by

5 Kelebihan Toyota GR Yaris yang Siap Masuk Indonesia

Ada sejumlah kelebihan Toyota GR Yaris yang begitu menarik perhatian pecinta otomotif Indonesia. Mulai dari pengadopsian DNA khas motor sport, mesin turbo, sistem penggerak all wheel drive, hingga bentuknya yang menarik.

Belum lagi jumlah yang dipasarkan kabarnya sangat terbatas, cuma 125 unit. Dengan berbagai keunggulan tersebut, wajar ketika mobil sport seharga hampir Rp 1 miliar ini langsung habis terjual ketika keran pemesanan dibuka.

Lebih gilanya lagi, masyarakat Tanah Air memborongnya sebelum peluncuran resmi dilakukan. Setidaknya itulah yang diungkapkan oleh beberapa tenaga penjual Toyota di Indonesia.

Supaya kamu lebih mengerti soal alasan orang-orang kaya itu membeli mobil bernama Yaris itu layaknya kacang goreng, berikut kami beberkan 5 kelebihan Toyota GR Yaris secara lengkap:

1. Image Gazoo Racing

Toyota GR Yaris 2021
Badge Toyota GR Yaris yang begitu dinanti-nantikan

Sama seperti beberapa brand lain yang memiliki divisi motorsport, sebut saja BMW dengan M Sport dan Mercedes dengan AMG. Toyota melalui Gazoo Racing (GR) lebih dikenal lewat portofolionya di ajang balap. Inilah yang jadi kelebihan Toyota GR Yaris, sehingga menjadi magnet bagi konsumen untuk memboyongnya.

Baca juga  7 Masalah Toyota Rush Bekas yang Sering Dikeluhkan

“Image Gazoo Racing untuk mendevelop mobil bagus karena memiliki divisi motorsport. Dan mereka sudah meluncurkan juga meluncurkan GR Supra dan GR Yaris yang sudah menjuarai kejuaraan dunia sehingga konsumen percaya bahwa ini adalah mobil yang oke,” ujar Anjasara Wahyu, pembalap Toyota Team Indonesia.

2. DNA Motorsport pada GR Yaris

kelebihan Toyota GR Yaris 2021
Toyota GR Yaris hadir dengan banyak perubahan di dalamnya dibanding Yaris biasa. Ini bahkan spesies yang berbeda

Kelebihan Toyota GR Yaris selanjutnya adalah DNA mengalir. Sejatinya ini merupakan mobil reli yang pabrikan asal Jepang gunakan untuk ajang World Rally Championship (WRC). Namun, karena satu dan lain hal, mereka melakukan transfer teknologi dari mobil reli tersebut ke mobil jalan raya.

Selain itu, Toyota GR Yaris juga sudah memiliki homologasi yang mengambil dari ajang balap WRC sehingga membuatnya lebih berpeforma tinggi. Jadi soal rasa berkendara, tidak perlu diragukan lagi.

3. Penggerak GR-AWD (All-Wheel Drive)

Toyota Gazoo Racing 2021
Sistem Penggerak GR FOUR-AWD menjadi salah satu resep istimewa

Sistem penggerak yang diadopsikan ini berbeda dari model Yaris biasa yang beredar di Indonesia. Jika biasanya Toyota Yaris memiliki penggerak depan, untuk yang satu ini dibenamkan teknologi GR-AWD.

Baca juga  5 Kelebihan Toyota Yaris Facelift 2020, Konsumen Wajib Tahu

Pengadopsian sistem penggerak All Wheel Drive ini juga menjadi salah satu kelebihan Toyota GR Yaris. Menurut Anjasara, salah satu efek sistem penggerak AWD untuk penggunaan sehari-hari adalah bisa memberikan tingkat kestabilan dalam berkendara.

Dari sistem penggerak tersebut, Toyota mengklaim bahwa model ini memiliki tiga mode berkendara seperti Normal, Sport dan Track.

4. Mesin 1.6L dengan Turbo Jadi Kelebihan Toyota GR Yaris

Toyota GR Yaris 2021
Mesin G16E-GTS mampu memproduksi tenaga yang mumpuni

Alasan lain yang juga menjadi daya tarik konsumen untuk memboyong Toyota GR Yaris adalah mesin yang diadopsikan. Berdasarkan keterangan resminya, GR Yaris hadir dengan mesin G16E-GTS berkapastias 1.6 liter dengan tambahan turbocharger.

Dari mesin turbo itu, tenaga yang mampu dihasilkan adalah sebesar 261 HP dengan torsi maksimum 370 Nm. Performa tentu jadi kelebihan Toyota GR Yaris. Di atas kertas, kemampuannya seperti mobil sport.

5. Desain Ala Hot Hatchback

kelebihan Toyota GR Yaris 2021
Desain Toyota GR Yaris yang Sporty

Salah satu pesona yang juga tak luput dari perhatian konsumen adalah tampilan GR Yaris. Model yang biasanya dikenal dengan bentuk memanjang, pada model ini hadir dengan bentuk yang ringkas ala sedan buntung alias hatchback.

Baca juga  Kijang Kapsul Bisa Trade-in Toyota Innova Baru, Mau?

Di atas kertas dimensi Toyota GR Yaris hadir dengan panjang 3.995 mm, lebar 1.805 mm dan tinggi 1.460 mm. Sedangkan untuk jarak sumbu rodanya, Toyota GR Yaris dibekali dengan rentang 2.558 mm.

Kemudian penggunaan bodi kit yang aerodinamis, knalpot ganda, serta warna bodi two tone juga jadi kelebihan Toyota GR Yaris. Oleh karenanya, wajar kalau banyak pecinta otomotif yang menyukai mobil ini.

Untuk informasi terbaru seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru