Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Kenyamanan Interior Toyota Kijang Innova Reborn yang Tiada Duanya!

by Baghendra Lodra
otomotif adalah - interior toyota innova

Menjawab kebutuhan konsumen Indonesia dari generasi ke generasi. Toyota Kijang Innova Reborn memiliki interior yang mengusung konsep living room, pastinya nyaman untuk keluarga. 

Sudah bukan rahasia, MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan kapasitas angkut 7-penumpang ini dikenal sebagai kendaraan yang memprioritaskan kenyamanan penumpang. Tak terkecuali generasi keenam Toyota Kijang yang sejak 2015 bernama Innova Reborn.

Mobil legendaris yang meluncur pertama pada 1977 dalam wujud kijang pickup ini sekarang memanjakan penumpangnya lewat konsep interior bergaya living room. Apalagi varian termahalnya, tipe V luxury.

Penasaran? Berikut ini kami bahas secara lengkap, 5 ragam fasilitas interior yang dapat dinikmati seluruh anggota keluarga kala berkendara di dalam Toyota Kijang Innova Reborn 2022:

1. Desain interior berkelas

interior innova reborn - ambient light

Tampilan interior Innova Reborn

Terlahir kembali sebagai MPV mewah, interior Toyota Kijang Innova Reborn didesain menyesuaikan selera konsumen Indonesia. Layout dashboard yang rendah disesuaikan dengan postur rata-rata orang Indonesia. Jangan khawatir, posisi berkendara dapat disesuaikan baik ketinggian kursi hingga posisi lingkar kemudi yang sudah tilt steering.

Dashboard dihiasi dengan ornamen panel kayu yang menambah kesan prestisius. Ada penunjuk waktu digital di bagian tengah dashboard. Sementara itu panel pengaturan AC mobil menggunakan kombinasi knop putar dan tombol bergaya yang modern dan mudah dioperasikan.

Kursinya memang belum dibalut kulit. Betul, jok kulit hanya tersedia pada varian Venturer saja. Meski begitu, material fabric yang digunakan Toyota Kijang Innova Reborn sangat lembut dan nyaman diduduki. Menariknya, pembungkus jok dari bahan fabric punya motif menarik yang berpadu apik dengan desain motif pada karpetnya.

Desain lingkar kemudi palang empat berbentuk huruf ‘T’ yang gagah tampil elegan dengan sentuhan ornamen berwarna perak. Silver lining ini juga menghiasi dashboard dan konsol tengah. Semua berpadu apik dengan tema interior berwarna hitam yang memberikan kesan teduh dan rileks di dalam kabin.

Baca juga  Review Suzuki Ertiga Generasi Pertama, Masih Layak Dibeli?

Sentuhan desain berkelas juga dihadirkan di kursi baris kedua. Kabin belakang tampil mewah berkat adanya Premium Illumination Light Ambience di plafon. Lampu suasana kabin LED ini dirancang berpadu apik dengan desain AC double blower dengan indikator pengaturan digital. 

2. Fitur hiburan bergaya ruang keluarga

interior toyota innova reborn - layar hiburan

Layar hiburan untuk penumpang belakang Toyota Innova Reborn

Sistem multimedia 9 inci yang tertanam rapih di konsol tengah menjadi pusat informasi dan hiburan keluarga sepanjang perjalanan. Selain bisa memutar radio, musik dari USB maupun Bluetooth, head unit ini dapat terhubung dengan smartphone baik secara Miracast maupun fitur Smartphone Connection.

Pengalaman berkendara bersama keluarga tak akan pernah senyaman di dalam Toyota Kijang Innova Reborn, karena terdapat Rear Seat Entertainment, layar multimedia untuk menghibur penumpang belakang. 

3. Kabin yang nyaman dan praktis dengan captain seat

interior toyota innova reborn 001

Kenyamanan jok baris kedua Toyota Innova Reborn

Memiliki dimensi panjang 4.735 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.795 mm dan jarak sumbu roda 2.750 mm, Toyota Kijang Innova Reborn membekali dirinya dengan ruang kabin yang lega. Apalagi tipe Luxury dan Venturer menyediakan kursi baris kedua model captain seat.

Captain seat tidak hanya lebih nyaman karena memiliki sandaran untuk kedua tangan, tetapi juga menawarkan privasi yang maksimal karena kedua kursi tengah terpisah. Ruang diantara kedua kursi tengahnya tersebut juga dapat menjadi akses menuju kursi baris ketiga yang juga tak kalah lega dan nyaman.

Seluruh penumpang akan merasakan kabin yang tenang dan hening. Toyota menyiapkan Kijang Innova Reborn dengan kualitas kekedapan kabin yang sangat baik. Bahkan bila Anda memilih varian bermesin diesel sekalipun, getaran dan suara mesin diesel yang khas dapat diminimalkan dengan optimal di dalam kabinnya. Suasana kabin yang tenang dan hening ini memberikan pengalaman berkendara yang rileks bahkan untuk perjalanan panjang sekalipun.

Baca juga  MPV DFSK Tertangkap 'Wara-Wiri' di Ibu Kota, Kembaran Serena?

Toyota memberikan fasilitas tray atau meja yang dapat dilipat untuk penumpang baris keduanya. Meja lipat kecil kecil ini juga dapat digunakan untuk menaruh botol minuman. Di dalam kabinnya memang tersedia banyak sekali. 

Selain glove box di depan, penumpang depan juga memiliki laci penyimpanan yang dapat ditutup. Setiap sisi dashboard juga menyediakan bottle holder yang dapat disembunyikan. Belum lagi ruang bagasi yang lega di belakang kursi baris ketiga. Bila tak digunakan, kursi baris ketiganya juga dapat dilipat dan memberikan ruang bagasi yang jauh lebih besar lagi.

Memberikan kenyamanan tambahan bagi seluruh penumpangnya, Toyota mengintegrasikan air purifier atau car ionizer untuk meningkatkan kualitas udara di dalam kabin. Udara kabin yang segar selain lebih sehat, juga lebih nyaman dari udara kabin yang berbau. 

4. Keselamatan penumpang terjamin

Toyota Innova reborn

Berbagai fitur safety modern sudah hadir di Innova reborn yang menjamin kenyamanan pengemudi dan penumpang

Kabin yang rileks dan nyaman memberikan ketenangan pengemudi saat berkendara. Konsentrasi dalam berkendara penting untuk menjaga keselamatan berkendara. Apalagi Toyota Kijang Innova Reborn juga telah dilengkapi oleh dual SRS, knee dan side curtain airbag. Untuk varian Venturer bahkan seluruh penghuni kabin dilindungi oleh side curtain airbag hingga ke kursi baris ketiga.

Kursi belakang ISOFIX tersedia dengan pengait kursi balita (tether anchor) di setiap tipe. Fitur keselamatan lain yang dimilikinya antara lain, rem ABS (Anti-lock Brake System) dengan EBD (Electronic Brake Force Distribution), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA) hingga Emergency Brake Signal (EBS). Fitur keselamatan yang lengkap, meningkatkan kepercayaan diri pengemudi sekaligus menimbulkan rasa aman dan tenang bagi seluruh penghuni kabin saat berkendara.

Tersedia pula kamera mundur yang tangkapan gambarnya ditampilkan pada layar head unit 9 inci di dashboard.

Baca juga  Pajak Toyota Calya, Per Tahun Bayar Segini!

5. Sistem multimedia canggih dengan M-Toyota

interior innova reborn - dashboard depan

Dahsboard Innova reborn sangat modern

Selain berfungsi sebagai pusat hiburan dan informasi berkendara, head unit 9 inci Toyota Kijang Innova Reborn juga sudah dilengkapi dengan aplikasi M-Toyota. Fitur ini merupakan salah satu inovasi terbaru dari Toyota yang dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan pemilik Toyota.

Tersedia fitur tombol SOS. Bila mengalami kecelakaan atau kondisi darurat saat berkendara, pengemudi dapat menekan tombol SOS yang terhubung dengan sistem multimedia. Toyota Call Center akan menghubungi dan membantu mengarahkan Emergency Roadside Assistance (ERA) ke lokasi kendaraan. 

Fitur Geofencing atau pagar elektronik berguna untuk meningkatkan keamanan kendaraan kala ditinggalkan. Bila kendaraan berjalan meninggalkan area yang telah ditandai pada GPS, maka fitur akan memberikan peringatan kepada pemilik kendaraan. 

M-Toyota juga memiliki fitur Find My Car. Fitur ini dapat mendeteksi secara akurat melalui GPS lokasi kendaraan. Pemilik dapat mengetahui posisi kendaraan secara real time. Fitur ini juga bermanfaat bila Anda lupa posisi parkir kendaraan.

Pemilik juga dapat melihat informasi perawatan berkala kendaraan melalui fitur ini. Fitur ini juga memungkinkan pemilik Toyota Kijang Innova Reborn untuk dapat langsung menghubungi Toyota Call Center untuk menyelesaikan masalah bila menghadapi kendala terkait kendaraan selama perjalanan.

Toyota Kijang Innova saat ini dijual di Indonesia dalam dua pilihan mesin, yakni mesin bensin 2,0 liter dan mesin diesel 2,4 liter. Tipe bensin ditawarkan dalam tiga tipe, yakni tipe G, V dan V Luxury. Sedangkan varian bermesin diesel hanya dijual dalam dua pilihan tipe, yakni G dan V. Masing-masing tipe dijual dalam opsi transmisi manual 5-speed atau otomatis 6-speed. 

Toyota Kijang Innova Reborn dijual mulai harga Rp 369,6 juta hingga Rp 471,9 juta. Sedangkan Toyota Venturer dijual mulai harga Rp 494,4 juta hingga Rp 527,2 juta.

Itulah tadi bahasan lengkap soal kenyamanan interior Innova Reborn. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika