by

Sejarah Honda Mobilio, Dari Generasi ke Generasi

Sejarah Honda Mobilio – Bicara segmen multi purpose vehicle (MPV) tentunya tak ada habisnya di Indonesia. Pasalnya pabrikan otomotif dunia berlomba menjajakan produk mobil keluarga untuk pasar Nasional. Salah satu yang cukup diminati adalah Honda Mobilio.

Honda Mobilio sendiri diperkenalkan ke Tanah Air pada bulan September 2013, bersamaan dengan digelarnya ajang Indonesia International Motor Show (IIMS). Low MPV ini kemudia baru resmi dipasarkan pada bulan Januari 2014.

Sedikit mengulas ke belakang soal sejarah Honda Mobilio, sejatinya mobil ini sudah ada sejak tahun 2001. Namun pasar yang dibidik kala itu ditujukan untuk konsumen Jepang. Kiprahnya sendiri cukup menarik, sebelum perannya digantikan Honda Freed.

Mobilio adalah mobil keluarga tujuh penumpang yang diproduksi pabrikan mobil asal Jepang, Honda. Generasi pertama Mobilio yang diproduksi tahun 2001-2008, merupakan seri kedua dari Honda Small Max. Mobil ini dibangun dari konsep Honda’s Global Small Platform dengan mesin i-DSI.

Generasi pertama harus berhenti produksi di bulan Mei 2008, setelah Honda Freed diperkenalkan untuk menggantikan Mobilio.

Penasaran ingin tahu sejarah Honda Mobilio, sekaligus perjalanannya dari waktu ke waktu? Simak ulasannya berikut ini:

Generasi Pertama Honda Mobilio (2001-2008)

Sejarah Honda Mobilio Gen 1
Sejarah Honda Mobilio Gen 1

Produk Honda ini dirancang sebagai MPV kompak bermesin 1.5 liter yang ditujukan untuk mendukung kebutuhan keluarga. Secara tampilan Mobilio generasi pertama memiliki desain yang jauh berbeda dengan generasi kedua, yang hingga saat ini dipasarkan di Indonesia.

Desainnya boxy, lekukannya pun terlihat kaku. Dengan dominasi desain kotak-kotak di sejumlah bagian. Mobil ini pertama kali rilis di negeri asalnya pada tahun 2001 silam.

Satu tahun berselang Honda mengukir sejarah baru dengan merilis Mobilio Spike di bulan September 2002, yang merupakan model kedua Honda Small Max.

Pihak pabrikan mengklaim Honda Mobilio merupakan salah satu mobil 7-penumpang yang memiliki konsumsi bahan bakar terbaik di kelasnya.

Berdasarkan pengujian Honda kala itu, konsumsi BBM Honda Mobilio generasi pertama mencapai 17,2 km/l. Mobil ini juga menyuguhkan ruang kargo yang luas, sebesar 6,09 kaki (1,86 m) dan tinggi 3,6 kaki (1,10 m).

Guna menunjang fleksibilitas dalam kabin, Honda Mobilio generasi pertama menggunakan pintu geser, seperti Honda Freed. Karena memang mobil ini di Jepang perannya digantikan Honda Freed di bulan Mei 2008.

Baca juga  Bocor Sosok MPV Murah Hyundai Diuji Jalan, Rival Avanza

Pada sektor jantung pacunya, mobil ini didukung mesin 1.5L VTEC yang dirancang memiliki konsumsi BBM yang efisien. Mesin tersebut dipadukan dengan transmisi Honda Multimatic S (CVT), pada Mobilio Spike.

Transmisi tersebut merupakan generasi baru CVT Honda dengan mode 7-percepatan yang menawarkan tiga mode berkendara, yakni mode pergeseran otomatis 7-percepatan, mode 7-percepatan manual, serta tersedia mode penggerak empat roda.

Generasi kedua Honda Mobilio berkode DD4 yang Dipasarkan di Indonesia (2014–sekarang)

Honda Mobilio Gen II
Honda Mobilio Gen II yang dipasarkan dan diproduksi di Indonesia

Sejarah Honda Mobilio untu pasar Indonesia dimulai dari generasi ke dua ini. Dibangun dari platform Honda Brio. Produk ini dirakit di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat.

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim bahwa produk low MPV ini, secara khusus dirancang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan karakter jalan di Indonesia dengan harga yang terjangkau.

Model ini juga sepenuhnya dirakit di Indonesia dan mempunyai kandungan lokal hingga mencapai 86 persen.

Honda Mobilio tidak hanya ditujukan bagi pasar otomotif Indonesia saja, melainkan untuk pasar ekspor juga. Di mana Honda Mobilio juga mulai diperkenalkan untuk pasar India pada bulan Juli 2014, lalu disusul Thailand pada September 2014, dan Afrika Selatan di bulan Oktober.

Produk ini dibekali mesin 1.5L L15Z1 i-VTEC 16 valve dengan tenaga 118 ps, dengan torsi maksimal 145 Nm. Tahap awal, Honda Mobilio ditawarkan dalam beberapa varian, seperti tipe S, E, E CVT, E CVT Prestige, RS dan RS CVT.

Mobilio RS (2014)

Honda MObilio RS 2014
Mobilio RS 2014

Lima bulan berselang, tepatnya pada tanggal 19 Juni 2014. PT HPM meluncurkan varian sporty, yaitu Honda Mobilio RS. Berbeda dari model RS sebelumnya, produk ini memiliki tampilan yang lebih sporty, serta sudah dilengkapi dengan body kit baru, lampu depan proyektor with DRL.

Eksterior semakin menarik berkat hadirnya pelek berukuran 15 inci.

Interior mobil ini didominasi kelir hitam, sudah tersedia tweeter untuk menunjang kenyamanan. Audio steering switch untuk memudahkan pengemudi mengatur fitur hiburan. Kekedapan kabin pada Mobilio RS pun lebih baik.

Ubahan yang diusung cukup signifikan, jika dibandingkan dengan varian Prestige. Varian RS ini ditawarkan dengan warna-warna baru, dengan Carnelian Red Pearl dan Modern Steel Metallic menggantikan Polished Metal Metallic, dan warna-warna lain dalam Mobilio standar juga ditawarkan kecuali Premium Blue Pearl.

Baca juga  Menanti Honda Mobilio Terbaru, Body Lebih Bongsor?

Mesin masih sama, dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau transmisi CVT.

Facelift dirilis di Indonesia (2017)

Mobilio Facelift 2017
Mobilio Facelift 2017

PT HPM terus melakukan penyempurnaan pada produk LMPV satu ini. Tepatnya pada tanggal 12 Januari 2017 di Djakarta Theater XXI, versi facelift Honda Mobilio dan Mobilio RS resmi diluncurkan di Indonesia.

Setelah tiga tahun tanpa ubahan signifikan kecuali dasbor baru. New Honda Mobilio ditawarkan dalam tiga varian yaitu S M/T, E M/T dan E CVT. Sementara New Honda Mobilio RS ditawarkan dalam dua varian yakni RS M/T dan RS CVT.

Ubahan paling terlihat pada bagian eksterior, tetapi ada juga di interior, serta penambahan beberapa fitur baru. Penyegaran desain terfokus pada bagian wajah, mulai bentuk gril baru, kap mesin, dan lampu utama yang kini dilengkapi LED Light Guide.

Sebagai penunjang tampilan, pelek juga mendapat sentuhan baru dengan dimensi 15 inci. Sedangkan, bagian belakang sentuhan minimalis berupa garnis pada dudukan plat nomor.

Spion kini juga sudah bisa dilipat berkat Power Retractable Door Mirror. Sejumlah ubahan itu, membawa sejarah baru bagi Honda Mobilio yang kini semakin terasa mewah.

Sisi interior diklaim lebih nyaman, berkat sandaran kepala yang terpisah, berbeda dari model sebelumnya. Jok baris kedua juga terasa lebih tebal busanya, serta tombol pengatur audio pada lingkar kemudi.

Honda masih mengandalkan mesin lawas, 1.5 liter bertenaga 115 dk dan torsi 145 Nm. Tetapi, mesin ini juga diklaim lebih canggih karena sudah setara dengan standar Euro IV.

New Honda Mobilio S tipe manual dibanderol Rp 189, 5 juta, selanjutnya tipe E M/T Rp 210 juta, E CVT Rp 221 juta, kemudian RS M/T Rp 233,3 juta, dan RS CVT Rp 243,5 juta.

New Honda Mobilio Special Edition (2018)

Honda Mobilio Special Edition 2018
Honda Mobilio Special Edition 2018

Selanjutnya, HPM kembali meluncurkan New Honda Mobilio E CVT Special Edition pada bulan April bersamaan digelarnya ajang IIMS 2018. Ubahan pada model ini hanya sebatas kosmetik saja.

Penampilannya mengalami sejumlah ubahan. Dengan sejumlah perubahan, diharapkan daya tariknya meningkat agar bisa terus bertahan di persaingan keras LMPV yang kian banyak kompetitornya.

Sektor eksterior Mobilio Special Edition dipermewah dengan desain gril baru dan garnish pada lampu kabut. Sementara bagian buritan dilengkapi dengan Exhaust Pipe Finisher (corong knalpot) baru.

Baca juga  6 Kekurangan Honda Mobilio, Cek Sebelum Beli

Penampilan sampingnya memakai pelek alloy 15 inci berdesain baru. Bagian kabin juga ada yang ditingkatkan, melalui hadirnya layar sentuh berukuran 8 inci sebagai pusat infotainment yang didukung beragam konektivitas.

Jok pengemudi juga ditambahkan arm rest yang bisa mendukung kenyamanan berkendara. Mobilio Special Edition juga membawa fitur standar pada Mobilio biasa.

Termasuk LED Light Guide, kamera parkir mundur, AC double blower, rem dengan ABS+EBD, keyless entry, immobilizer dan alarm system. Ada enam pilihan warna, dan warna spesial Pearl dan Metallic.

Honda Mobilio RS facelift (2019-Kini)

Mobilio facelift 2019
Versi facelift 2019

Tepat di tanggal 21 Februari 2019, menjadi sejarah baru meluncurnya Honda Mobilio yang kembali mendapatkan penyegaran.

New Honda Mobilio mendapatkan penyegaran berupa lampu depan proyektor dengan LED DRL untuk varian New Honda Mobilio E dan RS.

Varian New Honda Mobilio RS dibekali two tone alloy wheel berukuran 15 inci dengan desain baru. Sedangkan untuk varian New Honda Mobilio E mendapatkan desain alloy wheel yang digunakan pada varian New Honda Mobilio RS sebelum penyegaran.

Sementara untuk varian New Honda Mobilio S mengusung desain gril dan pelek yang sama dengan yang digunakan pada New Honda Mobilio E CVT Special Edition.

New Honda Mobilio S dan E mendapatkan head unit layar sentuh resistif berukuran 6.2 inci dengan koneksi Bluetooth, telepon bebas genggam, kamera mundur, serta pemutar CD dan DVD.

Pada varian New Honda Mobilio RS mendapatkan penyegaran berupa antena sirip hiu, lampu belakang kombinasi model smoked, hiasan oranye di dashboard, jahitan merah di kursi, desain baru meter cluster dengan logo RS dan head unit layar sentuh kapasitif berukuran 8 inci.

Harga New Honda Mobilio tidak naik dibandingkan dengan model sebelum penyegaran ini. Penyegaran pada New Honda Mobilio ini diluncurkan di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, bersamaan dengan versi facelift dari Honda Civic sedan generasi kesepuluh.

Itulah tadi pembahasan sejarah Honda Mobilio dari masa ke masa. Apakah salah satunya ada yang kamu punya? Kalau ada, jangan lupa tulis pengalaman kamu berkendara bersamanya ya di kolom komentar.

Baca juga:

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru