Friday, December 9, 2022
Banner

5 Spesifikasi Suzuki Grand Vitara, SUV AWD Rp 300 Jutaan!

by Baghendra Lodra
spesifikasi suzuki grand vitara offroad

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara resmi diumumkan saat peluncurannya secara global pada Kamis (26/9/2022). Harga mobil SUV ini termahal Rs. 19.65 lakh atau setara Rp 364 jutaan.

Walau di negeri Bollywood, tapi bukan tidak mungkin Vitara terbaru ini bakal dijual pula di Indonesia. Terlebih Suzuki Indonesia memang rajin mengimpor mobil-mobil dari India.

Intinya Grand Vitara 2022 adalah mobil yang benar-benar layak masuk pasar otomotif Tanah Air. Dari segi eksterior, tampilannya sangat istimewa dengan aura gagah khas SUV.

Kemudian masuk interior, Suzuki memberinya banyak sekali fitur modern. Sebut saja panoramic sunroof, wireless charger, ambient lighting, hingga ventilated seats. Bahkan untuk membuktikan ini adalah SUV tulen, Grand Vitara memiliki fitur Suzuki AllGrip alias all wheel drive.

Bicara mesin, tersedia dua opsi untuk Grand Vitara terbaru yaitu intelligent electric hybrid dan smart hybrid. Keduanya pakai mesin berkubikasi 1.500 cc yang dikombinasikan dengan teknologi hibrida berbasis baterai.

Mau tahu lebih detail soal spesifikasi Suzuki Grand Vitara terbaru? Berikut bahasan lengkapnya:

Baca juga  Test Drive Hyundai Santa Fe Diesel, Bertenaga Tapi Irit!

moladin tampil baru blog banner

1. Eksterior Gagah Khas SUV Ringkas

spesifikasi suzuki grand vitara terbaru

Vitara terbaru memiliki dimensi yang serupa dengan Hyundai Creta dan Honda HR-V

Bahasan spesifikasi Suzuki Grand Vitara yang pertama adalah soal eksterior. Mobil ini punya aura khas SUV yang tampak dari penggunaan pelek gagah ukuran 17 inci, mirip kepunyaan Suzuki XL7. Lalu di atapnya ada roof rail. Bodinya pun terlihat berotot.

Kemudian selain gagah, aura modern juga tampak jelas di Vitara terbaru. Salah satunya lewat penggunaan lampu depan yang letaknya agak ke bawah. Sementara di atas dekat kap mesin ada lampu posisi.

Bicara dimensi, Suzuki Grand Vitara 2022 berada di kelas SUV ringkas yang sejajar dengan Hyundai Creta dan Honda HR-V. Di atas kertas memiliki panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.645 mm.

  • Dimensi (PxLxT): 4.345 mm x 1.795 mm x 1.645 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 2.600 mm
  • Ukuran Ban: 215/60 R17

2. Interior Modern

spesifikasi suzuki grand vitara - interior

Fitur yang ada di Vitara terbaru mulai dari panoramic sunroof hingga wireless charger

Pembahasan spesifikasi Suzuki Grand Vitara selanjutnya adalah interior. Kabinnya muat 5-orang dengan dua baris bangku, seklias biasa saja tapi ternyata penuh fitur kenyamanan. Ada Auto AC, ventilated seat yang membuat punggung dan bokong kamu tetap sejuk di segala kondisi.

Baca juga  Mobil Pertama Huawei Seres SF5 Muncul, Masih Hybrid

Lalu soal fitur modern, tidak perlu diragukan. Suzuki memberi Vitara terbaru dengan wireless charger, head up display, ambient light, hingga panoramic sunroof. Kemudian yang tidak kalah menarik ada head unit 9 inci yang bisa terhubung smartphone, digital MID, serta head up display. Hadir pula cruise control dan paddle shift.

Soal keselamatan, Suzuki memberikan Grand Vitara 6 airbags, tyre pressure monitoring system (TPMS), kamera 360, serta hill descent control dan hill hold assist.

