Kenapa Harga Mitsubishi Xpander Cross Mahal? Ini 3 Alasannya!

Kelebihan Mitsubishi Xpander Cross – Jika melihat harga, Xpander Cross memang dipatok cukup tinggi. Banderolnya mulai Rp270,7 – 289,7 juta (OTR Jakarta). Kompetitor LSUV 7-penumpang lain banyak yang lebih murah.

Sebut saja Toyota Rush yang dijual Rp251 – 273,05 juta (OTR Jakarta), Daihatsu Terios bahkan Rp208,3 -262,9 juta (OTR Jakarta). Rival paling ketat adalah Honda BR-V yang harganya Rp248-291,3 juta (OTR Jakarta).

Lalu apa kelebihan Mitsubishi Xpander Cross, sampai berani mematok harga tinggi? Kami menjajalnya langsung di melibas jalanan Pulau Bali dan mengetahui jawabannya. Penasaran? Simak bahasan berikut:

1. Ground Clearance Tertinggi di Kelasnya

Meski ground clearance tinggi, namun racikan suspensi yang responsif membuat mobil terasa stabil sat melewati jalan bergelombang


Salah satu kelebihan Mitsubishi Xpander Cross, punya ground clearance tinggi mencapai 225 mm. Efeknya, Saya benar-benar tidak perlu khawatir bodi bawah bersinggungan dengan jalan saat melewati jalan bergelombang atau offroad ringan.

Jika dibanding kompetitor, ground clearance Xpander Cross juga yang tertinggi. Coba lihat Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang cuma 220 mm. Kemudian Honda BR-V, 201 mm.

Lalu apakah ground clearance tinggi membuat limbung saat bermanuver? Sesi test drive Xpander Cross membuktikan, bahwa dugaan ini tidak terbukti. Mobil masih terasa nyaman, walau dipakai menekuk di tikungan. Saat melaju cepat di jalan lurus, kestabilan juga sangat terjaga. Koreksi kemudi yang berlebihan, benar tidak diperlukan.

Penyebab kestabilan berkendara Xpander Cross, salah satunya lantaran racikan dimensi bodi yang dibuat proporsional. Selain semakin tinggi dibanding Xpander tanpa Cross, bodinya juga dibuat lebih lebar. Kemudian pengaturan suspensi baru hadir, lebih responsif. Ban pun diganti lebih lebar, kini pakai ukuran 215/55-17 inci.

2. Kabin Senyap Jadi Kelebihan Mitsubishi Xpander Cross

kelebihan mitsubishi xpander cross
Kesenyapan kabin dan kualitas audio yang mumpuni jadi salah satu keungulan Mitsubishi Xpander Cross


Masuk ke dalam kabin Mitsubishi Xpander Cross, rasanya senyap. Berbagai suara bising dari luar, hilang seketika, saat berada di balik pintu. Rasanya begitu menenangkan.

Tentu kesenyapan ini berbeda dari Xpander biasa. Mitsubishi menambahkan beberapa peredam, sehingga kesenyapan kabinnya bisa maksimal.

Dengan kekedapan kabin yang baik, saya jadi semakin nyaman saat mendengarkan musik selama berkendara. Apalagi kualitas speaker yang berjumlah enam unit cukup oke.

Baca juga:

3. Fitur Lengkap dari Varian Termurah

kelebihan mitsubishi xpander cross
Berkendara bersama Mitsubishi Xpander Cross begitu menyenangkan. Walau dari sisi performa mesin, Honda BR-V selaku kompetitor punya kemampuan yang lebih baik


Sejak varian termurah, Mitsubishi Xpander Cross sudah dilengkapi fitur mumpuni. Ada active stability control (ASC) yang bisa mencegah mobil tergelincir saat meliuk di tikungan. Kemudian emergency stop signal (ESS), berfungsi mengaktifkan hazard sebagai tanda bahaya ketika pengemudi melakukan pengereman mendadak.

Ada pula anti-lock braking system (ABS), dual SRS airbags, sensor parkir, kamera parkir, dan hill start assist (HSA). Belum selesai, sistem pencahayaan juga sudah menganut full LED agar visibilitas berkendara lebih baik di malam hari.

Terkait kenyamanan, tersedia head unit layar sentuh berukuran 7 inch. Tidak ketinggalan, start/stop button untuk mengaktifkan mesin. Power outlet pun tersebar di setiap baris bangku, bisa dimanfaatkan mengisi daya smartphone ketika berkendara.

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *