by

Uji Konsumsi BBM Mobilio, Benarkah Efisien?

Berapa konsumsi BBM Mobilio? Mungkin pertanyaan ini kerap menghampiri pikiran kalian yang ingin membeli mobil jenis low multi purpose vehicle (LMPV) andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) tersebut.

Syarat utama sebuah mobil keluarga 7-penumpang untuk dapat bersaing di Indonesia. Tentunya wajib memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien.

Hal ini juga turut ditawarkan oleh Honda Mobilio, yang bersaing di segmen LMPV. Di mana untuk urusan konsumsi BBM Mobilio cenderung efisien, mampu menampung banyak penumpang dan barang, serta punya harga yang terjangkau.

Tidak sebatas itu saja, Honda Mobilio juga punya desain yang modern, serta telah dilengkapi dengan beragam fitur yang dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat.

Suku cadang Honda Mobilio pun cenderung mudah didapat, serta biaya perawatannya pun terjangkau. Pertanyaannya, lalu seperti apa kemampuan mesin dan juga konsumsi BBM Mobilio?

Berikut ini Moladin akan mengulas sejumlah mesin dan juga konsumsi BBM Mobilio secara lengkap. Ingin tahu seperti apa rival kuat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Menguji Konsumsi BBM Mobilio

konsumsi BBM Mobilio
Menguji konsumsi BBM Mobilio

Bila membagas mengenai konsumsi BBM Mobilio, dirasa kurang pas jika tidak membahas mengenai sektor mesin yang tersedia di mobil yang satu ini. Honda Mobilio dibekali mesin mesin 1.5 liter, 4 silinder, 16 Valve SOHC i-VTEC. Tenaga yang dihasilkan sebesar 116 dk dengan torsi sebesar 145 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi 5-percepatan manual dan juga transmisi otomatis CVT. Mobil ini menggunakan penggerak roda depan.

Untuk urusan konsumsi BBM Mobilio patut diacungi jempol, Sob! Pasalnya berdasarkan hasil pengujian, konsumsi bahan bakar Honda Mobilio yang pernah dilakukan tim Moladin mencapai 21,4 km/liter. Konsumsi BBM tersebut berdasarkan jalur kombinasi di perkotaan.

Baca juga  Suzuki XL7 Zeta Vs Honda BR-V S, Komparasi SUV Termurah!

Pengujian terhadap konsumsi BBM Mobilio itu menempuh rute dari kantor pusat Honda di Sunter menuju Sentul City, yang memiliki jarak sejauh 61 km. Hasil tersebut terungkap pada layar MID (Multi Information Display) di panel dasbor Honda Mobilio.

Membahas mengenai tenaga, mobil ini dirasa mumpuni. Tak hanya sebatas efisien saja, respon mesin terasa sejak pertama kali pedal gas diinjak.

Perpindahan transmisi CVT terasa lembut. Kebetulan, Moladin sempat mencicipi ketangguhan Honda Mobilio E CVT, sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Seperti diketahui, untuk varian otomatis, Honda Mobilio didukung dengan transmisi otomatis CVT. Perpindahan transmisi dirasa halus, sejak putaran bawah mesin.

Konsumsi BBM Mobilio yang efisien tak lepas dari support transmisi yang mumpuni. Pencapaian konsumsi bahan bakar yang efisien itu tentunya cukup baik untuk sekelas mobil jenis MPV.

Besar kemungkinan bahwa pencapaian konsumsi BBM Mobilio akan lebih baik untuk pilihan transmisi manual. Namun kembali lagi tergantung dari cara berkendara, dan juga jenis bahan bakar yang digunakan.

Ketika melakukan pengujian konsumsi BBM Mobilio, kami menggunakan bahan bakar Pertamax dengan RON 92. Menariknya lagi, tak hanya sebatas efisien, mobil ini juga menawarkan handling yang mumpuni, serta sistem kemudi yang cenderung ringan.

Setir kami rasa masih mampu mengkonversi sudut putar dengan baik pada penggerak roda depan. Selain itu, pengendaliannya juga didukung suspensi yang akomodatif.

Mobilio terasa minim bantingan, penggunaan suspensi macpherson strut di bagian depan dan torsion beam dibagian belakang tepat rasanya. Ketika harus berhadapan dengan jalan berlubang, bergelombang, redamannya tidak mengganggu kenyamanan kabin.

Ketika proses pengujian, kabin hanya diisi oleh dua orang penumpang di dalam kabin. Saat berada dibalik kemudi maupun sebagai penumpang, Honda Mobilio terasa nyaman untuk melibas hambatan.

Baca juga  Spesifikasi Toyota Sienna, Alphard Kalah Mewah?

Pesaing Mitsubishi Xpander ini juga menawarkan kenyamanan maksimal bagi pengemudi dan penumpang. Daya redam di dalam kabin masih cenderung baik, tidak ada suara bising yang masuk ke dalam kabin.

Selain konsumsi BBM Mobilio yang efisien, namun mobil ini juga menawarkan sejumlah keunggulan yang ditawarkan untuk konsumen. Bagi kalian yang tertarik memiliki mobil ini, tentunya wajib mengetahui sejumlah keunggulan yang ditawarkan.

Mengungkap Kelebihan Honda Mobilio

mengungkap konsumsi BBM Mobilio
Honda Mobilio menawarkan sejumlah keunggulan, selain punya konsumsi BBM yang efisien

Keunggulan lain yang dimiliki Honda Mobilio adalah dimensi yang kompak. Di atas kertas, Honda Mobilio memiliki panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm. Wheelbase yang ditawarkan mobil ini sebesar 2.650 mm.

Dengan dimensi tersebut, rasanya mampu mengakomodir 7-penumpang dengan leluasa hingga di baris ketiga. Bagasinya pun cukup luas, untuk dapat membawa barang bawaan lebih, ketika ingin melakukan perjalanan jauh.

Sayangnya, dengan tinggi yang dimiliki tersebut. Memang lebih rendah dibandingkan kompetitor yang beredar saat ini di Indonesia.

Pun begitu, untuk urusan handling, Honda Mobilio cenderung asyik untuk dikendarai. Baik ketika menjadi pengemudi dan juga penumpang.

Dari sisi eksterior, Honda Mobilio mengusung desain dan fitur modern. Terlebih untuk versi facelift 2019 yang dipasarkan hingga saat ini.

Di mana selain didukung dengan konsumsi BBM Mobilio yang efisien. Tampilannya juga sudah dilengkapi dengan lampu depan proyektor dengan LED DRL untuk varian Honda Mobilio E dan RS.

Pada varian RS, juga didukung dengan two tone alloy wheel berukuran 15 inci dengan desain sporty. Untuk varian Honda Mobilio E mendapatkan desain alloy wheel yang digunakan pada varian Honda Mobilio RS model sebelumnya.

Baca juga  Per yang Cocok untuk Avanza, Pakai Punya BMW atau Volvo

Khusus pada varian S, kelebihan Honda Mobilio memiliki desain gril dan pelek yang tak kalah modern. Dibandingkan varian E dan RS.

Di bagian belakang, Honda Mobilio sudah dilengkapi dengan lampu jenis LED, yang semakin menunjang tampilan terasa lebih modern.

Sedikit mengulas kebelakang, Honda Mobilio dibangun dari basis Honda Brio. Dengan kata lain bisa dibilang mobil ini sebagai Honda Brio versi tiga baris.

Didukung Fitur-Fitur Modern

Fitur Honda Mobilio
Mobilio jadi salah satu LMPV yang sudah didukung dengan fitur modern

Small MPV Honda ini bukan hanya didukung konsumsi BBM Mobilio yang hemat. Namun untuk urusan fitur, juga sudah cukup lengkap, terlebih pada sisi keselamatan yang ditawarkan.

Fitur yang tersedia pada eksterior antara lain LED Light Guide, Day Time Running Light (DRL), dan fitur lain power retractable door mirror. Lampu belakang kombinasi model smoked.

Beralih ke interior, Honda Mobilio sudah dilengkapi dengan AC digital yang sudah double blower. Head unit layar sentuh 8 inci untuk varian RS dan 6,2 inci untuk varian lainnya. Head unit tersebut sudah terkoneksi dengan bluetooth, telepon bebas genggam, kamera mundur, serta pemutar CD dan DVD.

Ada juga control steering switch yang memudahkan pengemudi mengatur fitur hiburan ketika berkendara. Mobil ini juga didukung dengan fitur keamanan modern seperti kamera parkir mundur, rem dengan ABS+EBD, dual SRS airbag, keyless entry, immobilizer dan alarm system.

Well.. gimana tertarik untuk punya Honda Mobilio untuk menunjang mobilitas sehari-hari? Semoga informasi mengenai konsumsi BBM Mobilio ini dapat bermanfaat buat kalian yang ingin mencari sebuah mobil keluarga yang hemat, nyaman, dengan harga terjangkau.

Baca juga:

Terbaru