by

5 Kelebihan Nissan Leaf, Pesaing Kona dan Ioniq

Berikut kami sampaikan kelebihan Nissan Leaf yang resmi di luncurkan di Indonesia, Rabu (18/8/2021). Mobil listrik All New Nissan Leaf sudah bisa dipesan dengan harga Rp 649 juta untuk opsi one tone dan Rp 651 Juta untuk opsi dual tone.

Dengan dipasarkan Nissan Leaf di Indonesia, berarti unit ini bersaing dengan mobil listrik lainnya yang lebih dahulu hadir yakni Hyundai Ioniq dan Kona Electric. 

“Peluncuran The All-New Nissan LEAF ini menunjukkan komitmen Nissan untuk membawa mobilitas elektrifikasi ke Indonesia. Lebih dari 500.000 konsumen di seluruh dunia telah beralih ke Nissan LEAF,” kata Evensius Go, Presiden Direktur, PT Nissan Motor Distributor Indonesia.

Lalu apa saja kelebihan Nissan Leaf? Simak bahasan berikut:

Kelebihan Nissan Leaf

kelebihan nissan leaf
Harga Nissan Leaf mulai Rp 649 juta (OTR Jakarta)

Sebagai mobil baru dan dengan teknologi baru, kita harus tahu dahulu mengenai kelebihan-kelebihan apa saja pada mobil listrik merek Jepang ini. Berikut ulasannya : 

1. Baterai Bergaransi Panjang

Jika kamu membeli mobil listrik All-New Nissan Leaf, maka kamu akan dilindungi dengan garansi kendaraan selama 3 tahun atau 100.000 km.

Asiknya lagi baterai sebagai  pendukung vital mobil listrik juga bergaransi panjang yakni hingga 8 tahun atau 160.000 km. Kamu juga akan dibebaskan dari biaya perawatan selama 5 tahun atau 70.000 km. Paket Garansi baterai ini sama dengan yang diberikan Hyundai terhadap Ioniq dan Kona Electric.

Baca juga  Nissan Note Aura 2021, Pakai Audio Premium!

Nissan juga mengklaim Leaf telah menjalani berbagai pengujian kualitas dan ketahanan yang paling ketat. Termasuk di dalamnya, uji banjir dan uji petir.

Oiya, bicara baterai pemilik mobil listrik Nissan Leaf bisa melakukan pengecasan dimanapun termasuk di rumah. Alat pengisi daya Portablenya berkapasitas 3.3 Kw, memungkinkan baterai dapat terisi penuh dalam waktu 12 hingga 15 jam. Sedangkan Home Charger berkapasitas AC 7.4 kw, dapat mengisi penuh baterai dalam waktu 5 hingga 7 jam.

2. Harga Lebih Murah dari Kona Electric

Nissan Leaf memiliki harga lebih murah dari kompetitornya Kona Electric. Mobil listrik Nissan ini dijual mulai Rp 649 juta. Sementara Kona Electric yang hanya hadir dalam satu varian Signature di banderol Rp 697 juta.

Hanya saja kalau dibandingkan dengan Hyundai Ioniq, banderol Leaf masih kalah murah. Pasalnya Ioniq punya varian Prime dengan harga Rp 637 juta. Sementara kalau pembandingnya adalah Hyundai Ioniq Signature yang dijual Rp 677 juta, maka harganya masih tetap lebih murah Leaf. 

Baca juga  SUV BMW iX Mengaspal di Shanghai Auto Show 2021

3. Performa Unggul dari Ioniq

Sebagai mobil listrik, Nissan Leaf memiliki performa yang tidak main-main. Hatchback ini mampu melontarkan hingga 110 kW atau setara dengan 150 PS dan torsi maksimum 320 Nm.

Klaim Nissan mobil ini bisa melesat 0 – 100 km/jam dalam 7,9 detik dengan kecepatan maksimal 155 km/jam.

Sedangkan Ioniq mengusung power train 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh dengan torsi maksimal 295 Nm. Mobil ini mampu melesat 0-100 m dalam 9,9 detik.

Hanya saja kalau pembandingnya adalah Hyundai Kona, maka Leaf tidak sepenuhnya menang. Pasalnya Kona unggul dalam hal torsi puncak yang tembus 395 Nm. Sementara Tenaga maksimalnya cuma 139 PS. 

4. Fitur e-Pedal Jadi Andalan

Kelebihan Nissan Leaf lainnya adalah memiliki fitur berlimpah. Beberapa di antaranya adalah Forward Collision Warning (FCW),  Forward Emergency Braking (FEB),  Intelligent Trace Control (ITC), Vehicle Dynamic Control (VDC), HSA, ABS BA, I-AVM, MOD, DAA, dan E-PKB.

Mobil listrik Nissan Leaf juga dilengkapi dengan Dual SRS Airbag, Side Airbag dan Curtain Airbag. serta telah mendapatkan penghargaan peringkat keselamatan bintang 5 maksimum pada JNCAP (Japan New Car Assessment Program), Euro NCAP, Australia ANCAP dan US NHTSA (National Highway Traffic Safety Administration).

Baca juga  Kesetrum Mobil Listrik Saat Charge Baterai, Bahaya?

Namun yang unggul dari dua kompetitornya adalah adannya e-Pedal. Fitur e-Pedal memiliki fungsi yang memungkinkan pengemudi berakselerasi dan deselerasi hanya dengan satu pedal. Sistem kerjanya hanya tekan pedal  untuk melaju dan mengangkat kaki dari pedal ketika ingin mengurangi kecepatan.

Jadi dengan e-Pedal, kamu tidak perlu lagi menginjak rem. Alhasil kaki jadi lebih rileks, karena tidak berpindah-pindah pedal.

5. Pilihan Warna Two Tone

Hal menarik lain yang jadi kelebihan Nissan Leaf adalah pilihan warna bodi. Nissan memberi opsi two tone yang membuat warna atap dan bodi berbeda. Disebut sebagai keunggulan, karena Hyundai Ioniq serta Kona tidak memilikinya.

Nissan Leaf two tone tersedia dalam lima opsi: white pearl with black roof, white pearl with blue roof, black star with grey roof, night blue with black roof, dan radiant red with black roof. Sementara untuk pilihan one tone: white pearl, blade silver, gun metallic, black star, night blue, dan radiant red,

Demikian ulasan terkait kelebihan Nissan Leaf. Simak terus Moladin.com untuk update terbaru konten berita otomotif.

Terbaru