Rabu, April 24, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Review, Harga, dan Spesifikasi Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023!

by Baghendra Lodra
biaya servis berkala Suzuki Grand Vitara Hybrid

Lewat artikel ini akan kami beberkan review, harga, dan spesifikasi Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023 secara lengkap. Dalam membahasnya supaya objektif, kami sertakan data-data hasil test drive independen yang dilakukan oleh tim Moladin.

Bicara Grand Vitara Hybrid, mobil ini resmi meluncur di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Mobil SUV ini hadir dengan mesin smart hybrid, serta banderol yang menarik di kelas SUV ringkas yaitu di bawah Rp 400 juta.

Kehadiran Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023, sekaligus menjadi tantang buat Hyundai Creta dan Honda HR-V yang berada di kelas serupa. Di pasar Indonesia, mobil ini memiliki dua varian: GX dan GL. Perbedaannya varian GX dijual dengan harga lebih mahal dan fitur lebih lengkap. Sementara varian GL lebih murah, tapi fiturnya banyak disunat.

Dalam review Suzuki Grand Vitara Hybrid, kami melakukan banyak pengujian mulai dari drag race, akselerasi 0-100 km/jam, hingga keiritan konsumsi BBM. Tes kenyamanan interior SUV produksi India ini juga dilakoni untuk bisa memberi gambaran komprehensi ke pembaca yang ingin melakukan pembelian.

Mau tahu lebih detail soal review, harga, dan spesifikasi Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023? Berikut bahasan lengkapnya:

moladin tampil baru blog banner

Eksterior Gagah Khas SUV Ringkas

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023

Suzuki Grand Vitara Hybrid

Bahasan spesifikasi Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023 yang pertama adalah soal eksterior. Mobil ini punya aura khas SUV yang tampak dari penggunaan pelek gagah ukuran 17 inci dengan desain two tone untuk varian GX, mirip kepunyaan Suzuki XL7. Sementara di varian GL pakai velg one tone silver. Sementara ukuran ban tidak beda 215/60 R17.

Lalu untuk Grand Vitara GX, di atapnya ada roof rail. Ini juga yang jadi pembeda dibanding varian GL. Walau demikian, kedua varian ini sama-sama punya aura gagah dan modern. Salah satunya lewat penggunaan lampu depan yang letaknya agak ke bawah. Sementara di atas dekat kap mesin ada lampu posisi.

Bicara dimensi, Suzuki Grand Vitara 2022 berada di kelas SUV ringkas yang sejajar dengan Hyundai Creta dan Honda HR-V. Di atas kertas memiliki panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 1.645 mm.

  • Dimensi (PxLxT): 4.345 mm x 1.795 mm x 1.645 mm
  • Jarak Sumbu Roda: 2.600 mm
  • Ukuran Ban: 215/60 R17
  • Ground Clearance: 210 mm

Ada Varian Grand Vitara Hybrid GX dan GL

Suzuki grand vitara hybrid 2023 - interior

Jok Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023 varian GX sudah pakai kulit

Vitara Hybrid hadir untuk konsumen Indonesia dengan dua varian: GX dan GL. Khusu varian GX memiliki tampilan eksterior yang lebih mewah, seperti penggunaan velg two tone hingga warna bodi two tone: Pearl Splendid Silver + Black dan Pearl Arctic White + Black. 

Baca juga  Harga Wuling Almaz Hybrid Bikin Kaget, Murah Banget!

Sementara Spesifikasi Suzuki Grand Vitara Hybrid 2022 varian GL lebih sederhana. Kalau melihat eksteriornya, sangat sederhana. Velg masih menggunakan warna silver, serta bodi warna monotone. Pilihan warnanya ada 3 untuk varian GL, yaitu Pearl Midnight Black, Pearl Grandeur Grey, dan Pearl Arctic White yang juga dipunya varian GX.

Kekurangan lain dari varian GL, fitur-fiturnya lebih sederhana. Hanya saja memang dari sisi harga lebih terjangkau.

Interior Nyaman

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023 - dashboard

Interior lebih modern

Pembahasan spesifikasi Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023 selanjutnya adalah interior. Kabinnya muat 5-orang dengan dua baris bangku. Di belakang tersedia tiga head rest yang bisa membuat penumpang merasa semakin nyaman. Joknya juga sudah dibalut kulit untuk varian GX. Sementara varian GL masih dibalut kain.

