by

Penjualan Mobil Suzuki 2020 Ditopang Ambulans

Penjualan Mobil Suzuki 2020 – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) membukukan penjualan yang cukup positif. Aneh memang, apalagi di tengah pasar otomotif yang terjun bebas diterpa pandemi virus korona (Covid-19).

Suzuki Indonesia mencatat, market share mobil Suzuki year on year mengalami pertumbuhan dari 9,3 persen di tahun 2019, menjadi 11,5 persen di tahun 2020 pada periode Januari-April.

Tingginya penjualan Suzuki tak lepas dari kontribusi besar di segmen pikap mereka yang mencapai 50 persen, dilanjutkan produk MPV, SUV, city car dan hatchback.

Masa pandemi saat ini, MPV semi bonnet Suzuki yakni APV turut berkontribusi besar. Lantaran mobil ini banyak dijadikan armada ambulans.

Carry karoseri pun turut berkontribusi menopang penjualan mobil Suzuki 2020 di kuartal pertama. Di mana permintaan Suzuki Carry Karoseri cukup tinggi sebagai armada Jak Lingko, yang tahun ini memasuki tahun peremajaan.

Harold Donnel, selaku Head of 4W Brand Development and Marketing Research PT SIS memaparkan, penjualan Suzuki di tahun ini cukup unik, yang justru mengalami pertumbuhan.

“Penjualan mobil pikap masih stabil, meski dari Januari-April mengalami penurunan secara nasional dari 18 persen menjadi 10 persen, tapi market share kami naik dari 39 persen jadi 59 persen. Di sini Suzuki berhasil melakukan strategi dengan berbagai program diskon,” ungkap Harold.

Baca juga  5 Perbedaan Suzuki Ignis Baru Vs Lama, Wajib Tahu

APV Ambulans dan Carry Karoseri Topang Penjualan Mobil Suzuki 2020

Suzuki APV Ambulans topang penjualan mobil Suzuki di 2020
APV Ambulans topang penjualan mobil Suzuki di 2020

Torehan penjualan Suzuki APV minibus dan Carry karoseri mengalami pertumbuhan sebesar 2 persen hingga 3 persen. Capaian itu turut mendongkrak penjualan Suzuki secara total dari 12 persen menjadi 30 persen.

Adapun Suzuki APV untuk ambulans, secara mengejutkan berkontribusi 70 persen. Sementara Suzuki Carry karoseri untuk Jak Lingko berkontribusi sebesar 30 persen.

“Penjualan angkot juga naik di Jabodetabek. Itu karena adanya program peremajaan Jak Lingko,” imbuh Harold.

Produk lain yang turut berkontribusi terhadap penjualan mobil Suzuki 2020 khususnya awal tahun ini adalah SUV terbaru mereka, yakni Suzuki XL7, yang mampu meraih market share sebesar 7 persen di segmen SUV.

Sementara untuk produk hatchback Suzuki, yakni Baleno, sepanjang Januari – April mampu berkontribusi sebesar 3 persen.

Lebih lanjut Harold juga menegaskan, kunci penjualan Suzuki bisa survive di tengah pandemi virus korona. Tak Lepas dari dukungan 340 outlet mereka yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dealer-dealer Suzuki yang tidak terkena PSBB atau wilayah yang tidak terjangkit virus nyatanya mampu berkontribusi mendukung penjualan. Hal ini mengingat, hampir 60 persen dealer Suzuki harus tutup sementara, untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Baca juga  Karimun Wagon R 7-Seater, Siap Hadang Calya-Sigra?

“Di sisi lain dealer Suzuki di kota yang tak terkena dampak pandemi mampu menopang penjualan Suzuki,” imbuh Harold.

Melihat Lebih Dekat Suzuki APV Ambulans Dalam Menunjang Tenaga Medis

Fasilitas yang tersedia di APV Ambulans
Fasilitas medis yang tersedia di APV Ambulans

Dari total penjualan mobil Suzuki 2020 di kuartal I tahun 2020, APV menyumbang cukup besar sebanyak 1.399 unit. Menariknya 74% di antaranya disumbang oleh penjualan APV ambulans atau sebanyak 1.038 unit. Sangat banyak!

Permintaan APV ambulans tersebut didominasi sektor pemerintahan yaitu sebesar 88% (April 2020). Sektor pemerintahan seperti Dinas Kesehatan, Dana Desa, Pemerintah Daerah, Rumah Sakit Daerah mayoritas membeli Suzuki APV untuk dijadikan ambulans.

Sementara di sektor lainnya, Suzuki APV digunakan sebagai ambulans untuk kegiatan CSR (Customer Social Responsibility Program) pada beberapa perusahaan, kendaraan ekspedisi, sewa mobil, dan ambulans untuk rumah sakit swasta.

Tentunya Suzuki APV ambulans ini juga sejalan dengan Komitmen Higenis Suzuki yang diterapkan perusahaan sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19.

Permintaan yang tinggi terhadap Suzuki APV sebagai ambulans di saat pandemi ini tentu bukan tanpa alasan. Mengingat mobil ini punya dimensi yang mumpuni untuk menopang kebutuhan medis.

Baca juga  Mau Beli Suzuki Ignis Bekas? Ini Harga Lengkapnya!

Kepercayaan pelanggan untuk menggunakan APV sebagai ambulans didukung oleh fitur-fitur yang terdapat pada mobil tersebut, seperti Covid Stretcher, LED Strobo, Vynil Floor, Doctor Seat, Medical Cabinet, Regulator Oxygen.

Selain itu, ada sejumlah penyesuaian spesifikasi perlengkapan medis lainnya yang menjadikan Suzuki APV sebagai kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan dalam menangani kondisi di bidang kesehatan saat ini.

Program Penjualan Mobil Suzuki 2020

Suzuki XL7 Indonesia

Tak hanya itu, penjualan mobil Suzuki 2020 juga didukung oleh sistem baru. Sebut saja proses pemasaran dan promosi diubah dari konvensional menjadi sistem digital. Suzuki juga menawarkan sederet program penjualan dan program aftersales untuk menstimulus pasar yang lesu. Di antaranya program Gift Year Festival.

Dalam program penjualan mobil Suzuki 2020 ini konsumen bisa mendapatkan hadiah sepeda motor dan berbagai gadget terkini. Tak hanya itu, Suzuki yang bekerja sama dengan leasing untuk pembiayaan juga menyediakan program DP ringan, angsuran Rp 3 jutaan, dan bunga rendah.

Tertarik untuk memiliki salah satu mobil Suzuki?

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

Terbaru