Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

4 Kelebihan Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023 Dibanding Lawan!

by Tigor Sihombing
kelebihan suzuki grand vitara hybrid

Kali ini Moladin akan membahas soal kelebihan Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023. Mobil ini hadir di tengah pasar SUV ringkas yang gemuk, lawan utamanya adalah Honda HR-V dan Hyundai Creta.

Grand Vitara terbaru memang menarik untuk dipinang, aplagi melihat desainnya yang gagah. Di atas kertas punya dimensi panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm dan tinggi 1.645 mm.

Aura modern terlihat dari bagian lampu-lampu yang sudah mengusung teknologi LED. Lampu utamanya dibuat terpisah antara LED daytime running light (DRL) dan lampu utamanya dengan teknologi LED Projector. Hadir pula gaya pewarnaan eksterior two tone yang sesuai dengan tren mobil masa kini.

Bicara kelebihan Suzuki Grand Vitara tentu tidak lepas dari harganya yang terjangkau di kisaran Rp 300 jutaan. Ingin tahu keunggulan lain dari mobil ini? Berikut ulasan lengkapnya sambil membandingkan dengan kompetitor seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta:

1. Ground Clearence Tinggi

Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023

Ground clearance Vitara Hybrid mencapai 210 mm

Kelebihan Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023 yang pertama adalah ground clearance tinggi. Mobil SUV ini punya jarak terendah ke tanah 210 mm. Dengan demikian, pengemudi tidak perlu takut bodi bawahnya bersinggungan dengan jalan ketika melewati jalan bergelombang.

Baca juga  Suzuki Karimun Wagon R Terbaru, 1.200 cc dan 7-Seater?

Alhasil berkendara di mana pun terasa nyaman baik sebagai pengemudi maupun penumpang. Ditambah lagi bantingan suspensi dari Vitara Gen-4 ini begitu empuk.

Ground clearance disebut sebagai keunggulan Vitara Hybrid, lantaran para kompetitor punya jarak terendah ke tanah yang lebih pendek. Ambil contoh Hyundai Creta yang punya ground clearance 200 mm. Kemudian Honda HR-V bahkan di bawah 200 mm.

2. Paling Irit BBM

kelebihan Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023

Konsumsi BBM Suzuki Grand Vitara Hybrid paling irit

Kelebihan Suzuki Grand Vitara 2023 selanjutnya adalah konsumsi BBM irit. Hal ini lantaran mobil disokong mesin Mild Hybrid 1.500 cc berkode K15C dengan teknologi Dual Jet. Di atas kertas, mesin itu mampu mengeluarkan tenaga yang tidak terlalu besar dan disalurkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan ke penggerak roda depan.

Hanya saja ternyata mesin ini berfek ke konsumsi BBM Suzuki Grand Vitara Hybrid yang irit. Tim Moladin pernah melakukan tes, SUV tersebut mampu menghemat bensin 15,4 km/liter untuk kondisi lalu lintas normal stop and go dalam kota, serta 19,8 km/liter untuk kondisi jalan di tol.

Baca juga  Test Drive Honda BR-V Terbaru, Mobil Keluarga Canggih

Hasil ini lebih irit dibanding Huundai Creta yang mana konsumsi BBM dalam kota mencapai 13,2 km/liter dan 18,7 km/liter di tol. Sedangka pada Honda HR-V dalam kota 12,6 km/liter dan di tol 18 km/liter.

3. Bukaan Panoramic Sunroof Sangat Besar

kelebihan Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023

Panoramic Sunroof Suzuki Grand Vitara

Jika ingin membeli SUV ringkas tapi berkesan mahal dan mewah, maka Suzuki Grand Vitara 2023 bisa kamu pilih. Salah satu yang membuat aura berkelas di mobil ini adalah kehadiran panoramic sunroof yang bisa terbuka besar hingga baris belakang. Jadi yang terbuka bukan cuma kaca depannya, tapi juga yang belakang.

Sebagai informasi, untuk saat ini hampir semua SUV kelas mengengah memiliki kaca di atap yang juga tidak kalah luasnya seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta. Hanya saja panoramic roof HR-V tidak bisa dibuka sama sekali. Sementara di Creta, hanya kaca depannya yang bisa dibuka, kaca belakangnya tidak. 

4. Harga Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023 Terjangkau

kelebihan Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023

Suzuki serahkan 26 unit Grand Vitara ke konsumen

Dan salah satu yang paling istimewa, kelebihan Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023 adalah soal harga yang jauh lebih murah di banding Honda HR-V. Sebagai gambaran, mobil SUV ini dijual mulai harga Rp 359,4 juta untuk varian GL, Rp 387,4 juta varian GX, dan Rp 387,4 juta varian GX Two Tone.

Baca juga  Booking Fee Toyota Raize, Cukup Rp 5 juta

Harga tertinggi dari Suzuki Grand Vitara Hybrid tidak beda jauh dari harga Honda HR-V varian terbawah atau model S CVT yang dijual Rp 375,5 juta. Sedangkan harga tertinggi HR-V bermesin 1.500 cc tanpa turbo adalah varian SE CVT yang dijual Rp 416,1 juta. Sementara Hyundai Creta varian tertinggi atau Prime IVT dijual 408,3 juta.

Demikian ulasan terkait kelebihan Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika