Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Kelebihan Toyota bZ4X, Bukan Cuma Jarak Tempuh 500 Km!

by Tigor Sihombing
Review Toyota bZ4X

Ada beberapa kelebihan Toyota bZ4X yang bisa dijadikan bahan pertimbangan, jika kamu ingin meminang mobil listrik ini. Hal tersebut penting, lantaran harganya tidaklah murah, tembus Rp 1,19 miliar (OTR Jakarta).

Banderol tersebut dikatakan mahal dan jadi kekurangan bZ4X, lantaran kompetitor yaitu Hyundai Ioniq 5 cuma dijual Rp 859 juta (OTR Jakarta). Jadi ada gap Rp 300 jutaan. Pertanyaaanya, apa yang diberikan oleh Toyota untuk kompensasi harga bZ4X yang tinggi?

Dari hasil riset kami dan test drive langsung dengannya, setidaknya ada 5 kelebihan Toyota bZ4X. Pembandingnya adalah mobil-mobil pabrikan berlogo T lain, serta kami ikut sertakan pula Hyundai Ioniq 5 selaku rival terdekat.

Keunggulan mobil listrik Toyota dengan rangka e-TNGA ini antara lain punya jarak tempuh jauh hingga 500 Km, ground clearance tinggi 210 mm, hingga memiliki fitur parkir otomatis (advanced park). Tidak cuma itu, bZ4X juga memiliki head unit layar sentuh terbesar dibanding seluruh lini produk Toyota di Indonesia yaitu 12,3 inch. Ditambah lagi fitur Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang canggih, serta T-intouch.

Ingin tahu lebih lengkap soal 5 kelebihan Toyota bZ4X? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Layar Multimedia bZ4X Terbesar Dibanding Mobil Toyota Lain

Kelebihan Toyota bz4X - head unit besar

Toyota bZ4X punya head unit layar sentuh ukuran 12,3 Inch

Toyota bz4X juga didukung dengan layar multimedia infotainment berukuran 12,3 inci. Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan untuk saat ini penggunaan layar multimedia berukuran tersebut adalah yang terbesar di mobil Toyota.

Layar besar itu juga dibekali teknologi Toyota Audio Multimedia with Human Machine Interface (HMI). HMI sendiri merupakan platform infotainment baru yang dirancang oleh Toyota mendukung Apple CarPlay dan Android Auto agar bekerja lebih baik. Caranya dengan menekankan proses sensorik utama seperti penglihatan, sentuhan, dan suara. HMI juga memiliki kelebihan lebih cepat 5 kali untuk pemrosesan, pengguna juga bisa mengoprasikan dengan layar dengan cara sitem cubit untuk zoom.

Baca juga  Toyota Innova Modellista Versi Termewah, Berapa Harganya?

Head unit 12,3 inch milik bZ4X sangat mendominasi bagian dashboard,  sehingga mudah dipantau namun tidak menghalangi pandangan ke depan berkat penempatan yang pas. Layar besar tersebut juga memiliki menu navigasi disertai fitur
konektivitas ke smartphone. Buat mendukung kenyamanan saat mendengar musik, Toyota bZ4X mempunyai 9-speaker JBL.

2. Fitur Advance Park

kelebihan toyota bz4x - parkir otomatis

Fitur parkir otomatis ini belum dipunya oleh Hyundai Ioniq 5 selaku kompetitor Toyota bZ4X

Kelebihan Toyota bz4X berikutnya adalah adanya fitur Advance Park. Fitur advanced park ini bisa membuat mobil mencari lahan parkir dan melakukan parkir secara otomatis, baik parkir mundur mau pun parallel.

“Saat berada di parkiran, kita cukup menekan tombol advanced park pada layar sentuh 12,3 inch,” kata Anton saat peluncuran Toyota bz4X di Jakarta, bebearpa waktu lalu.

Setelah itu mobil mencari ruang parkir dengan bantuan sensor sonar parkir. Sensor ini berada di bagian fender depan belakang dan kanan kiri mobil. Ada juga kamera dan sensor di bagian bawah kaca spion untuk membantu fitur ini bekerja.

“Fitur advanced park ini bisa bekerja kalau beberapa kondisi terpenuhi yakni kecepatan mobil berada di bawah 10 km/jam, pedal gas dilepas dan menginjak pedal rem serta seatbelt dalam kedaan terpasang,” kata Anton.

Setelah mobil mendeteksi adanya lahan parkir, cukup dengan menekan tombol parkir otomatis di konsol tengah dan memilih posisi parkir yang diinginkan dan menekan tulisan start, maka mobil akan bergerak sendiri untuk parkir. Mengandalkan seluruh sensor sonar parkir yang ada di mobil, Toyota bz4X akan mengendalikan setir, pedal gas serta rem dan pilihan transmisi dengan otomatis.

Baca juga  Per yang Cocok untuk Avanza, Pakai Punya BMW atau Volvo

“Kita cukup mengawasi saja sampai benar-benar mobil itu berhenti dan sistem memberitahukan bahwa parkir otomatis selesai.”

Fitur advanced park ini disebut sebagai kelebihan Toyota bZ4X, lantaran kompetitor yaitu Hyundai Ioniq 5 belum memilikinya.

3. Baterai Toyota bZ4X Memiliki Jarak Tempuh 500 km

Toyota Bz4x vs Hyundai Ioniq 5

Jarak tempuh Bz4x lebih jauh yaitu 500 km

Kelebihan terakhir Toyota bz4X adalah daya jelajahnya atau jarak tempuhnya yang terbilang jauh. Mobil ini dibekali baterai lithium-ion kapasitas 71,4 kw yang bisa membawa mobil melaju hingga 500 Km.

Jika dibanding kompetitor, kemampuan tersebut sangat istimewa. Cek saja Lexus UX300 yang dipasarkan di Indonesia yakni hanya memiliki jarak tempuh 300 km, Hyundai Ioniq 5 cuma 481 km, dan MINI Electric bahkan hanya 270 km.

Lalu yang menarik, saat kamu membeli Toyota bZ4X dengan harga Rp 1,19 miliar, ada kompensasi pemberian dua station charger: Wall charger dengan kapasitas 7.700 watt dan portable charger dengan daya 3.500 watt.

Sementara untuk waktu pengisian baterainya menggunakan wall charger, bZ4X membutuhkan sekitar 30 menit hingga kondisi baterai mencapai 80 persen. Sementara pengisian penuh menggunakan AC output dengan suplai 230 V/32 A lewat portable charging akan memakan waktu sekitar 9-10 jam.

Toyota bZ4X juga memiliki baterai dengan garansi hingga 8 tahun atau 160 ribu Km. Bila ada kerusakan, tentu konsumen bisa langsung mengklaim garansi tersebut ke bengkel resmi.

4. Toyota Safety Sense 3.0 & T-Intouch

harga toyota bz4x di indonesia

bZ4X lebih safety dengan kehadiran TSS 3.0

Setelah Toyota Voxy, bZ4X adalah mobil kedua pabrikan berlogo T yang pakai teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0. Di dalamnya terintegrasi dengan Pre-Collision System & Pre-Collision Brake Assist yang mengandalkan sensor radar dan kamera monokular untuk mendeteksi keberadaan obyek di depan mobil. Tidak hanya mobil lain yang bisa terdeteksi, tapi juga, pejalan kaki, pesepeda, dan pemotor.

Baca juga  Inilah Sosok Toyota Land Cruiser 70th Anniversary

Ada pula Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), Adaptive High-beam System (AHS) yang sudah mengodpsi 12 lampu LED di depan, hingga Dynamic Radar Cruise Control (DRCC). Sebenarnya kompetitor seperti Hyundai Ioniq 5 juga telah memiliki teknologi keselamatan canggih yang mirip TSS, namanya Hyundai Smart Sense.

Kelebihan Toyota bZ4X yang tidak dipunya Ioniq 5 adalah kehadiran fitur T-Intouch. Ini merupakan teknologi yang menghubungkan pengguna dan mobil dengan berbagai layanan mobilitas Toyota melalui aplikasi smartphone mTOYOTA, seperti Find My Car, Geofencing, E-Care (Maintenance), Trip Driving Update, Road Assistance, dan lain-lain.

5. Ground Clearance bZ4X Cukup Tinggi Mencapai 210 mm

spesifikasi toyota bz4x indonesia - eksterior tampak belakang

Toyota bZ4X punya ground clearance lebih tinggi 50 mm dibanding Hyundai Ioniq 5

Bicara desain eksterior, kelebihan Toyota bZ4X selanjutnya adalah ground clearance. Jarak terendah ke tanah mobil listrik dengan rangka e-TNGA ini mencapai 210 mm. Hal tersebut lebih tinggi dibanding Hyundai Ioniq 5 yang cuma 160 mm. Gapnya sekitar 50 mm.

Ground clearance tinggi berefek ke kepercayaan diri pengemudi ketika melewati jalan bergelombang. Setidaknya, pengemudi jadi tidak takut bodi bawah bZ4X mudah bersinggungan dengan jalan yang tidak rata.

Kemudian keunggulan Toyota bZ4X selanjutnya ada di pilihan warna two tone pada eksteriornya yang punya opsi two tone. Ada two tone black precious metal, two tone black precious silver, dan two tone black platinum white pearl mica. Tersedia pula warna mono tone yaitu black.

Penggunaan warna two tone disebut sebagai keunggulan, lantaran Hyundai Ioniq 5 selaku kompetitor tidak memilikinya. Walau demikian, pabrikan berlogo H memberi mobil listriknya pilihan warna doff atau matte.

Demikian ulasan kelebihan Toyota bZ4X, dengan harga tembus Rp 1,19 miliar apakah kamu tetap mau meminangnya? Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika