by

Kenali Kelebihan dan Kekurangan Nano Ceramic

Sebagai pengguna mobil, baiknya kamu mengetahui tentang kelebihan dan kekurangan nano ceramic coating. Hal ini penting, terutama sebelum melakukan penambahan proteksi cat pada kendaraan kesayangan kamu.

Salah satu alasan yang dilontarkan pemilik mobil dalam menambahkan nano ceramic coating adalah agar cat yang warnanya sudah bagus tidak lekas kusam. Bahkan, banyak beberapa orang percaya bahwa dengan menambahkan nano ceramic tetap memberikan kontras yang sangat baik pada cat mobil.

Namun, pada dasarnya pengaplikasian nano ceramic bukan hanya sebatas memberikan tingkat kecerahan pada warna mobil, namun dengan adanya lapisan ceramic tersebut juga difungsikan sebagai paint protection dalam melindungi cat dan bodi luar mobil dari perubahan suhu, sinar ultraviolet berlebih, polusi dan zat lainnya.

Jika dijabarkan, beberapa proteksi pada cat mobil ini terbagi menjadi beberapa, pertama adalah wax, lalu polymer dan yang terakhir adalah nano ceramic. Untuk wax memang biaya yang dikeluarkan lebih murah, tapi untuk daya tahannya hanya sebatas satu atau dua bulan.

Sementara untuk polymer, harga yang ditawarkan lebih mahal dari wax tapi masih di bawah harga nano ceramic. Mengenai daya tahannya, polymer ini memiliki ketahanan mulai dari 3 bulan sampai 6 bulan. Sedangkan nano ceramic, jika mengacu harga yang ditawarkan lebih mahal tetapi kualitas yang didapatkan juga lebih baik.

Baca juga  Sejarah Plat Nomor Indonesia dan Dunia, Menarik!

Berdasarkan kualitas yang dimiliki, salah satu keunggulan nano ceramic ini bisa bertahan hingga lebih dari dua tahun. Artinya, selama dua tahun setelah penggunaan nano ceramic ini mobil kamu akan lebih tampak cerah lantaran lapisan ceramic tersebut.

Sebelum membahas lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan nano ceramic coating, kami juga akan memberikan gambaran mengenai berapa kisaran harga yang ditawarkan untuk melapisi cat mobil kamu dengan teknologi ini.

Mengacu pada salah satu tempat perawatan mobil untuk nano ceramic, DMO Garage di kawasan Haji Nawi, Jakarta Selatan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 3 juta untuk paket silver shine sampai Rp 11 jutaan untuk paket diamond coating. Banderol tersebut juga disesuaikan dengan kategori mobil seperti small, medium, large dan xtra large.

Tidak hanya untuk mobil, tapi salon kecantikan mobil ini juga menyediakan paket untuk sepeda motor. Namun untuk harga yang ditawarkan adalah mulai dari Rp 500 ribu.

Segudang Kelebihan Nano Ceramic

Kelebihan dan kekurangan nano coating
Kelebihan nano ceramic coating bisa membuat tampilan mobil tetap mewah

Bicara kelebihan dan kekurangan nano ceramic coating, mari kita bahas lebih dulu soal keunggulannya. Agar lebih jelasnya, berikut kami jabarkan secara rinci terutama untuk proteksi cat kendaraan kamu.

Baca juga  Dampak Pertalite Dicampur Premium, Jangan Asal!

Menurut Usni, detailer DMO Garage, salah satu yang bisa dimanfaatkan dengan pelapisan nano coating adalah untuk meminimalisir adanya goresan pada mobil.

“Salah satunya ya bisa juga untuk meminimalisir adanya goresan pada cat mobil. Karena dengan nano ceramic ini bisa lebih terproteksi istilahnya. Apalagi kalau mobilnya juga punya warna cat yang bagus gitu, salah satu alternatifnya bisa menggunakan nano ceramic,” jelas Usni.

Kelebihan lainnya adalah memancarkan warna mobil yang lebih terang. Dengan penggunaan nano ceramic, memang ditujukan untuk memberikan efek warna yang lebih baik. Terlebih jika mobil menggunakan warna primer seperti merah, putih dan warna mencolok lainnya.

Seperti halnya proteksi pada cat kendaraan, penggunaan nano coating ini juga menjaga resistensi warna asli mobil dari barang-barang kimia. Dengan kata lain, jika mobil kamu ketumpahan cairan kimia maka tidak langsung mengenai lapisan cat, tetapi nano ceramic yang menjadi pertahanan pertama untuk menjaga warna cat mobil.

Selain itu, penggunaan nano ceramic juga bisa digunakan untuk menghindari jamur pada bodi mobil. Bahkan, Usni juga manambahkan dengan penggunaan lapisan ini juga bisa memberikan efek water repellent.

“Nano ceramic juga bisa memproteksi bodi mobil dari jamur. Bahkan kerak air yang jatuh ketika hujan atau semacamnya, tidak akan terjadi ketika mobil dilapisi nano ceramic ini,” tambah Usni.

Baca juga  9 Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung, Berikut Solusinya

Apakah Ada Kekurangan Nano Ceramic Coating?

kelebihan dan kekurangan nano ceramic coating
Kelebihan dan kekurangan nano ceramic coating harus kamu ketahui sebelum memutuskan proteksi cat mobil yang bakal digunakan.

Meski dengan pengaplikasian nano ceramic yang kita ketahui banyak memiliki kelebihan, namun ada juga kekurangan dalam pengaplikasian pelapis tersebut.  Salah satu yang menjadi kekuranan dari pengaplikasian nano ceramic coating adalah harga yang ditawarkan.

Memang untuk mengeluarkan dana dalam urusan pelapisan cat ini, terbilang mahal. Karena hal tersebut, biasanya penggunaan nano ceramic coating ini memang dipakai oleh mobil-mobil premium.

Kekurangan lainnya juga dari segi pengerjaan yang memakan waktu dalam pengaplikasiannya. Pasalnya, sebelum melakukan pelapisan nano ceramic coating, mobil harus dibersihkan dengan mencuci bersih dan mengikuti proses-proses yang sudah menjadi standar dalam pengerjaan nano ceramic coating.

Untuk menghasilkan yang maksimal, maka pengerjaan harus dilakukan oleh mereka yang terbiasa melakukan nano ceramic coating. Hal ini dimaksudkan agar kilau warna mobil setelah dinano ceramic sudah sesuai dengan prosedurnya.

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan nano ceramic coating, apakah kamu jadi tertarik memproteksi bodi mobil kamu dengan teknologi ini?

Untuk informasi otomotif terkini, simak terus moladin.com

Terbaru