by

Komparasi Honda BR-V Vs Mobilio, Mana Pilihan Kamu?

Komparasi Honda BR-V Vs MobilioMobil Honda menghadirkan dua kendaraan multiguna, namun berbeda segmen yaitu Honda BR-V dan Honda Mobilio. Kedua mobil tersebut sama-sama mampu menampung 7-penumpang.

Honda BR-V bertarung di segmen crossover, sementara Honda Mobilio bermain di segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Menariknya, kedua produk ini sejatinya memiliki sejumlah kemiripan. Mengingat Honda BR-V dibangun dari basis Honda Mobilio.

Kesamaannya ada di mesin 1.500 cc berteknologi i-VTEC yang irit sekaligus bertenaga. Lalu soal sistem penggerak juga serupa, pakai roda depan.

Pun begitu, kedua mobil ini memiliki sejumlah perbedaan. Untuk mengetahui apa saja perbedaan keduanya dan mobil apa yang paling layak untuk dibeli? Berikut komparasi Honda BR-V Vs Mobilio selengkapnya:

Komparasi Desain Honda BR-V Vs Mobilio, Banyak Bedanya?

Honda BR-V Prestige
Honda BR-V Prestige

Honda BR-V memiliki desain yang lebih tangguh. Hal tersebut beralasan, mengingat mobil ini menyasar pada segmen crossover. Honda BR-V sudah menggunakan lampu depan LED dan DRL. Serupa, untuk Honda Mobilio terbaru juga sudah dilengkapi dengan lampu LED dan juga DRL.

Tapi jika kamu lebih jeli, Honda BR-V memiliki roofrail. Inilah pembeda utama. Guna roof rail untuk meletakkan berbagai barang bawaan di atap.

Perbedaan lainnya antara Honda BR-V dan Honda Mobilio terletak pada bodi atau dimensinya. Di mana Honda BR-V memiliki panjang 4.456 mm, lebar, 1.735 mm dan tinggi 1.666 mm. Jarak sumbu roda Honda BR-V sebesar 2.662 mm serta berat kosong 1.208 mm.

Sepintas tak berbeda, namun ternyata di atas kertas secara dimensi Honda BR-V lebih besar. Karena Honda Mobilio hanya memiliki dimensi panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm dengan jarak sumbu roda 2.650 mm.

Honda BR-V juga mengandalkan pelek berukuran 16 inci. Sementara Honda Mobilio menggunakan pelek berukuran 15 inci. Efek penggunaan roda yang lebih besar, mengakibatkan ground clearance berubah. BR-V lebih tinggi dengan 201 mm dan Honda Mobilio cuma 189 mm.

Baca juga  Honda Freed Modulo X, Cocok Masuk Indonesia?

Penggunaan ban besar juga membuat BR-V lebih nyaman saat diajak berkendara di jalan bergelombang. Setidaknya kamu tidak perlu terlalu takut bodi bawah bersinggungan dengan jalan, ketika  melibas medan jalan yang tidak rata

Mesin Sama, Tapi Tenaga dan Transmisi Beda

Mesin BR-V dan Mobilio
Mesin BR-V Vs Mobilio sama-sama berkubikasi 1.5 liter

Jantung mekanis Honda BR-V Vs Mobilio, siapa lebih baik? Kedua produk ini, sejatinya memiliki mesin dengan basis yang sama. Pihak pabrikan membekali mesin i-VTEC pada Honda BR-V atau yang dikenal teknologi pengatur katup mesin. Mesin ini juga digunakan banyak produk Honda lainnya.

Mesin berteknologi i-VTEC dikenal cukup bertenaga, meski dengan silinder kecil. Selain itu mesin ini mampu meminimalisir konsumsi bahan bakar, serta nyaman dipakai sebagai kendaraan harian.

Pada BR-V, muntahan daya maksimal mencapai 118 dk pada 6.600 rpm serta torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm. Meskipun basisnya sama dengan mesin Mobilio, namun tenaga yang dihasilkan pada Honda BR-V lebih besar 2 dk.

Sementara mesin Honda Mobilio cuma bisa mengeluarkan tenaga sebesar 116 dk. Torsinya sama-sama 145 Nm. Performa tenaganya memang tidak sehebat BR-V, lantaran Mobilio memang diperuntukkan buat jalanan yang mulus. Beda dengan BR-V yang bisa diajak menjelajah.

Kedua mesin tersebut juga telah mengaplikasikan sistem injektor bahan bakar berteknologi PGM-FI. Fungsinya memaksimalkan proses pembakaran BBM menjadi lebih sempurna. Disematkan pula teknologi Torque Boost Resonator, yang sanggup meningkatkan torsi mesin pada putaran bawah dan power maksimal pada putaran atas.

Keduanya sama-sama punya opsi transmisi manual dan CVT. Hanya saja untuk manual, ada perbedaan percepatan. Di Honda Mobilio cuma pakai 5-percepatan manual. Sementara Honda BR-V menggunakan 6-percepatan manual. Hal ini berefek ke pendistribusian tenaga yang lebih halus di BR-V dibanding Mobilio.

Baca juga:

Baca juga  Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza, Pilih Mana?

Perbandingan Interior Honda BRV vs Mobilio, Sudah Jok Kulit?

Komparasi Interior Honda BR-V dan Mobilio
Komparasi Interior Honda BR-V dan Mobilio

Interior kedua mobil ini juga mirip-mirip. Honda Mobilio Vs BR-V siapa punya interior lebih baik? Keduanya sama-sama punya head unit 8 inci, AC digital, audio steering switch, dan kabin dominan hitam untuk varian tertinggi.

Meski serupa, namun ada beberapa perbedaan. Contoh untuk Honda BR-V Prestige atau varian tertinggi telah pakai jok kulit. Kemudian ada aksen merah yang hadir sebagai pemanis di interior. 

Jok kulit sangat bermanfaat bila terkena kotoran dan air minum. Bahan jok seperti ini sangat mudah dibersihkan, cukup dilap.

Sementara di Honda Mobilio RS yang juga varian tertinggi, joknya masih berbalut fabric (kain). Lalu untuk mengaktifkan mesin masih pakai anak kunci konvensional.

Kemudian lebih detail untuk jok, Honda Mobilio varian bawah pakai warna cokelat muda. Sementara semua varian BR-V berbalut jok hitam, walau memang belum kulit untuk varian rendah.

Fitur Honda BR-V Lebih Lengkap

Mesin Mobilio
Konsumsi BBM yang efisien jadi salah satu keunggulan Mobilio

Komparasi antara Honda BR-V Vs Mobilio selanjutnya, kita akan membahas fitur yang ditawarkan. Dari kedua mobil ini, Honda BR-V memiliki fitur keselamatan dan kenyamanan yang lebih lengkap

Sebagai contohnya head unit 8 inci. Walau keduanya punya, namun head unit BR-V mampu terhubung dengan smartphone via aplikasi WebLink. Alhasil pengemudi dapat web browser, YouTube, atau navigasi (Waze) melalui head unit tersebut. 

Fitur lain yang dipunya BR-V adalah start & stop engine button. Gunanya memudahkan pengendara dalam mengaktifkan dan mematikan mesin. Cukup tekan tombol saja.

Baik head unit yang bisa mirroring dan start & stop engine button, tidak dipunya oleh Honda Mobilio.

Sementara itu soal fitur keselamatan Honda BR-V Vs Mobilio, keduanya sudah pakai dual SRS Airbag, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), vehicle stability control (VSC), dan hill start assist (HSA) untuk varian tertinggi.

Baca juga  5 Keunggulan Daihatsu Sigra, Ada Fitur Rahasia

Harga Mobilio Lebih Terjangkau

Harga Mobilio
Harga Mobilio mulai dari Rp 203,4 juta

Perbedaan terakhir dari Honda BR-V dan Mobilio jelas nampak pada harganya. Dengan segala kelebihan yang dimiliki Honda BR-V di atas, maka wajar bila kemudian mobil ini memiliki harga yang jauh lebih tinggi dari Honda Mobilio.

Banderol termurah BR-V mulai Rp248,9 juta (OTR Jakarta). Sementara Mobilio dijual mulai Rp203,4 juta (OTR Jakarta). Setelah mengetahui secara lengkap komparasi Honda BR-V Vs Mobilio, kamu tertarik memilih yang mana?

Daftar Harga Honda BR-V Vs Mobilio

Honda BR-V Harga Honda Mobilio Harga
Honda BR-V S MT Rp 248.900.000 Honda Mobilio S M/T Rp 203.400.000
Honda BR-V E MT Rp 264.200.000 Honda Mobilio E M/T Rp 224.400.000
Honda BR-V E CVT Rp 274.400.000 Honda Mobilio E CVT Rp 235.800.000
Honda BR-V Prestige Rp 291.300.000 Honda Mobilio RS M/T Rp 248.200.000
    Honda Mobilio RS CVT Rp 259.000.000

Kesimpulan Honda BR-V Vs Mobilio, Beli yang Mana?

Honda BR-V Vs Mobilio

Jadi, kesimpulan Honda BR-V Vs Mobilio, semua tergantung pada kebutuhan dan bujet. Kalau kamu menginginkan untuk penggunaan dalam kota saja serta lebih banyak menginjak aspal, maka Honda Mobilio saja sudah cukup. Pasalnya dari sisi dimensi juga sedikit lebih ringkas, sehingga lebih asik untuk dipakai bersama keluarga menembus jalanan perkotaan.

Kalau BR-V memang cocok buat kamu yang lebih suka aura gagah. Crossover ini pas untuk menemani keluarga, tidak hanya di dalam kota, tapi juga luar kota. Hanya saja memang, siapkan kocek yang lebih banyak untuk meminangnya.

Jangan-jangan, kamu lebih tertarik untuk membeli kompetitor seperti Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross? Opsi lain adalah Suzuki Ertiga dan XL7. Tulis jawaban di kolom komentar ya!

Untuk informasi tentang dunia otomotif yang lebih lengkap, kamu bisa pantau terus Moladin!

Terbaru