Kemudian pengaturan setir sudah tilt & teleskopik. Ada pula panoramic sunroof di varian GX untuk membuat susana kabin semakin lega. Menariknya sunroof milik Grand Vitara sangatlah besar, bisa dibuka dan bukaannya juga luas. Ini tentu jadi salah satu kelebihannya. Bicara soal warna interiornya, memiliki dua kombinasi. Jok hitam dan bagian langit-langit abu-abu cerah.

Duduk di jok belakang, terasa cukup nyaman dengan legroom dan headroom cukup untuk pemilik tinggi 168 cm. Suzuki juga memberi tiga head rest. Kalau jok tengah baris kedua tidak dipakai, ada handrest portable yang bisa digunakan untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

Fitur-fitur di belakang yang bisa meningkatkan kenyamanan penumpang antara lain ada 2 UBS charger untuk isi daya baterai smartphone. Hadir pula kisi-kisi AC untuk membuat kabin terasa sejuk.

Lalu saat kami review Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023, terasa sekali bantingan suspensinya empuk ketika diajak berkendara. Tentulah ini bisa meningkatkan kenyamanan baik pengemudi dan penumpang saat di perjalanan.

Walau demikian, kekurangan dari Grand Vitara adalah ketika diajak bermanuver dalam kecepatan terasa limbung dengan body roll 3,8 derajat. Dengan kata lain, mobil SUV Suzuki ini paling limbung dibanding para kompetitor seperti HR-V 2,0 derajat dan Creta 2,4 derajat.

Bagasi Suzuki Grand Vitara Cukup Sempit

bagasi suzuki grand vitara hybrid 2023

Bagasi Suzuki Grand Vitara

Review Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023 selanjutnya adalah luas bagasi. Mobil ini ternyata punya tempat untuk meletakkan barang yang tidak terlalu luas di bagian belakang. Ketika kami ukur, ternyata SUV merek India tersebut punya panjang bagasi 80 cm, lebar 103 cm, dan tinggi 42 cm. Dengan kata lain, luas bagasinya 346 liter.

Baca juga  5 Kekurangan Suzuki Karimun Wagon R, Awas Salah Pilih

Jika dibanding dengan kompetitor, Grand Vitara Hybrid punya bagasi yang jauh lebih kecil. Tidak percaya? Dalam pengujian terpisah, kami pernah menghitung luas bagasi Honda HR-V yaitu 421,2 liter. Sementara Hyundai Creta 478,5 liter.

Bila mau menambah luas bagasi Suzuki Grand Vitara, kamu bisa melipat jok baris keduanya dengan konfigurasi 40:60. Hanya saja joknya tidak bisa dilipat sampai benar-benar rata lantai. Ada sedikit tanjakan yang tentunya membuat ruang bagasi tambahan tersebut jadi tidak terlalu luas.

Fitur Modern 

Suzuki Grand Vitara siap meluncur di IIMS 2023

Fitur yang ada di Grand Vitara Hybrid terbaru mulai dari panoramic sunroof hingga wireless charger, khusunya varian GX

Kelebihan lain dari spesifikasi Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023 adalah punya fitur modern. Ada Auto AC, ventilated seat yang membuat punggung dan bokong kamu tetap sejuk di segala kondisi.

Lalu Suzuki juga memberi Vitara terbaru ini banyak fitur lain khusunya varian GX. Ada wireless charger, head up display, ambient light, hingga panoramic sunroof. Kemudian yang tidak kalah menarik ada head unit 9 inci yang bisa terhubung smartphone, digital MID, serta head up display. Hadir pula cruise control dan paddle shift, serta Auto Dimming Mirror.

Soal keselamatan, Suzuki memberikan Grand Vitara 6 airbags, tyre pressure monitoring system (TPMS), kamera 360, serta hill descent control dan hill hold assist. Hanya saja yang disayangkan, SUV ini tidak memiliki fitur keselamatan modern seperti Hyundai Creta yang punya Hyundai Smartsense dan Honda HR-V dengan Honda Sensing.

Performa Mesin Mild Hybrid untuk Grand Vitara 2023, Konsumsi BBM Irit

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara hybrid 2023 - mesin

Mengadopsi mesin berteknologi SHVS

Sebagai city cruiser masa kini, Grand Vitara dibekali dengan mesin 1.500 cc berkode K15C Dual Jet yang ramah lingkungan serta efisien. Hal tersebut ditunjang dengan penggunaan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan sekaligus menekan emisi gas buang dengan lebih baik.

Performa yang dihasilkan dari mesin tersebut diklaim sebesar 103,06 PS/6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm/4.400 rpm disalurkan melalui melalui transmisi otomatis 6-percepatan yang juga dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi. Teknologi SHVS mengusung penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery yang akan mengoptimalkan kinerja mesin K15C Dual Jet tersebut.

Baca juga  Konsumsi BBM Daihatsu Rocky, Versi 1.200 cc Paling Irit

Dalam review Suzuki Grand Vitara Hybrid, kami melakukan uji konsumsi BBM. Di dalam kota, mobil ini bisa menghemat bensin yang sangat baik yaitu 15,4 km/liter. Sementara untuk keiritan BBM luar kota 19,8 km/liter. Catatan irit yang sangat istimewa bila dibanding kompetitor seperti Honda HR-V dan Hyundai Creta

Sebagai gambaran Honda HR-V cuma bisa menghemat BBM 12,6 km/liter dan Creta 13,2 km/liter untuk di dalam kota. Bila di jalan tol angkanya adalah 18,0 km/liter untuk HR-V dan 18,7 km/liter buat Creta.

Tes Akselerasi 0-100 Km/jam

review suzuki grand vitara hybrid 2023 - tes akselerasi

Akselerasi Suzuki Grand Vitara cukup lambat dibanding HR-V dan Creta

Review Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023 untuk mesin, kami lakukan pengujian tes akselerasi 0-100 Km/jam. Ternyata mobil SUV ini cuma mampu membukukan catatan 14,7 detik. Waktu yang sangat lambat bila dibanding kompetitor seperti Hyundai Creta 11,6 detik dan Honda HR-V 13,5 detik.

Lalu untuk catatan drag race 0-201 meter, Grand Vitara Hybrid lumayan cepat dibanding para kompetitor dengan catatan 12,4 detik. Bandingkan dengan Honda HR-V yang cuma bisa melaju 12,7 detik. Sementara Hyundai Creta konsisten jadi yang tercepat dengan 11,7 detik.

Alasan Suzuki Grand Vitara Hybrid unggul dari HR-V di drag race, tapi kalah di tes akselerasi, lantaran mobil ini punya tarikan cukup oke di awal. Hanya saja setelahnya mulai terasa lambat.

Kemudian ketika melakukan uji menanjak, SUV Suzuki ini juga sukses melibas tanjakan Moladin dengan baik. Pengetesan tersebut dilakukan dengan 5-orang atau kondisi kabin penuh penumpang.

Harga Suzuki Vitara Hybrid

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara hybrid 2023 - tampak depan

Untuk varian GX, tersedia pilihan dual tone

Setelah tahu review dan spesifikasi  Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023, bagaimana dengan harganya? Mobil ini terbilang cukup terjangkau dengan banderol mulai Rp 359,4 juta (OTR Jakarta) untuk varian GL. Sementara yang termahal adalah GX Two Tone Rp 387,4 juta (OTR Jakarta).

Berikut daftar harga Grand Vitara Hybrid di Indonesia:

  • Grand Vitara GL Rp 359,4 juta
  • Grand Vitara GX Rp 387,4 juta
  • Grand Vitara GX Two Tone Rp 387,4 juta

Jika melihat banderol tersebut, maka cukup terjangkau dibanding para kompetitor. Apalagi bila melihat Honda HR-V E CVT atau varian tertinggi Rp 416,1 juta (OTR Jakarta). Sementara Hyundai Creta Prime iVT Rp 408,3 juta (OTR Jakarta).

Itulah tadi bahasan harga dan spesifikasi Suzuki Grand Vitara 2023 terbaru. Bagaimana menurut kamu SUV hybrid ini, apakah bisa bersaing dengan Hyundai Creta dan Honda HR-V? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Ditulis ulang oleh: Firdaus Ali

banner bawah

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika