by

Perjalanan Wuling Confero Indonesia, Bisa Apa?

Perjalanan Wuling Confero Indonesia – PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) menjajaki pasar otomotif Indonesia sejak tahun 2015, melalui pembukaan pabrik mereka di Cikarang, Jawa Barat. Tahap awal, Wuling langsung tangcap gas dengan membawa produk small Multi Purpose Vehicle (MPV) mereka yaitu Wuling seri Confero.

Produk ini pun tercatat, cukup mengusik penjualan produk-produk MPV sejenis yang lebih dulu dipasarkan di Indonesia. Khususnya untuk produk pabrikan asal Jepang, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, hingga Suzuki Ertiga.

Alasan kuat konsumen beralih ke Wuling seri Confero tentunya, karena harga yang dipatok mobil ini justru lebih murah. Bahkan awal-awal mampu menyinggung segmen low cost green car (LCGC).

Dari sisi fitur, Wuling Confero tak kalah dengan sejumlah kompetitor yang ada di Indonesia. Perjalanan mobil ini pun terbilang cukup baik di awal melangkah di pasar otomotif Tanah Air.

Asal Muasal Perjalanan Wuling Confero di Indonesia

Wuling Seri Confero mengukir Sejarah Wuling Motors Indonesia
Wuling Seri Confero mengukir Sejarah baru Wuling Motors Indonesia

Wuling memberi nama Confero pada produk satu ini bukan tanpa alasan. Mengingat arti Confero sendiri ternyata cukup menarik, yang diambil dari bahasa latin. ‘Con’ berarti ‘bersama’ dan ‘fero’ artinya ‘untuk menanggung’, atau jika digabungkan menjadi ‘untuk menyatukan’.

Sementara ‘S’ pada nama Confero S merupakan singkatan dari ‘Sporty’. Di negeri asalnya, Wuling Confero dikenal dengan nama Wuling Hongguang.

Wuling Confero menjadi modal Wuling Motors Indonesia menggebrak pasar otomotif Indonesia. Perjalanan Wuling Motors pun dimulai dengan dipasarkannya seri Confero.

Tahap awal Wuling seri Confero ditawarkan dalam tiga varian yaitu Confero 1.5 yang dijual Rp 130 jutaan, Confero S 1.5 C seharga Rp 150 jutaan dan Confero S 1.5 L Lux++ dengan harga Rp 165 jutaan.

Baca juga  Spesifikasi Wuling Victory, MPV Terbaru Pesaing Innova

Eksterior Wuling Confero

Perjalanan Wuling Confero Indonesia
Varian terbawah Wuling seri Confero

Secara tampilan Wuling Confero terbilang cukup menarik, karena sudah dilengkapi dengan beragam fitur modern. Mulai dari penggunaan lampu depan projector dengan daytime running light (DRL), dan sudah dihiasi dengan lampu kabut di bagian depan. Sementara lampu belakang pakai lampu LED.

Secara garis besar Wuling Confero memiliki tampilan yang elegan, namun dengan desain yang agak sedikit kaku. Namun dari sisi eksterior, mobil ini cukup segar jika dibandingkan dengan kompetitor.

Secara dimensi Wuling Confero memiliki panjang 4.530 mm, lebar 1.691 mm dan tinggi 1.730 (termasuk roof rail). Bagasinya bisa mencapai 250 liter jika semua bangkunya terpasang untuk penumpang. Mobil ini didukung dengan wheelbase sebesar 2720 mm, dengan ground clearance 205 mm.

Baca juga:

Interior Wuling Confero

Interior Confero S
Interior Wuling Confero S

Sisi interior menjadi salah satu yang cukup menarik perhatian banyak konsumen. Karena mobil ini mampu 7 orang penumpang (tipe dengan jok captain seat). Untuk tipe lainnya juga bisa menampung 8 orang penumpang, kabin pun cukup luas.

Dasbor menggunakan material berbahan plastik, dengan dominasi warna gelap. Menariknya, pada bagian tengah dasbor terdapat sebuah jam kecil seperti di mobil-mobil mewah. Mungkin kesan inilah yang ingin ditonjolkan oleh mobil ini.

Pada lingkar kemudi juga dilengkapi audio steering switch yang bisa digunakan untuk mengatur volume hiburan dari head unit. Dengan balutan krom di beberapa bagian, Wuling sepertinya memang benar-benar berusaha membuat mobil ini terlihat mewah.

Baca juga  Sejarah Wuling Motors Indonesia, Menggebrak Sejak 2015

Bagian kursi penumpang dan pengemudi, seluruhnya menggunakan bahan kulit sintetis. Dari segi kenyamanan memang sudah cukup memenuhi, terlebih lagi ruang yang diberikan untuk penumpang sangatlah luas. Belum lagi hampir setiap kursi memiliki arm rest dan juga seatbelt untuk keamanan.

Fitur Wuling Confero

Wuling Confero S ACT
Wuling Confero S ACT

Wuling Confero dibekali dengan sejumlah fitur modern, seperti Tire Pressure Monitoring System, Anti-lock Braking System (ABS), rem belakang cakram, electronic brake force distribution (EBD), kamera parkir belakang.

Dalam menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang di dalam kabin. Mobil ini sudah tersedia dual SRS airbag di depan, 4 sensor parkir belakang dan 2 sensor parkir di depan, ISOFIX, auto unlock collision serta auto door lock by speed.

Untuk sistem keamanannya, Wuling Confero S punya Immobilizer, smart key dan anti-theft system. Sistem kenyamanan, ada multi information display (MID), leveling headlamp, electric fuel tank opener, power outlet USB semua baris kursi, steering switch audio control dan head unit layar sentuh 8 inci.

Mesin

Mesin Wuling Confero
Mesin Wuling Confero

Wuling Confero S disematkan mesin 1.485 cc empat silinder segaris DOHC, D-VVT. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 107 dk pada 5.800 rpm dengan torsi maksimal 142 Nm pada 3.800 sampai 4.400 rpm.

Mesin tersebut tahap awal hanya ditawarkan dalam pilihan transmisi 5-percepatan manual.

Perjalanan Wuling Confero S ACT di Indonesia

Perjalanan Wuling Confero S ACT Indonesia

Dua tahun berselang, Wuling pun membuat gebrakan kembali dengan meluncurkan Wuling Confero S ACT, yang merupakan varian semi otomatis. Produk ini menawarkan kenyamanan berkendara mobil manual, bercita rasa matik.

Berbeda dengan varian Confero lainnya, produk ini dilengkapi dengan teknologi transmisi e-clutch lansiran Schaeffler yang dioperasikan dengan mudah.

Baca juga  Sejarah Wuling Almaz, Menggebrak dengan Teknologi Canggih

Tanpa memerlukan pedal kopling, namun tetap menjaga pengalaman mengganti gigi pada tuas transmisi.

Ubahan pada Wuling Confero S ACT, jika dibandingkan dengan tipe lainnya, terletak pada sentuhan berjiwa muda berkat pengaplikasian Black Ambience With Red Stitches dan aksen Red Carbon Style pada panel pintu dan head unit.

Tak hanya itu, Wuling pun menghadirkan beberapa fitur tambahan mulai dari Electric Adjustable Foldable Mirror, Emergency Stop Signal (ESS) hingga driver seat height adjuster di Confero S ACT.

Terdapat lima pilihan warna untuk Confero S ACT, yaitu Carnelian Red, Pristine White, Dazzling Silver, Aurora Silver dan Starry Black.

Perjalanan Wuling Motors Indonesia, Ditopang Penjualan Confero

Confero
Wuling Confero diproduksi lokal

Penjualan Wuling Motors Indonesia ditopang oleh Wuling seri Confero. Di mana sejak diluncurkan di tahun 2017 lalu, hingga saat ini Confero berhasil terjual sebanyak 26.550 unit.

Sementara penjualan Wuling Motors untuk pasar domestik sejak 2017 hingga Maret 2020 mencapai 46.362 unit. Inilah bukti perjalanan Wuling Confero di Indonesia sudah berada pada jalur yang benar. Semoga terus bertahan.

Kemudian, kita tentu mengharapkan penyegaran dari mobil tersebut. Pasalnya sejak 2017 hingga 2020, Wuling Confero belum mendapat penyegaran berarti. Penyegaran terakhir terjadi pada 2019, mereka cuma menambah varian baru yaitu S ACT dengan transmisi semi otomatis.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru