by

Menakar Konsumsi BBM Xpander, Irit Apa Boros?

Membahas mengenai konsumsi BBM Xpander, banyak pengguna mengklaim mobil ini cukup efisien dalam menunjang mobilitas sehari-hari. Pertanyaannya benarkah Mitsubishi Xpander irit?

Seperti diketahui, kebanyakan masyarakat Indonesia memilih mobil jenis low multi purpose vehicle (LMPV). Lantaran punya konsumsi bahan bakar yang efisien, mampu menampung banyak penumpang dan barang, serta memiliki harga terjangkau.

Di sisi lain, kini sejumlah mobil keluarga 7-penumpang itu sudah didukung dengan beragam fitur-fitur modern. Terlebih untuk urusan desain, Mitsubishi Xpander bisa dibilang unggul dikelasnya.

Mitsubishi Xpander merupakan LMPV pertama yang memiliki desain yang revolusioner. Di mana mobil ini menyajikan desain MPV ala sport utility vehicle (SUV).

Tangguh, dan juga modern menjadi daya tarik mobil yang satu ini. Maka tak heran, beberapa tahun terakhir Mitsubishi Xpander kerap menjadi pilihan banyak masyarakat di Indonesia.

Lalu seperti apa kemampuan mesin dan juga konsumsi BBM Xpander? Simak ulasan lengkapnya rival kuat Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia tersebut:

Uji Kemampuan Mesin dan Konsumsi BBM Xpander

Konsumsi BBM Xpander facelift
Berbicara mengenai konsumsi BBM Xpander, mobil ini cukup efisien

Membahas mengenai konsumsi BBM Xpander, kurang pas rasanya jika tidak mengulas sektor jantung mekanis mobil yang satu ini. Di atas kertas Mitsubishi Xpander dipersenjatai mesin berkode 4A91, berkapasitas 1.499 cc.

Konfigurasi mesin 4 silinder segaris dengan jumlah katup 16 valve DOHC. Mesin tersebut cukup responsif, saat pertama kali Moladin pedal gas diinjak.

Sambutan tenaga yang dihasilkan cukup mumpuni. Padat terisi sejak putaran bawah, dan disambut perpindahan gigi yang lembut. Kebetulan, Moladin sempat mencicipi ketangguhan Mitsubishi Xpander varian Sport A/T sebelum pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

Xpander didukung transmisi otomatis konvensional dengan 4-percepatan yang dirasa cukup baik. Entakan yang kerap menyambut di mobil transmisi otomatis konvensional lain, tak terasa mengintrusi pengendaraan.

Faktor ini mungkin yang menunjang konsumsi BBM Xpander cenderung efisien. Kesimpulan yang kami bisa dapat adalah girboks otomatis Xpander, sedikit lebih baik dari girboks konvensional pada umumnya.

Baca juga  6 Keunggulan Mitsubishi Xpander, Pelajari Sebelum Membeli

Berdasarkan hasil pengujian kami, konsumsi BBM Xpander ternyata sangat efisien, lho! Dari hasil pengujian kami di jalur perkotaan, konsumsi BBM-nya mampu menembus 14,6 km/liter.

Sementara dalam kecepatan konstan 80 kpj, konsumsi BBM yang dihasilkan mampu menembus 20,2 km/l. Pencapaian konsumsi BBM Xpander tentunya cukup baik untuk sekelas mobil jenis MPV.

Mungkin saja pencapaian konsumsi BBM Xpander akan lebih baik untuk pilihan transmisi manual. Namun kembali lagi tergantung dari cara berkendara, dan juga jenis bahan bakar yang digunakan.

Ketika melakukan pengujian konsumsi BBM Xpander, kami menggunakan bahan bakar Pertamax dengan RON 92.

Tak sebatas efisien untuk urusan konsumsi BBM Xpander, mobil ini pun menyajikan handling yang oke, sistem kemudinya pun ringan. Setir masih bisa mengkonversi sudut putar dengan baik pada pergerakan roda.

Hal ini positif bagi pengendara amatir yang kerap kerepotan dengan bobot putar kemudi. Pengendaliannya juga didukung suspensi yang akomodatif. Konfigurasinya sama dengan mobil kebanyakan, MacPherson Strut di depan, dan Torsion Beam di belakang.

Penggunaan suspensi tersebut dirasa tepat, ketika harus berhadapan dengan jalan berlubang, bergelombang, redamannya tidak mengganggu kenyamanan kabin. Saat proses pengujian bahkan kami membawa enam orang penumpang di dalam kabin.

Baik ketika berada di balik kemudi maupun penumpang, mobil terasa nyaman ketika melibas hambatan. Mitsubishi Xpander memberikan kenyamanan maksimal untuk menunjang New Normal Adventure keluarga Indonesia.

Keunggulan Dalam Menunjang Kebutuhan Keluarga

Interior Mitsubishi Xpander

Selain didukung konsumsi BBM Xpander yang efisien, mobil ini juga didukung dengan sejumlah keunggulan dalam menunjang new normal adventure keluarga Indonesia. Di masa pandemi Covid-19 saat ini yang melanda Indonesia.

Pasalnya masih banyak pembatasan kegiatan yang diberlakukan pemerintah, untuk menjaga masyarakat dari penyebaran virus korona di Indonesia.

Baca juga  9 Jenis Mobil yang Dipasarkan di Indonesia

“Kendaraan pribadi dengan berbagai fitur penunjang aktivitas keluarga pun menjadi salah satu pilihan moda transportasi yang aman di masa ini,” ungkap Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Menurut Nakamura, “Xpander, hadir dengan berbagai keunggulan akan menjadi pilihan yang paling tepat untuk menemani keluarga dalam mempersiapkan Adventure senyaman di rumah”.

Salah satu faktor yang penting menunjang kenyamanan adalah kabin yang mumpuni mengakomodir kebutuhan. Mitsubishi Xpander terbilang unggul untuk urusan yang satu ini.

Berbicara mengenai kabin yang luas, Xpander punya postur panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.730 mm serta jarak sumbu roda ‎2.775 mm. Ukuran ini termasuk terbesar di segmennya.

Tersedia 16 cup holder untuk menyimpan minuman dan cemilan pengemudi maupun penumpang ketika melakukan perjalanan. Kamu bisa menaruh barang bawaan di glove box, saku di door trim, instrument panel tray, cup holder serta beberapa tempat penyimpanan tertutup.

Ruang penyimpanan sebanyak ini bisa efektif menyimpan beragam bekal perjalanan seperti hand sanitizer, masker cadangan, makanan yang terjaga kebersihannya, pakaian bahkan sepatu ganti.

Dalam kabin juga didukung soket 12 volt plus slot USB di tiap baris kursi untuk menunjang kenyamanan selama perjalanan.

Jadi tak perlu takut kehabisan daya untuk gawai yang dibawa selama perjalanan berlangsung. Menariknya, tak hanya sebatas konsumsi BBM Xpander yang efisien, mobil ini juga didukung bagasi yang lapang.

Tersedia juga tempat penyimpanan yang ada di bawah penutup lantai bagasi. Untuk menyimpan kotak P3K dan alat darurat lainnya dengan rapi dan tidak makan space lebih.

Kemudahan Akses, Jadi Daya Tarik Mitsubishi Xpander

Konsumsi BBM Xpander Irit apa Boros?
Konsumsi BBM Xpander yang efisien, ditunjang transmisi yang halus

Selain membahas mengenai konsumsi BBM Xpander, namun kami juga akan sedikit mengulas mengenai kemudahan akses yang tersedia di LMPV berlogo tiga berlian tersebut.

Xpander menawarkan kemudahan akses masuk keluar terutama ke baris ketiga. Di mana sistem pelipatan jok baris kedua dan ketiga punya berbagai kombinasi.

Baca juga  Prediksi MPV DFSK yang Cocok Masuk Indonesia (Bag. 1)

Dampaknya tentu dapat menghasilkan fleksibilitas lebih untuk dapat membawa muatan yang sangat besar. Guna menunjang kenyaman penumpang baris ketiga, telah tersedia AC double blower.

Hembusan angin merata hingga di baris ketiga. Jadi penumpang bagian belakang tak perlu khawatir mengalami kegerahan.

Sisi yang tak kalah penting dalam menunjang kenyamanan berkendara adalah ground clearance. Mitsubishi Xpander didukung ground clearance yang cukup tinggi, sebesar 205 mm.

Ground clearance tersebut bahkan lebih tinggi, jika dibandingkan Low SUV merek Jepang lainnya. Dampak dari ground clearance yang tinggi, tentunya akan lebih memudahkan ketika menghadapi jalan yang tidak rata dan sedikit kasar.

Dengan segala keunggulan yang ditawarkan tersebut, selain konsumsi BBM Xpander yang efisien. Rasanya membuat konsumen jadi tak perlu khawatir untuk membawa mobil ini berpetualang.

Pasalnya Mitsubishi Xpander memberi kenyamanan maksimal untuk new normal adventure keluarga Indonesia.

Sekadar informasi, Mitsubishi Xpander ditawarkan dalam delapan varian dengan banderol mulai dari Rp 217,8 juta hingga Rp 261,2 juta. Berikut harga lengkap Mitsubishi Xpander terbaru on the road Jakarta:

Mitsubishi Xpander GLX M/T Rp 217.800.000
Mitsubishi Xpander GLS M/T Rp 243.300.000
Mitsubishi Xpander Exceed M/T Rp 242.800.000
Mitsubishi Xpander GLS A/T Rp 245.300.000
Mitsubishi Xpander Exceed A/T Rp 253.200.000
Mitsubishi Xpander Sport M/T Rp 261.200.000
Mitsubishi Xpander Sport A/T Rp 271.200.000
Mitsubishi Xpander Ultimate A/T Rp 275.100.000

Semoga informasi mengenai konsumsi BBM Xpander ini dapat bermanfaat buat kamu yang sedang mencari mobil keluarga yang sesuai kebutuhan.

Baca juga:

 

Terbaru