oleh

3 Kelebihan Toyota GR Sport Dibanding TRD Sportivo

Apa kelebihan Toyota GR Sport sehingga bisa menggeser varian TRD Sportivo di Indonesia? Buat kamu yang belum tahu, varian tertinggi dari mobil pabrikan berlogo T kini akan mendapat nama GR (Gazoo Racing) Sport.

Kemunculan embel-embel GR Sport di Tanah Air, bermula lewat kelahiran Toyota Raize GR Sport pada Mei 2021. Selanjutnya pada Agustus 2021, barulah secara resmi model ini menggantikan TRD Sportivo. Ditandai dengan kemunculan Veloz GR Limited, Yaris GR Sport, Rush GR Sport, Agya GR Sport, Frotuner GR Sport, dan Rush GR Sport.

“Masyarakat Indonesia memiliki kebutuhan serta ketertarikan yang lebih terhadap model kendaraan sport dan sporty. Untuk itu, hari ini dengan bangga kami hadirkan Toyota Gazoo Racing di Indonesia untuk dapat menjawab kebutuhan mobilitas setiap individu yang berjiwa sporty,” kata Vice President Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

“Secara global toyota sendiri sangat mengembangkan brand ini (Gazoo Racing) dan level brandnya lebih tinggi dibanding TRD, karena brand ini digunakan sebagai official Toyota Racing Team,” beber Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Ingin tahu lebih detail soal kelebihan Toyota GR Sport? Simak bahasan berikut:

1. Banyak Prestasi di Ajang Motorsport Modern

kelebihan toyota gr sport 001
Toyota GR Yaris sukses memenangkan ajang WRC

Baik TRD Sportivo dan GR Sport Sebenarnya punya akar yang kuat di ajang motor sport dunia. Hanya saja untuk dunia balap modern, maka Tim Toyota Gazoo Racing (TGR) lebih mentereng namanya. Tim balap ini sukses menjadi juara di ajang World Endurance Championship (WEC) dan World Rally Championship (WRC).

Baca juga  Review Toyota Yaris Gen 1, Si Bakpao

Buat balapan uji ketahanan atau endurance, Toyota Gazoo Racing memenangkan FIA World Endurance LMP DRIVERS Championship (2018-2019 & 2019-2020) dan FIA World Endurance LMP1 Championship (2018-2019 & 2019-2020). Lalu di ajang rally, tim ini mampu meraih gelar World Rally Championship Constructors’ Champions (2018) dan World Rally Championship Drivers’ Champions (2019 & 2020).

Prestasi lain yang tidak kalah membanggakan Toyota Gazoo Racing menjadi juara di ajang Dakar Rally (2019). Jadi memang Toyota GR Sport hadir dari pengejawantahan berbagai pengalaman Gazoo Racing di dunia balap. Menarik bukan?

Sejarah Toyota Gazoo Racing sendiri dimulai dari 2007, ketika para karyawan Toyota sukarela bergabung dalam tim balap bernama Gazoo Racing untuk mengikuti balap ketahanan Nürburgring 24 Jam di Jerman. Salah satu yang menjadi master driver adalah Akio Toyoda, kini menjabat President of Toyota Motor Corporation (TMC). Walau tidak menang, namun tim itu berhasil menyelesaikan balapan.

“Untuk balapan, kami akan menggunakan merek GR, timnya juga di-support GR Company,” beber Anton.

2. Punya Unit Mobil GR Utuh

kelebihan toyota gr sport
Toyota GR Supra merupakan mobil pengembangan Gazoo Racing baik dari sisi eksterior, interior, dan mesin

Meski TRD Sportivo sudah lama di Tanah Air, namun sampai sekarang belum memiliki produk mobil secara utuh. Dalam artian TRD Sportivo hanya hadir untuk membedakan tampilan varian mobil yang lebih sporty, salah satu caranya lewat penggunaan aksesori di eksterior dan interior.

Baca juga  Review Toyota Great Corolla, Mewah Di Zamannya

Sementara kelebihan Toyota GR Sport adalah memiliki unit mobil utuh. Maksud utuh di sini, bukan hanya tampilan yang sporty. Performa mesin, rasa berkendara, suspensi, hingga transmisi, benar-benar dikembangkan oleh Gazoo Racing.

Ambil contoh, secara global ada mobil GR Yaris, GR Supra, GR 86, dan lain-lain. Bahkan setelah penggunaan model Gazoo Racing secara resmi di Tanah Air, Toyota mengklaim bakal semakin banyak menghadirkan mobil utuh GR ini.

Toyota GR Supra telah meluncur sejak 2020 di Indonesia. Dalam waktu dekat, Toyota GR Yaris juga akan melantai. Kemudian di tahun depan, Toyota juga menjanjikan kemunculan Toyota GR 86 di Negeri Garuda. Menarik bukan?

“GR 86 kita lagi under preparation. Tunggulah,” jelas Anton.

Selain itu, Gazoo Razing juga punya versi sporty secara tampilan layaknya TRD Sportivo. Misalnya yang sudah dipasarkan di Indonesia ada Toyota Raize GR Sport, Veloz GR Limited, Yaris GR Sport, Rush GR Sport, Agya GR Sport, Frotuner GR Sport, dan Rush GR Sport. Ciri khasnya tulisan GR tampil di belakang nama mobil, hal itu menandakan bahwa sporty hanya dirancang secara tampilan.

3. Memiliki komponen GR Performance

toyota camry gr
Di Jepang ada komponen aftermarket Gazoo Racing untuk Toyota Camry

Di samping punya mobil utuh dengan pengembangan langsung dari Gazoo Racing, serta mobil kosmetik yang pakai embel-embel GR Sport. Kelebihan Toyota GR Sport selanjutnya, punya komponen GR Performance selaku produk aftermarket.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Kijang Innova EV yang Hadir di IIMS 2022

Misalnya di Jepang, kita bisa melihat komponen berupa pelek dan damper untuk Camry GR yang dirancang oleh Gazoo Racing. Kelebihan pelek GR tersebut, pakai bahan aluminium yang lebih ringan dibanding pelek standar. Lalu untuk damper, mampu mengurangi getaran serta suara berisik, sekaligus menjaga kestabilan saat Camry melaju dalam kecepatan tinggi.

Contoh lain di Malaysia, Vios GR-S memiliki berbagai komponen khas Gazoo Racing. Mulai dari ECU yang diatur untuk putaran mesin lebih tinggi, mode sport, hingga penggunaan transmisi CVT 10-percepatan. Semua komponen itu dikembangkan langsung oleh Gazoo Racing.

Komponen GR Performance seperti inilah yang dijanjikan oleh Toyota juga akan dibawa ke Indonesia. Bahkan TAM bakal merancang bengkel Gazoo Racing dengan nama GR Garage untuk melakukan tuning performa mobil-mobil Toyota. Pasti pengemar motor sport di Tanah Air, bakal kegirangan jika memang hal tersebut diwujudkan.

“GR sport akan ada item-item performance, tuning performance, suspension performance, akan kita kembangkan terus. Ini kan baru mulai (di Indonesia),” jelas Anton.

Itulah tadi kelebihan Toyota GR Sport di Indonesia dibanding dengan TRD Sportivo. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin.

Terbaru