3. Mesin Hybrid yang Istimewa

spesifikasi suzuki grand vitara - silver

Suzuki Grand Vitara memiliki opsi Intelligent Electric Hybrid yang bisa dioperasikan dalam model full EV

Mesin Suzuki Grand Vitara memiliki dua opsi: smart hybrid dan intelligent electric hybrid. Khusus smart hybrid, teknologinya persis kepunyaan Ertiga Hybrid di Indonesia. Di atas kertas pakai mesin bensin 1.462 cc yang dikombinasikan baterai lithium kecil 12V-6Ah.

Nah yang menarik adalah penggunaan mesin intelligent electric hybrid atau hybrid tulen. Jantung mekanisnya pakai kombinasi mesin bensin 1.490 cc dengan motor listrik yang berperforma mantap.

Khusus mesin bensinnya, bisa mengeluarkan torsi puncak 122 Nm pada 4.400 – 4.800 rpm dan tenaga 92 PS pada 5.500 rpm. Sementara motor listriknya sanggup memuntahkan torsi 141 Nm dan tenaga 80 PS.

Tidak hanya performa mantap, spesifikasi Suzuki Grand Vitara untuk mesin intelligent electric hybrid juga membuat BBM jadi irit. Dikalim bisa membawa mobil melaju hingga 1.200 Km dengan kondisi tangki penuh bensin. Konsumsi BBM rata-ratanya diklaim sekitar 27,97 Km/liter.

Mesin intelligent electric hybrid juga memungkinkan pengemudi berkendara dengan mode full electric (EV). Alhasil mobil jadi sangat senyap dan torsi instan bisa didapat.

Kalau masuk Indonesia, mesin hybrid ini tentu jadi keunggulan. Pasalnya kompetitor seperti Hyundai Creta dan Honda HR-V belum ada yang dilengkapi teknologi serupa.

4. Penggerak All Wheel Drive

spesifikasi suzuki grand vitara - awd allgrip

Kemampuan offroad Grand Vitara 2022 tidak perlu diragukan, karena punya teknologi Suzuki Allgrip

Hal menarik lain dari SUV ini adalah kehadiran Suzuki Allgrip alias all wheel drive. Alhasil Grand Vitara terbaru memiliki kemampuan offroad yang cukup mumpuni.

Tersedia beberapa mode di sistem penggerak Allgrip miliknya, seperti Auto yang bisa otomatis berganti dari 2WD ke 4WD dan sebaliknya tergantung kondisi jalan. Ada pula sport mode untuk berkendara dengan performa terbaik di jalan aspal. Kemudian snow mode untuk melewati jalan licin, termasuk salju. Terakhir adalah lock mode khusus jalan offroad, yang mengalokasikan tenaga ke roda belakang terlebih dulu, serta torsi keempat roda secara merata.

Di Suzuki Grand Vitara terbaru, sistem Allgrip cuma hadir di varian Smart Hybrid Alpha dengan transmisi manual. Kalau di India, harganya Rs. 17.05 lakh atau setara Rp 316 juta.

5. Suzuki Connect

spesifikasi suzuki grand vitara - suzuki connect

Fitur Suzuki Connect mirip dengan Hyundai Bluelink di Creta

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara semakin istimewa dengan kehadiran fitur Suzuki Connect. Pada dasarnya, ini mirip dengan Toyota T-Intouch dan Hyundai Bluelink yang menggunakan solusi telematik untuk mengintegrasikan mobil dengan smartphone.

Alhasil dari ponsel pintar, kamu bisa mengetahui dan mengatur berbagai fitur di Grand Vitara terbaru. Ambil contoh buka kunci pintu, cari mobil di tempat parkir, hingga mati dan nyalakan AC. Bahkan Suzuki Connect ini bisa pula terhubung smartwatch.

Itulah tadi bahasan Suzuki Grand Vitara terbaru. Bagaimana menurut kamu SUV hybrid ini kalau masuk kei Indonesia? Apakah bisa bersaing dengan Hyundai Creta dan Honda HR-V? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika