Prediksi Honda Scoopy Terbaru, Mesin 125 cc?

Honda Scoopy Terbaru – Setelah Honda Genio dan Beat, maka wajar kalau prediksi selanjutnya adalah kemunculan Scoopy terbaru. Maklum, ini merupakan satu-satunya motor matik 110 cc pabrikan berlambang sayap yang belum terkena revisi.

Terakhir kali Honda Scoopy mendapat penyegaran besar pada Maret 2017. Itu pun dari sisi jeroan tidak ada ubahan. Hanya fitur dan desain yang diganti. Lalu kapan versi terbarunya lahir? Benarkah jadi Honda Scoopy 125 cc? Simak bahasan berikut:

Honda Scoopy Terbaru Kemungkinan Berbasis Honda Genio

Honda Scoopy 125 cc
Rangka Honda Genio jadi basis untuk motor matik lain, seperti Beat. Mungkin menyusul adalah Honda Scoopy

Paling mudah ditebak, Honda Scoopy terbaru bakal berganti basis rangka dan mesin pakai punya Genio. Hal ini sudah dilakukan pabrikan berlambang sayap ke Honda Beat.

Rangka lama diganti eSAF yang lebih ringan dan stabil. Cara produksi rangka ini berbeda, karena proses produksinya dengan press dan laser welding. Alhasil motor matik dengan rangka eSAF diklaim semakin mudah ditunggangi. Kemudian motor juga jadi semakin stabil ketika dipakai bermanuver, serta melewati jalan bergelombang.

Kemudian dari sisi mesin, Honda Scoopy terbaru kemungkinan direvisi dengan desain long stroke. Kompresinya juga diubah lebih besar. Revisi mesin ini berakibat ke performa yang lebih mantap, sekaligus semakin hemat bahan bakar.

Hanya saja, kalau Scoopy dan Genio punya basis yang serupa. Bagaimana dengan pangsa pasar keduanya? Sudah desain mirip, agak retro. Masa iya, jeroan dibuat serupa?

Maka dari itu, muncul spekulasi Honda Scoopy 125 cc. Kenapa? Supaya ada perbedaan yang jelas antara Scoopy dan Genio!

Baca juga:

Honda Scoopy 125 cc, Mungkinkah?

Mesin eSP+ digadang-gadang siap dipakai untuk mengalahkan kehebatan teknologi mesin VVA Yamaha

Bicara kemungkinan, motor matik 125 cc Honda saat ini cuma Vario 125. Coba bandingkan dengan Yamaha selaku rival yang punya segudang kuda besi berkapasitas 125 cc. Ada Mio M3, Freego, Soul GT, Lexi, Fino, dan lain-lain.

Walau sendirian, Vario 125 memang belum kewalahan menghadapi gempuran Yamaha. Buktinya penjualan motor matik ini masih yang terbaik dibanding seluruh lini produk garpu tala 125cc. Hanya saja Honda tidak boleh jumawa. Kalau bisa kasih amunisi tambahan, kenapa tidak?

Toh saat ini harga Honda Scoopy sudah mencapai Rp19 jutaan. Cuma beda Rp1 juta dibanding Vario 125. Kalau upgrade jadi Honda Scoopy 125 cc, pastinya pantas.

Soal mesin, Honda Scoopy 125 bisa berbagi dengan Vario 125. Opsi lain, pakai jantung mekanis baru eSP+ yang sudah ada di Honda SH125i versi 2020 yang dipasarkan di luar negeri. Mesin tersebut punya spesifikasi lebih istimewa lantaran pakai empat katup (4V). Konstruksinya juga beda, lebih ringkas dan ringan.

Dengan eSP+, performa mesin semakin meningkat dari sisi torsi dan tenaga. Kemudian untuk konsumsi bahan bakar pun lebih irit.

Daftar Harga Honda Scoopy

Produk Kelebihan Harga
Honda Scoopy Sporti Konsumsi bahan bakar irit Cek Promonya di Sini
Honda Scoopy Stylish Tampilan motor elegan dan sudah memiliki fitur modern Cek Promonya di Sini

Versi Terbarunya Kapan Meluncur?

Honda Scoopy

Prediksi kami, Honda Scoopy terbaru sepertinya tidak hadir dalam waktu dekat. Belajar dari generasi sebelumnya, ada jeda waktu sekitar setengah tahun dengan Beat. Ketika itu, Beat meluncur Agustus 2016, sementara Scoopy pada Maret 2017.

Jadi, kalau Beat terbaru meluncur Januari 2020, berarti Scoopy terbaru paling cepat semester dua 2020. Itu pun jika revisinya cuma pakai jeroan Genio.

Bila Honda benar-benar mewujudkan Honda Scoopy 125 cc bermesin eSP+, bisa jadi baru meluncur 2021. Maklum, saat ini mesin eSP+ belum ada di Indonesia. Pasti, perlu waktu untuk bisa mengaplikasikannya dengan baik dan benar!

Tertarik memiliki motor matik terbaru dengan DP ringan dan promo menarik lain? langsung saja klik di sini!

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *