Friday, January 27, 2023
Banner

7 Kelebihan Toyota Innova Zenix Hybrid Dibanding Kompetitor!

by Tigor Sihombing
Kelebihan Toyota Innova Zenix Hybrid

Apa saja kelebihan Toyota Innova Zenix atau Innova Hybrid yang meluncur secara global di Jakarta pada Senin (21/11/2022)? Pertanyaan ini tentu terlontar dari calon konsumen Tanah Air. Pasalnya, Innova Reborn atau model lamanya sudah sangat dicintai oleh masyarakat, terbukti sering masuk jadi jajaran mobil terlaris di Indonesia.

Model ini rencananya juga akan diekspor ke 13 negara tujuan termasuk Thailand, Malaysia dan Filipina. Terkait model Innova Zenix dibekali dengan dua pilihan mesin: 2.000 cc konvensional (Innova Zenix) dan 2.000 cc hybrid (Innova Hybrid).

Untuk model konvensional hanya ada dua varian yakni bensin type G dengan harga Rp 419 juta dan bensi type V dengan banderol Rp 467 juta. Sedangkan Innova versi hybird ada tiga type, yakni G dengan harga Rp 458 juta, V Rp 532 juta, dan Q Rp 611 juta.

Kelebihan Toyota Innova Zenix bisa dilihat dari konsumsi BBM lebih irit, serta kehadiran banyak fitur-fitur modern, seperti panoramic sunroof, Toyota Safety Sense 3.0, buka bagasi dengan perintah suara, dan masih banyak lagi. Mau tahu lebih detail keunggulan dari Toyota Kijang Gen-7 tersebut? Berikut bahasannya:

1. Konsumsi BBM Lebih Irit

kelebihan Toyota Innova Zenix

Mesin Innova Zenix ada pilihan bensin dan hybrid

Toyota Innova Zenix menggunakan 2 konfigurasi mesin: hybrid (M20A-FXS) dan bensin (M20A-FKS ). Di mana keduanya dikawinkan dengan transmisi 10-percepatan CVT. Jadi, kini tidak lagi memiliki varian mesin diesel.

Khusus yang varian bensin, Innova Zenix didukung mesin dengan kode M20A-FKS konvensional berkapasitas 2.000 cc. Jantung mekanis ini sama dengan yang digunakan Toyota Voxy terbaru. Performanya mampu meraih daya maksimum 167 hp pada 6.600 rpm dan torsi puncak 202 Nm pada putaran mesin 4.900 rpm. Untuk konsumsi BBM-nya diklaim 15 km/liter, lebih irit dibanding mesin bensin di Innova model lama atau Innova Reborn.

Selanjutnya, untuk mesin M20A-FXS hybird memiliki kapasitas 2.000 cc Dynamic Force dipadukan dengan baterai Lithium Ion. Mesin ini sama dengan yang digunakan oleh Toyota Prius terbaru yang belum lama diperkenalkan di Jepang. Hasil kombinasi dari mesin dan motor elektriknya tersebut, diklaim mampu menghasilkan tenaga gabungan maksimum 223 hp. Sementara untuk konsumsi BBM-nya diklaim 21 km/liter.

Baca juga  20 Mobil Terlaris Agustus 2022, Stargazer Menyodok!

Kemampuan Innova Hybrid mengirit BBM ini juga lebih baik dibanding mesin Innova Diesel model lama Pasalnya Innova Reborn bermesin diesel 2GD yang berkubikasi 2.393 cc turbo, cuma bisa menghemat solar 14 Km/liter.

Konsumsi BBM Innova Hybrid ini juga jauh lebih baik dengan kompetitor yaitu Wuling Almaz Hybrid. Pasalhnya SUV lima berlian tersebut cuma bisa menghemat 19 Km/liter.

2. Panoramic Sunroof

kelebihan Toyota Innova Zenix

Panoramic retractable sunroof hadir di Toyota Innova Zenix V dan Q

Kelebihan Toyota Innova Zenix berikutnya ada di kehadiran panoramic sunroof. Ini memang jadi kekurangan Innova model lama. Padahal kompetitor seperti Wuling Cortez dan Kia Carens sudah pakai kaca di bagian atapnya.

Nah kini kehadiran panoramic sunroof, tentu membuat Innova Zenix semakin kompetitif dibanding rival. Pasalnya dari sisi ukurannya, kaca atap tersebut ternyata sangat besar, membentang dari depan ke belakang. Dari dalam kabin, penumpang juga dapat melihat pemandangan alam dengan lebih mudah. Ditambah lagi, sunroof ini menjadikan kabin terasa semakin lapang.

Hadirnya sunroof juga membuat interior Innova Hybrid ini jadi semakin mewah, terlebih karena ada ambient light di sisi kiri dan kanannya. Walau demikian, kehadiran panoramic retractable roof Innova Hybrid varian V dan Q saja. Sementara untuk varian G tidak memilikinya.

3. Captain Seat Ottoman

Interior Toyota Innova Zenix

Kursi ottoman di Innova Zenix dilengkapi sandaran kaki

Kelebihan Toyota Innova Zenix selanjutnya ada di penggunaan captain seat ottoman. Ini berbeda dengan captain seat biasa. Tipe ottoman tentu lebih nyaman untuk penumpang. Perbedaannya ada di kehadiran sandaran kaki yang menjadikan duduk di joknya semakin rileks. Hal ini disebut keunggulan, lantaran kompetitor seprti Wuling Almaz Hybrid, Wuling Cortez, hingga Kia Carens belum memilikinya.

Ditambah lagi, ada pengaturan elektrik di captain seat ottoman Innova Zenix tersebut. Walau demikian, versi captain seat ottoman ini cuma hadir di Toyota Innova Hybrid varian tertinggi atau Q. Sementara di varian G dan V tidak tersedia.

Baca juga  Konsumsi BBM Sienta dan Cara Membuatnya Semakin irit!

Fitur kenyamanan lain yang didapat oleh penumpang di jok baris kedua Innova Zenix adalah dua layar berukuran besar berukuran 10 inci, khusus untuk varian Q dan V. Fitur dual rear seat entertainment ini bahkan bisa terkoneksi dengan smartphone dan bisa menampilkan gambar dan video yang terpisah satu sama lain. Alhasil penumpang belakang semakin merasa nyaman duduk di dalam kabin Toyota Kijang Gen-7 ini.

Duduk di jok baris ketiga juga masih terasa nyaman, lantaran ruang kabin mobil ini semakin lega dengan penambahan jarak sumbu roda 185 mm dibanding model lama, menjadi 2.850 mm.

4. Fitur Toyota Safety Sense 3.0

Fitur TSS 3.0 di Innova Zenix

TSS 3.0 di Innova Zenix sudah bisa mendeteksi sepeda

Kelebihan Toyota Innova Zenix berikutnya ada di fitur Toyota Safety Sense 3.0. Teknologi ini serupa di Toyota Voxy dan bZ4X, terintegrasi dengan Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Tracing Assist (LTA), hingga Automatic High Beam (AHB).

Ada beberapa hal baru pada TSS 3.0 dibanding TSS 2.0. Pertama, jarak deteksi ke depan menjadi lebih luas, baik ke atas maupun ke bawah, dan ke kanan maupun ke kiri. Selain itu, deteksi ke depan kini bisa melihat obyek bergerak lebih luas, bahkan dengan jarak yang lebih dekat. Kedua improvement ini masuk ke dalam aspek teknis pada radar.

TSS 3.0 di Innova Zenix jadi dapat mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda dari arah yang berlawanan. Sistem ini juga mampu mendeteksi kendaraan lain dan pengendara sepeda motor yang melintas di persimpangan. Istimewa bukan?

5. Ukuran Head Unit Lebih Besar Bisa Akses NFC untuk E-Toll

kelebihan Toyota Innova Zenix

Khusus pada Innova Zenix hybrid tipe Q HV dan V hadir dengan layar audio 10 inchi, dan tipe G menggunakan layar 9 inchi.

Kelebihan Toyota Innova Zenix berikutnya ada pada ukuran head unit yang lebih lebar. Khusus pada Innova Zenix hybrid tipe Q HV dan V hadir dengan layar audio 10 inchi, dan tipe G menggunakan layar 9 inch.

Baca juga  Daftar Harga Toyota Avanza Bekas, Ada yang Rp 60 Juta

Terdapat smartphone conectivity, Bluetooth, Wi-Fi, Voice Recognition, dan NFC E-Toll Card Checking. Khusus Innova Zenix tipe Q HV menggunakan Dual Rear Seat Entertainment with Internet Connection  ukuran 10 inci untuk bangku baris kedua. Sebagai Informasi, penggunaan layar 10 inci ini adalah yang terbesar selama ini, mengingat sebelumnya Innova Reborn Venturer model tertingginya hanya berukuran 9 inci.

Selain itu juga fitur kenyamanan lain seperti wireless charger untuk model Q HV. Toyota juga memberi Innova terbaru 4 USB C slot, digital Auto AC dengan Dual Zone di semua tipe Innova Zenix. Ada pula Electric Parking Brake + Brake Hold (EPB + BH), Panoramic View Monitor dan DVR yang bertindak sebagai dashboard camera.

Lalu tidak ketinggalan, hadir T-Intouch untuk mengintegrasikan mobil dan smartphone secara komprehensif. Di antara kegunaan T Intouch, pemilik mobil bisa menemukan lokasi mobil hanya dengan melihat smartphone (find my car). Ada pula fitur yang memudahkan pencarian kendaraan bila dicui (stolen vehicle tracking).

6. Buka Bagasi dengan Perintah Suara

kelebihan toyota innova zenix

Power back door dengan voice command hadir di Innova Zenix

Kelebihan Toyota Innova Zenix selanjutnya adalah power back door dengan Voice Command untuk membuka bagasi. Jadi, bagasi Toyota Kijang Gen-7 bisa dibuka hanya melalui perintah suara, tidak perlu disentuh sama sekali. Tentu ini memudahkan ketika kamu ingin memasukkan barang ke bagasi. Berikut cara mengaktifkannya:

  • Cara membukanya cukup dengan berjalan ke bagasi belakang (sekitar 40 cm) dengan membawa smart key.
  • Ucapkan Hai Innova, kemudian terdengar suara beep 1x
  • Ucapkan Buka Pintu, lalu akan terdengar suara beep 1x
  • Mundur satu langkah
  • Maka akan terdengar bunyi beep panjang 2 kali dan lampu hazard berkedip, pintu bagasi pun terbuka otomatis.

7. Ada Opsi Body Kit Modellista

kelebihan Toyota Innova Zenix

Tampilan body kit Modellista tersebut berdesain minimalis yang membuatnya Tampak lebih mewah dan sporty

Kelebihan Toyota Innova Zenix berikutnya adalah pengguna aksesori body kit Modellista. MPV yang kini juga suda menggunakan platform terbaru Toyota New Global Architechture (TNGA) ini menggunakan garnish Modellista di kap mesin, bumper depan dan belakang dan pada side skirt.

Tampilan body kit Modellista tersebut berdesain minimalis yang membuatnya Tampa lebih mewah dan sporty, terlebih ditambah penggunaan pelek berukuran 18 inci. Penggunaan body kit Modellista hanya ada pada varian type tertinggi (Type Q) Innova Zenix Hybrid.

Demikian ulasan terkait kelebihan Toyota Innova Zenix. Simak terus Moladin.com untuk update kabar terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika