 125 terlebih dulu. Setelah itu barulah turun ke produk-produk lain.

Terbaru