Friday, December 9, 2022
Banner

7 Kelebihan Toyota Vios 2022, Pakai TSS dan Hemat BBM!

by Firdaus Ali
Skema kredit Toyota Vios terbaru

Mengulas kelebihan Toyota Vios 2022 tentu menarik. Sebab mobil sedan entry level ini hadir dengan tampilan yang lebih fresh dan dilengkapi fitur-fitur baru. Kami pun sudah melakukan test drive dan merasakan langsung keunggulannya.

Toyota Vios terbaru ini hadir sebagai generasi keempat di Indonesia. Vios mengaspal pertama kali pada tahun 2003, saat itu kehadirannya untuk menggantikan Toyota Soluna, serta bersaing dengan Honda City.

Ketangguhan Toyota Vios juga dibuktikan lantaran mobil ini telah menjadi armada taksi hingga sekarang. Penggunaannya sebagai taksi tersebutlah yang membuat Vios bisa eksis terus dan diproduksi di Tanah Air. Walau demikian, untuk model terbarunya atau Vios generasi keempat, kemungkinan tidak akan lagi jadi taksi. Pasalnya kebutuhan armada taksi kini lebih berganti ke mobil-mobil MPV.

“Toyota Vios terbaru hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen khususnya penyuka mobil sedan berkualitas dengan harga yang masih kompetitif. Dari awal hadirnya Vios pada tahun 2003, durabilitynya sudah teruji dan konsumsi bahan bakar yang efisien,” ungkap Jimmi Suwandy selaku Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (12/10/2022).

Baca juga  Rocky-Raize Hybrid Siap Meluncur November 2021

Bicara kelebihan Toyota Vios 2022, salah satu yang paling tampak adalah eksterior dan interior semakin berkelas, sekilas aura sedan entry level hilang menjadi satu level di atasnya. Kemudian penggunaan mesin baru 2NR-VE yang konsumsi bahan bakarnya semakin hemat. Tidak ketinggalan bantingan suspensi Vios Gen-4 juga sangat istimewa.

Nah supaya lebih jelas, mari kita simak ulasan lengkap 7 kelebihan Toyota Vios 2022. Supaya lebih lengkap, kami bandingkan pula dengan Vios lama, sekaligus Honda City selaku kompetitor.

1. Desain Eksterior Vios Gen-4 Kombinasi Corolla Altis dan Camry

kelebihan toyota vios 2022 - tampak belakang

Tampak belakang, Vios terbaru pakai gaya fastback yang mirip Camry

Kelebihan Toyota Vios 2022 yang pertama adalah tampilan eksterior yang lebih fresh dan elegan dibandingkan generasi sebelumnya. Di mana hal itu bisa dilihat dari kombinasi lekukan body dengan desain depan dan belakangnya.

Grille hadir dengan dimensi yang lebih besar dengan gaya trapesium seperti mobil-mobil Toyota modern, menyatu dengan bumper. Kemudian desain lampu depannya semakin pipih dengan gaya serupa dengan Corolla Altis. Hanya saja memang utnuk kekurangan Vios terbaru, tidak lagi memiliki fog lamp seperti model lama.

Baca juga  10 Koleksi Mobil Chris Hemsworth, Aktor Film Thor!

Untuk mendukung estetika tampilan luarnya, Vios menyematkan velg alloy berdesain baru berukuran 17 inch. Sementara desain belakangnya, Vios Gen-4 pakai gaya ala fastback. Alhasil dari sisi ini, tampilannya semakin mirip dengan Toyota Camry. 

2. Kabin Interior Modern

kelebihan toyota vios 2022 - interior dashboard

Vios terbaru memiliki hand rest tengah lebih tinggi, sehingga memberi kesan mewah

Kelebihan Toyota Vios 2022 selanjutnya adalah kabin interior yang hadir lebih modern. Di mana warna jok, doortrim dan dashboard menggunakan dominasi hitam dengan kombinasi sedikit sentuhan warna silver dibeberapa bagian.

Material yang digunakan Vios 2022 juga lebih bagus dibandingkan Vios sebelumnya ataupun Honda City selaku kompetitor. Utamanya pada bagian dashboard, Vios Gen-4 sudah soft touch. Joknya, pakai kombinasi kulit sintetis dan fabric di bagian tengah.

Selain itu, ada pula head unit dengan model folating berukuran 9 inci dan panel instrument digital berukuran 7 inchi serta penggunaan rem parkir elektrik dan start/stop engine. Pada bagian setirnya juga terdapat beberapa tombol untuk membantu pengemudi mengoperasikan sistem audio dan kebutuhan fitur mobil lainnya. Tidak lupa kehadiran paddle shift.

Baca juga  Daftar Masalah Fortuner Diesel Bekas, Cek Sebelum Beli!

Oh ya, untuk menambah kenyamanan selama berkendara di Vios 2022, sistem audionya sudah bisa terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Soal speakernya cuma ada 6.

Kelebihan Toyota Vios 2022 selanjutnya di bagian belakang, penumpang mendapatkan jok yang lebih empuk. Kemudian ada pula kisi-kisi AC dan dua USB charger di jok baris kedua ini. Hanya saja memang soal kekurangannya tidak lagi memiliki hand rest tengah, serta head rest kiri dan kanan tidak adjustable. Ada lagi kekurangannya, jok belakang tidak bisa dilipat untuk menghasilkan bagasi tambahan.

3. Sudah Dilengkapi Fitur TSS

Kelebihan Toyota Vios 2022

Sudah dilengkapi fitur TSS

Ada satu fitur keselamatan modern di Toyota Vios 2022 yang tidak dimiliki oleh Honda City atau Vios generasi sebelumnya, yaitu fitur Toyota Safety Sense (TSS). Meski menyandang sebagai sedan entry level, nyatanya Vios 2022 sudah didukung fitur TSS untuk varian flagshipnya. Adapun fitur TSS tersebut sudah terintegrasi dengan beberapa fitur, seperti:

  • Blind spot warning system on the side mirrors BSM System for warning when a car crosses while reversing RCTA
  • Automatic high beam adjustment AHB
  • 360 degree surround view camera
  • Automatic speed control system Variable Adaptive Cruise Control All-Speed ​​with Stop & Go
  • Pre-collision safety system and automatic braking Pre-Collision System
  • Lane Departure Warning system with pulling the steering wheel back
  • Warning system when the car in front is moving Front Departure Alert
  • Anti-pressure pedal misoperation system Pedal Misoperation Control

Selain fitur-fitur modern yang ada di TSS, Vios 2022 juga dilengkapi fitur keselamatan pasif seperti 6 titik Airbags, Adaptive Cruis Control dan fitur lainnya.

4. Konsumsi BBM Toyota Vios Terbaru Lebih Efisien

Kelebihan Toyota Vios 2022

Vios 2022 diklaim konsumsi BBM lebih irit

Toyota Vios 2022 menggunakan mesin berkode 2NR-VE yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Kapasitasnya masih sama yaitu 1.496 cc, empat silinder, 16-valves DOHC, dengan teknologi Dual VVT-i. Hanya saja soal performa justru lebih lemah.

Di atas kertas, Vios baru cuma bisa melontarkan torsi puncak 138 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 106 PS pada 6.000 rpm. Kemudian untuk transmisi pakai CVT.

Performa mesinnya memang kurang istimewa, tapi soal menghemat BBM jadi kelebihan Toyota Vios 2022. Mobil sedan ini diklaim lebih irit bensin. Menurut pihak Toyota, Vios Gen-4 bisa menghemat bensin hingga 20 Km/liter atau lebih baik 3 km/liter dibanding model lamanya. 

“Vios yang lama sekitar 1:17 km, untuk Vios baru bisa di atas 1:20 km. Jadi ini memang bisa menjadi solusi di tengah harga BBM yang semakin tinggi,” imbuh Anton.

5. Bantingan Suspensi Nyaman

kelebihan toyota vios 2022 - test drive

Racikan suspensi baru dan rangka TNGA di Vios Gen-4 memang istimewa

Selanjutnya yang jadi kelebihan Toyota Vios 2022 adalah bantingan suspensinya semakin istimewa dibanding model lama, maupun Honda City selaku komeptitor. Racikan baru dibuat agar pengemudi dan penumpang merasa nyaman ketika mengajak mobil ini berkendara. Kami pun sudah melakukan test drive dengan Vios terbaru, kaki-kakinya memang patut diacungi jempol ketika melewati medan jalan yang bergelombang.

Walau suspensinya empuk, tapi ketika mobil diajak bermanuver masih sangat nyaman untuk sedan di kelasnya. Keistimewaan rasa berkendara bersama Toyota Vios ini juga akibat penggunaan rangka TNGA baru. 

6. Pilihan Warna Toyota Vios Lebih Lengkap dari Honda City

Kelebihan Toyota Vios 2022

Pilihan warna lebih lengkap

Adanya pilihan warna yang banyak tentu akan lebih menarik untuk konsumen menyesuaikan dengan keinginannya saat beli mobil ini. Tersedia lima varian: Attitude Black (hitam), Gray ME (abu-abu gelap – spot order*), Metal Stream ME (abu-abu terang), Platinum White Pearl (putih) serta Red MM (merah – spot order*). Hanya saja memang, untuk warna-warna special atau spot order, dibutuhkan bujet lebih mahal dibanding warna lain.

Sementara itu, untuk Honda City hanya punya tiga pilihan warna: Crystal Black Pearl (hitam), Meteoroid Gray Metallic (abu-abu), dan Platinum White Pearl (putih). 

7. Punya Banyak Varian Dibanding Kompetitor

Kelebihan Toyota Vios 2022

Harga lebih murah dari Honda City

Toyota Vios juga unggul dalam hal jumlah varian. Pabrikan berlogo T menjual mobil sedan ini dalam tiga tipe: E MT Rp 314,9 juta, G CVT Rp 355,2 juta, dan G CVT TSS Rp 368,4 juta. Dengan demikian, konsumen yang ingin beli bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan bujet.

Adanya varian di Toyota Vios 2022 tersebut tidaklah dipunya oleh kompetitor. Misalnya saja Honda City yang cuma dijual dalam satu harga yaitu Rp 365,4 juta. Moladiners, itulah ulasan kelebihan Toyota Vios 2022. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika