by

Biaya Ganti Plat Motor, Ini Syarat dan Ketentuannya!

Biaya Ganti Plat Motor – Para pemilik kendaraan sewajibnya mengetahui biaya ganti plat motor yang berlaku setiap lima tahun sekali. Pengurusan ganti plat motor pun ada sejumlah syarat dan biaya yang perlu kamu siapkan.

Pemilik motor pun sebaiknya jangan sampai menunggak pajak pembayaran motor terlalu lama. Karena penunggak pajak motor akan mendapatkan sanksi dikemudian hari.

Sanksinya mulai dari denda, hingga tidak bisa memperpanjang lagi. Kalau demikian, bukan tidak mungking motor kamu jadi ilegal. Tentu kamu tidak mau kan?

Sebelum kita jauh membahas biaya ganti plat motor, alangkah baiknya jika kita mengupas lebih dahulu syarat dan prosedur apa saja yang diperlukan. Pasalnya banyak yang lupa, terlebih karena proses ganti plat motor ini dilakukan tiap lima tahun sekail.

Lalu apa saja syarat ganti plat motor yang dibutuhkan? Berikut ulasan lengkapnya:

Syarat Ganti Plat Motor

Syarat Bayar Pajak motor
Membayar pajak kendaraan bermotor kamu wajib ketahui syarat-syaratnya

Sebelum kemana-mana, kamu bisa persiapkan dokumen untuk syarat ganti plat motor dari rumah. Adapun sejumlah dokumen-dokumen yang wajib dilengkapi antara lain:

  • STNK asli dan fotokopi
  • KTP asli sesuai STNK dan fotokopi
  • BPKB asli dan fotokopi

Di samping itu, kamu juga perlu menyiapkan motor yang ingin diganti plat nomornya. Bahkan kamu perlu membawanya ke Samsat, lantaran nanti bakal ada uji cek fisik. Sebelum pergi, tidak ada salahnya cuci motor dulu.

Sebagai catatan penting untuk kamu, bila mengurus pergantian plat motor diwakilkan oleh orang lain. Kamu juga perlu mempersiapkan surat kuasa untuk melengkapi persyaratan dokumen.

Jika BPKB asli tidak ada, karena masih berada di leasing. Kamu bisa membawa surat keterangan dari leasing. Surat keterangan tersebut, menjelaskan bahwa BPKB asli masih berada di pihak leasing. 

Seluruh syarat ganti plat motor yang dibutuhkan, sebaiknya kamu konfirmasi ulang ke petugas Samsat di daerah kamu berada. Karena setiap daerah memiliki aturan yang berbeda-beda.

Dengan membawa BPKB asli menjadi syarat utama dalam mengurus pergantian plat, karena jika kamu tidak dapat menunjukkan BPKB asli. Motor yang kamu miliki terindikasi sebagai motor curian.

Nah, jika seluruh persyaratan dokumen yang dibutuhkan lengkap, masukkanlah ke dalam satu map agar tidak berceceran. Selanjutnya kamu bisa mendatangi Samsat terdekat dari rumah.  Setelah datang ke Samsat terdekat, kamu bisa melakukan apa yang diarahkan oleh petugas terkait ganti plat motor lima tahunan.

Baca juga:

Baca juga  5 Tips Berkendara Motor Saat Musim Hujan, Utamakan Safety!

Langkah-Langkah Ganti Plat Motor Berikut Biaya yang Dikeluarkan

Biaya ganti plat motor
Biaya ganti plat motor tidak sedikit, perlu siapkan uang lebih

Setelah seluruh syarat ganti plat motor yang dibutuhkan sudah siap. Kamu harus persiapkan diri. Gunakanlah pakaian yang rapi, seperti kemeja, celana panjang, dan juga sepatu. Selanjutnya pergilah ke Samsat terdekat.

Ikutilah sejumlah prosedur ganti plat motor, yang kamu harus ketahui  termasuk menyiapkan biaya. Jangan pikir proses ini gratis, perlu ada biaya yang harus dikeluarkan dan tidak sedikit.

Tentu semua biaya yang dibayarkan adalah resmi. Kamu perlu menghindari memberi tips ke petugas, lantaran itu tidak diperlukan sama sekali.

1. Pendaftaran Ganti Plat Motor

Plat kendaraan

Langkah pertama yang kamu lakukan ketika ganti plat motor tentunya harus pendaftaran terlebih dulu. Kamu bisa menyambangi loket pendaftaran di Samsat sesuai domisili tempat tinggalmu.

Dilanjutkan, kamu bisa melakukan cek pemeriksaan fisik kendaraan. Sebelum itu, kamu wajib pastikan seluruh dokumen dan berkas yang diperlukan sudah tersedia.

Lalu kamu bisa menyerahkan seluruh dokumen tersebut di loket pendaftaran, lalu ikuti arahan petugas selanjutnya. Biasanya kamu akan diberikan kertas gesek untuk mengecek nomor rangka mesin kendaraanmu.

Proses selanjutnya, gesek nomor rangka mesin bersama petugas. Pastikan kamu tidak memberikan uang, saat proses pemeriksaan fisik ini berlangsung. Karena proses ini tidak dipungut biaya.

2. Legalisir dan Isi Formulir

Peraturan Plat Nomor Motor
Pelat nomor dan STNK baru kamu wajib ambil

Serahkan bukti pemeriksaan fisik ke loket bagian legalisir.  Setelah itu, isi formulir yang tersedia terkait data motor dan pemilik motor.

Sebaiknya isi formulir dengan kondisi sebenar-benarnya. Hal ini akan memudahkan petugas dalam melakukan pencocokan data. Proses ini juga bebas biaya alias gratis.

3. Lakukan Pembayaran

syarat perpanjang stnk dan Plat Motor

Tahap akhir yang kamu harus lalui, adalah proses pembayaran ganti plat motor. Setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan tanda bukti dan selanjutnya bisa digunakan untuk mengambil plat motor baru.

Dalam proses ini kamu perlu menyiapkan sejumlah dana untuk membayar biaya ganti plat motor. Sebagai gambaran untukmu, biaya ganti plat motor sebenarnya sangat terjangkau.

Terpentingnya, kamu sebaiknya tidak menggunakan jasa calo. Agar biaya yang kamu harus keluarkan untuk ganti plat motor tidak efisien. Namun, tentu saja kita perlu menyediakan waktu untuk hal ini agar ganti plat nomor lebih efektif.

Biaya Ganti Plat Motor

biaya ganti plat motor
Penggantian plat nomor motor dilakukan tiap lima tahun sekali

Ganti plat motor tentu tidak gratis. Ada sejumlah biaya ganti plat motor yang perlu dibayarkan. Jumlahnya tidak terlalu banyak, kalau kamu mengurusnya sendiri.

Sementara jika melakukanya dengan calo, biaya ganti plat motor bakal semakin mahal. Berikut rincian biayanya:

Baca juga  Cara Membedakan Pelumas Shell Asli atau Palsu

Komponen

Jenis

Tarif Baru

Penerbitan STNK

STNK Baru Roda 2 atau Roda 3

Rp 100.000

STNK Perpanjangan Roda 2 atau Roda 3

Rp 100.000

STNK Baru Roda 4 atau Lebih

Rp 200.000

STNK Perpanjangan Roda 4 atau Lebih

Rp 200.000

Penerbitan STNK-Lintas Batas Negara

STNK Baru Roda 2 atau Lebih

Rp 100.000

STNK Perpanjangan Roda 2 atau Lebih

Rp 100.000

STNK Baru Roda 4 atau Lebih

Rp 200.000

STNK Perpanjangan Roda 4 atau Lebih

Rp 200.000

Pengesahan STNK

Roda 2 atau Roda 3

Rp 25.000

Roda 4 atau Lebih

Rp 50.000

Penerbitan Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor (STCK)

Roda 2 atau Lebih

Rp 25.000

Roda 4 atau Lebih

Rp 50.000

Penerbitan TNKB (Tanda Resident Coba Kendaraan)

Roda 2 atau Lebih

Rp 60.000

Roda 4 atau Lebih

Rp 100.000

Penerbitan TNKB-Lintas Batas Negara

Roda 2 atau Lebih

Rp 100.000

Roda 4 atau Lebih

Rp 200.000

Biaya ini belum termasuk iuran SWDKLLJ atau asuransi kecelakaan dari Jasa Raharja. Sebagai informasi tambahan, biaya ganti plat motor di atas merupakan perkiraan.

Kemungkinan biaya ganti plat motor di berbagai daerah akan berbeda. Biaya ganti plat motor tersebut juga belum termasuk pembayaran SWDKLLJ serta denda yang mungkin saja wajib kamu bayarkan.

Jauh sebelum itu, kamu sepatutnya harus melihat tanggal masa akhir berlakunya STNK terkait. Agar tidak terkena denda. Pasalnya, denda yang dikenakan tersebut tentunya bisa menghemat anggaran maupun dibayarkan untuk asuransi kecelakaan.

Lama Waktu Ganti Plat Nomor motor atau TNKB

ganti plat nomor motor
Datang ke SAMSAT untuk mengganti plat nomor motor, mungkin butuh waktu 2 jam

Dikalkulasikan proses perpanjangan STNK dan ganti plat nomor motor lima tahunan membutuhkan waktu sekitar 1 jam hingga 2 jam.

Pemerintah juga mengimbau untuk tidak melakukan pembayaran apa pun tanpa kuitansi dengan cap PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Jadi perlu diingat, tidak ada tips untuk petugas.

Informasi penting buat kamu, jika menggunakan jasa calo. Biasanya kamu perlu mengeluarkan dana sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu. Biaya tersebut belum termasuk pajak wajib yang kamu bayarkan.

Waktu yang dibutuhkan pun tak berbeda jauh, jika kamu mengurusnya secara mandiri. Untuk itu, sebaiknya kamu tidak menggunakan jasa calo, Sob!

Ganti Plat Motor dari Luar Kota

Dilarang Merubah Plat Nomor

Buat kamu yang ingin ganti plat motor diluar kota. Proses dan biaya yang dikeluarkan tidak jauh berbeda, serta prosesnya pun hamper serupa, bedanya ada pemeriksaan fisik motor bantuan.

Caranya, kamu hanya perlu mendatangi kantor Samsat terdekat, dan membawa sejumlah dokumen serta syarat yang ditentukan. Lalu melakukan cek fisik kendaraan di sana.

Baca juga  Ganti Oli Motor Lihat Jarak atau Waktu? Ini yang Benar!

Bawa STNK asli, 1 fotocopy STNK,  1 fotocopy KTP dan KTP asli sesuai nama di STNK, kemudian ke kantor samsat, dan langsung antri bersama motormu di tempat cek fisik. Setelah itu kamu bisa membawa berkas cek fisik ke loket.

Selanjutnya kamu bisa menunggu panggilan dari petugas untuk mengambil kembali berkas dan cek fisik yang dilakukan. Jika kamu sudah mendapatkan berkas tersebut, kamu bisa mengirimkan berkas ke kampung halamanmu untuk melakukan pembayaran dan mendapatkan plat motor.

Mengurus Pergantian Plat Motor Diwakilkan

 

Plat Motor
Kamu bisa mewakilkan pengurusan ganti plat nomor motor ini

Dalam pengurusan pergantian plat motor, kamu bisa dibantu oleh keluarga atau kerabat yang ada di kampung halaman untuk mengurus ke Samsat dan memberikan berkas cek fisik yang telah dilakukan.

Setelah itu, kamu tinggal menunggu plat motor baru dikirimkan dari kampung halaman. Proses cek fisik bantuan untuk ganti plat motor luar kota ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Hanya saja kamu akan memiliki tambahan beban biaya, karena harus mengirimkan ke luar kota. Sedangkan pembayaran pajak STNK maupun pembayaran ganti plat nomor dilakukan di Samsat kampung halamanmu.

Selama proses pergantian plat, kamu masih bisa tetap beraktivitas dengan sepeda motor. Karena plat motor lama tidak perlu dikirimkan, hanya berkas pemeriksaan fisik bantuan saja yang kamu wajib kirimkan.

Kisaran Biaya Ganti Plat Nomor Cantik

Plat Nomor yang sering jadi incaran

Tak hanya perpanjangan STNK dan penerbitan plat nomor baru, penetapan tarif juga dikenakan pada pemesanan nomor kendaraan atau plat pilihan yang dikenal juga dengan nomor cantik, yang sebelumnya tidak dikenakan biaya. Berikut biaya pemesanan pelat nomor cantik.

Rincian

Biaya (Rp)

Nomor 1 angka tidak ada huruf

20.000.000

Nomor 1 angka ada huruf

15.000.000

Nomor 2 angka tidak ada huruf

15.000.000

Nomor 2 angka ada huruf

10.000.000

Nomor 3 angka tidak ada huruf

10.000.000

Nomor 3 angka ada huruf

7.500.000

Nomor 4 angka tidak ada huruf

7.500.000

Nomor 4 angka ada huruf

5.000.000

Baca juga:

Bagaimana, sekarang sudah tahukan mengenai proses ganti plat nomor motor, beserta biaya dan juga perpanjangan STNK. Mudah bukan? Yakin masih mau menggunakan jasa calo.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kamu, dan juga bisa membantu dalam proses ganti plat nomor motor, dan juga perpanjang STNK tahunan dan 5 tahunan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru