by

7 Kelebihan MG ZS Indonesia, SUV Tiongkok Rp250 Jutaan!

Kelebihan MG ZS Indonesia – Sejatinya MG merupakan merek asal Inggris yang berdarah Tiongkok. Layaknya mobil tiongkok lain, MG ZS punya berbagai kelebihan. Mulai dari harga murah, sampai dengan fitur berlimpah.

Di Tanah Air, mobil ini berada di kelas SUV ringkas 1.500 cc. Kompetitornya adalah Honda HR-V 1.5L.

Ingin tahu lebih detail terkait kelebihan MG ZS yang dijual di pasar Indonesia? Untuk jawabannya, simak bahasan berikut:

1. Fitur Keselamatan Berlimpah

kelebihan mg zs indonesia
Fitur keselamatannya sungguh banyak, bahkan melebihi Honda HR-V selaku kompetitor

Kelebihan MG ZS Indonesia yang pertama adalah punya sistem keselamatan berlimpah. Mobil Tiongkok berdarah Inggris ini bahkan dibekali fitur lebih banyak dari Honda HR-V selaku kompetitor.

Fitur keselamatan varian tertingginya mulai dari 6 airbags, anti-lock braking system (ABS), electronic brake force distribution (EBD), sampai dengan electronic brake assist (EBA). Ada pula stability control system (SCS), curve brake control (CBC), traction control system (TCS), hill start assis (HAS), dan emergency stop signal (ESS).

Tambahan lain teknologi keselamatan di MG ZS adalah ISOFIX, tire pressure monitor system (TPMS), dan masih banyak lagi.

Baca juga  Sejarah Suzuki SX4, Sejak 2007 Hingga Kini

2. Performa Mesin bersaing dengan HR-V

kekurangan MG ZS Indonesia
Mobil ini masih didatangkan secara utuh (CBU) dari Thailand

MG ZS dan Honda HR-V 1.5L merupakan rival kuat. Keduanya sama-sama bergaya SUV ringkas serta pakai kapasitas mesin 1.500 cc.

Apakah performa MG ZS lebih baik? Bila melihat spesifasi, mesin berkode 15S4C ini mampu memuntahkan torsi hingga 150 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 114 ps pada 6.000 rpm. Kombinasinya adalah transmisi otomatis 4-percepatan.

Sementara jantung mekanis Honda HR-V memiliki padanan transmisi CVT. Mesin itu bisa melontarkan torsi 145 Nm pada 4.600 rpm dan tenaga maksimal 120 PS pada 6.600 rpm.

Jadi soal torsi, MG ZS lebih unggul. Kalau bicara tenaga, HR-V lebih andal. Jadi bisa dikatakan mesin SUV pendatang baru ini, bisa bersaing dengan kompetitor.

3. Mode Berkendara

Kekurangan MG ZS Indonesia 002
Tersedia fitur berkendara: urban, normal, dan dynamic yang mengatur bobot kemudinya

Fitur ini sudah dimiliki oleh MG ZS. Ada tiga mode berkendara: urban, normal, dan dynamic. Saat kamu pilih salah satunya, maka bobot lingkar kemudi bakal menyesuaikan.

Mode urban menjadikan setir terasa sangat ringan, sehingga memudahkan parkir atau melewati jalan padat kendaraan. Sementara mode dynamic menjadikan setir lebih berat, bisa digunakan saat melaju dalam kecepatan tinggi. Lalu mode normal di tengah-tengah.

Baca juga  Toyota Corolla Cross Dipastikan Masuk Indonesia pada 2020

Sayangnya, mode berkendara ini cuma mengatur bobot lingkar kemudi saja. Tidak ada intervensi sampai ke mesin.

Baca juga:

4. Jok Kulit

kekurangan mg zs indonesia
Jok varian tertingginya memang sudah dibalut kulit, namun tidak punya head rest tengah dan hand rest. Padahal HR-V selaku kompetitor memilikinya

Varian tertinggi MG ZS sudah pakai jok kulit. Gunanya sangat penting, supaya pemilik mobil lebih mudah membersihkan tumpahan air minum dan makanan. Terlebih saat kendaraan ini dipakai untuk keluarga.

5. Panoramic Sunroof

kelebihan mg zs indonesia
Panoramic sunroof hadir di varian tertinggi MG ZS, sementara Honda HR-V belum punya

Kelebihan MG ZS Indonesia selanjutnya adalah panoramic sunroof. Honda HR-V 1.5L selaku kompetitor belum punya.

Kehadiran fitur ini membuat penumpang di dalam kabin merasa tidak ada batas dengan dunia luar. Fungsinya lebih terasa lagi, ketika melewati pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Disebut panoramic sunroof lantaran dimensinya besar, membentang dari bangku baris pertama sampai ke belakang. Kemudian sunroof ini bisa dibuka, bila kamu mau menghirup udara luar.

6. Desain Khas SUV Eropa

kelebihan mg zs indonesia
Ukuran pelek pakai 17 inci, standard untuk sebuah SUV

MG ZS memang punya darah Inggris, jadi wajar kalau desainnya agak mengarah ke Eropa. Mobil ini hadir dengan grille depan besar, kemudian lampu agak pipih. Sekilas desainnya bahkan mirip Mazda CX-3.

Baca juga  5 Perbedaan DFSK Glory i-Auto Vs Glory 580

Kemudian untuk menambah aura SUV. MG ZS punya roof rail yang bermanfaat memudahkan pemasangan roof rack dan roof box.

7. Harga Terjangkau

Foto 6 low 1
MG ZS meluncur di Indonesia secara virtual pada 24 Maret 2020 karena wabah Virus Corona

Kelebihan MG ZS Indonesia selanjutnya, dijual dengan harga terjangkau. Walau berstatus sebagai mobil impor dari Thailand, namun harganya tetap lebih murah dari Honda HR-V selaku kompetitor.

Harga MG ZS varian Excite Rp255,8 juta (OTR Jakarta) dan varian Ignite Rp289,9 juta (OTR Jakarta). Semuanya ditawarkan dalam pilihan transmisi otomatis 4-percepatan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru