by

7 Keunggulan Honda BR-V, Calon Konsumen Wajib Tahu!

Keunggulan Honda BR-V – Produk-produk crossover MPV kini cukup menarik perhatian. Terlebih bagi konsumen yang membutuhkan mobil keluarga 7-penumpang, dengan tampilan yang tangguh.

Produk yang mengisi segmen mini SUV atau crossover ini, mulai diperkenalkan untuk pasar Indonesia sejak tahun 2015 lalu. Bersamaan dengan digelarnya ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

Secara desain, Honda BR-V memiliki desain yang mirip dengan Honda Mobilio. Namun bedanya, BR-V terlihat lebih gagah, dan sporty. Mobil ini diklaim pabrikan menawarkan kesan premium dan nyaman.

Lalu seperti apa sebenarnya keunggulan yang ditawarkan Honda BR-V, jika dibandingkan dengan sejumlah kompetitornya? Berikut ulasan lengkapnya:

1. Desain Gagah Jadi Keunggulan Honda BR-V

Honda BR-V Prestige
Honda BR-V Prestige

Honda BR-V memiliki desain yang gagah, layaknya sebuah crossover yang mampu menghadapi segala medan jalan. Secara tampilan mobil ini ditunjang dengan sejumlah fitur-fitur menarik, seperti penggunaan lampu depan LED dan DRL.

Untuk memberikan kesan crossover semakin terasa, keunggulan Honda BR-V juga sudah dilengkapi dengan roofrail. Guna roofrail untuk meletakkan berbagai barang bawaan di atap.

BR-V terlihat memiliki desain yang tegas, berkat hadirnya gril berukuran besar dengan sentuhan aksen krom. Bumper pun didesain dengan lekukan tegas, yang dihiasi dengan lampu kabut, untuk menunjang keamanan berkendara di segala cuaca.

2. Punya Ground Clearance Mumpuni

Eksterior jadi keunggulan
Eksterior jadi Keunggulan Honda BR-V

Di atas kertas, Honda BR-V memiliki ground clearance yang mumpuni untuk menghadapi segala medan jalan. Memang tidak setinggi milik Mitsubishi Xpander Cross, namun Ground Clearance Honda BR-V ini diklaim pabrikan cocok dengan kondisi jalan di Indonesia.

Dengan ground clearance 201 mm, setidaknya Honda BR-V bisa diajak berpetualang ke jalan semi offroad. Untuk berkendara di perkotaan juga masih nyaman. 

Baca juga  5 Kekurangan Honda Brio, Kenali Sebelum Membeli

Ground clearance tersebut turut ditunjang oleh pelek berukuran 16 inci dan ban lebar. Kombinasi itu membuat mobil lebih stabil, terutama saat dikemudikan dalam kecepatan tinggi. Maupun ketika melewati jalan bergelombang

3. Dimensi yang Ringkas tapi Muat Banyak

Ground clearance Honda BR-V
Ground clearance Honda BR-V sebesar 201 mm

Secara dimensi Honda BR-V memiliki panjang 4.456 mm, lebar, 1.735 mm dan tinggi 1.666 mm. Jarak sumbu roda yang ditawarkan sebesar 2.662 mm. Di atas kertas, dimensinya masih kompak. Efeknya masih nyaman untuk diajak meliak-liuk di kepadatan jalan

Bandingkan dengan Mitsubishi Xpander Cross yang punya bodi lebih bongsor. Mobil milik pabrikan tiga berlian itu memiliki dimensi panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm dan tinggi 1.750 mm. 

Meski ringkas, BR-V tetap mumpuni dalam menampung penumpang sampai 7-orang dewasa. Tidak hanya itu, mobil ini juga nyaman lantaran dibekali fitur ISOFIX. Alhasil pemasangan car seat untuk anak jadi lebih mudah.

Tidak ketinggalan, masing-masing orang di dalam kabin pun mendapat head rest. Ini merupakan salah satu keunggulan Honda BR-V. Kenapa? Pasalnya ada kompetitor seperti Suzuki XL7 dan Xpander Cross yang penumpang tengah baris kedua, tidak mempunyai head rest.

4. Harga Honda BR-V Terjangkau

Harga Honda BR-V terjangkau
Harga Honda BR-V terjangkau

Sebagai pertimbangan buat kamu yang ingin mencari sebuah mobil dengan daya tampung yang banyak, dengan harga terjangkau. Rasanya Honda BR-V bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Di sisi lain, mobil ini juga punya perawakan yang tangguh dan juga sporty, untuk menunjang kesaharianmu. Fitur dan mesinnya pun tidak perlu diragukan lagi. Apalagi dibanding kompetitor.

Memiliki banyak keunggulan, crossover MPV andalan Honda ini dijual dengan rentang harga mulai dari Rp 248,9 juta hingga Rp 291,3 juta on the road Jakarta. Dengan tiga varian yang ditawarkan, yaitu S, E, dan Prestige.

Baca juga  6 Kekurangan Honda Mobilio, Cek Sebelum Beli

Daftar Harga Honda BR-V

Honda BR-V S MT Rp 248.900.000
Honda BR-V E MT Rp 264.200.000
Honda BR-V E CVT Rp 274.400.000
Honda BR-V Prestige Rp 291.300.000

5. Mesin Efisien Performa Paling Mantap dan Irit

BR-V
Honda BR-V memiliki tampilan yang tangguh dengan dimensi yang lapang

Honda BR-V memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup efisien. Karena sejatinya mesin yang ditawarkan Honda BR-V, mirip-mirip dengan Honda Mobilio yang dikenal memiliki konsumsi BBM yang sangat baik.

Konsumsi rata-rata BBM yang diraih Moladin ketika menguji mobil ini, sebesar 13,6 km/liter untuk transmisi CVT. Tentunya untuk transmisi manual bisa lebih dari angka tersebut. Namun tetap tergantung dari cara berkendara.

Meski irit, soal performa jangan dikhawatirkan. Honda BR-V paling mantap di atas kerta dibanding kompetitor seperti Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7. 

Untuk jantung mekanis, Honda BR-V menggunakan mesin berkubikasi 1.5 liter dengan teknologi i-VTEC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 118 dk pada 6.600 rpm serta torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. Tenaga yang disalurkan tersebut disalurkan melalui transmisi 6-percepatan manual dan CVT.

Kehadiran transmisi 6-percepatan manual juga jadi keunggulan Honda BR-V tersendiri. Pasalnya kompetitor cuma pakai 5-percepatan manual. Efek penggunaan transmisi dengan percepatan lebih banyak adalah distribusi tenaga lebih halus. Berkendara juga pastinya semakin nyaman.

Soal performa mesin, BR-V memang unggul. Coba saja bandingkan dengan punya Suzuki XL7. Crossover pabrikan berlogo S ini  yang cuma bisa memuntahkan torsi 138 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga maksimal 103 dk pada 6.000 rpm.

Baca juga  Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S, Komparasi SUV Termurah!

Perfroma Mitsubishi Xpander juga masih di bawah BR-V. Mobil pabrikan tiga berlian ini hanya mampu torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 103 dk pada 6.000 rpm. 

6. Fitur Cukup Lengkap

Interior BR-V
Interior BR-V

Honda BR-V menawarkan sejumlah fitur modern, yang telah tersedia di mobil ini. Untuk fitur hiburannya, sudah menggunakan head unit 8 inci yang mampu terhubung dengan smartphone via aplikasi WebLink. Alhasil pengemudi dapat web browser, YouTube, atau navigasi (Waze) melalui head unit.

Fitur lain yang dipunya BR-V adalah start & stop engine button. Gunanya memudahkan pengendara dalam mengaktifkan dan mematikan mesin. Cukup tekan tombol saja.

Untuk menunjang keselamatan, keunggulan Honda BR-V adalah sudah dilengkapi dengan fitur dual SRS Airbag, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), vehicle stability control (VSC), dan hill start assist (HSA) untuk varian tertinggi.

7. Jok Kulit dan Interior Lumayan Mewah

Dasbor BR-V
Dasbor Honda BR-V

Interior Honda BR-V cukup mewah, selain dilengkapi dengan fitur-fitur modern pada sistem hiburannya. Mobil ini sudah dilengkapi AC digital, audio steering switch, dan kabin dominan hitam untuk varian tertinggi.

Pada Honda BR-V Prestige yang merupakan varian tertinggi sudah dilengkapi dengan jok kulit. Kemudian ada aksen merah yang hadir sebagai pemanis di interior.

Jok kulit sangat bermanfaat bila terkena kotoran dan air minum. Bahan jok seperti ini sangat mudah dibersihkan, cukup dilap.

Itulah tadi 7 keunggulan Honda BR-V. Semoga bisa menjadi refrensi buat kamu yang ingin membeli mobil ini.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru