by

Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza, Pilih Mana?

Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza – Dominasi Toyota Avanza di pasar otomotif Tanah Air kian terusik melalui kehadiran sejumlah produk yang baru yang dijajakan di Indonesia.

Meski begitu, Toyota sudah cukup puas menikmati dominasi pasar low multi purpose vehicle (LMPV) di Indonesia. Mengingat produk ini hadir sejak tahun 2003 silam, tanpa adanya pesaing di segmen itu.

Toyota Avanza sendiri bertahun-tahun berhasil menjadi pemuncak penjualan mobil terbanyak tiap bulannya. Maka tak heran mobil ini mendapatkan julukan mobil sejuta umat.

Walaupun ada Nissan Grand Livina yang muncul pada 2007, namun tampaknya mobil keluarga Nissan ini tidak mampu menyaingi kepopuleran Toyota Avanza kala itu.

Dominasi Toyota Avanza akhirnya, agak sedikit terusik kala Honda merilis Mobilio di tahun 2014 lalu. LMPV andalan Honda itu menyediakan desain yang lebih segar, hingga akhirnya mampu diserap dengan baik di pasar Nasional.

Sedikit menilik kebelakang, ketika pertama kali meluncur, Honda Mobilio langsung berhasil menopang penjualan Honda di Indonesia. Produk ini juga berhasil melewati penjualan produk Honda lainnya seperti Jazz, Freed, hingga CR-V, dan produk lainnya.

Berdasarkan catatan Moladin, pada semester pertama tahun 2014. Honda Mobilio berhasil terjual sebanyak 46.446 unit.

Pencapaian tersebut membawa Honda berhasil meraih pangsa pasar hingga 23 persen di segmen LMPV di Indonesia. Secara keseluruhan Honda menjual 82.674 unit mobil dalam enam bulan pertama tahun 2014, dan lebih dari setengahnya disuplai oleh Mobilio.

Lalu apa sebenarnya keunggulan Honda Mobilio ataupun Toyota Avanza yang bisa menarik konsumen? Kali ini Moladin akan mengulas komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza yang mungkin bisa menjadi informasi menarik untuk kamu yang ingin membeli mobil keluarga 7-penumpang.

Penasaran seperti apa ulasannya? Simak artikel ini sampai habis.

1. Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza, Mesin Mana yang Lebih Baik?

Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza, sisi mesin
Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza, LMPV Honda lebih bertenaga

Mengacu pada komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza dari sisi jantung mekanis. Tampaknya Honda Mobilio punya performa yang lebih baik.

Mobilio didukung mesin 1.5 liter, 4 silinder, 16 Valve SOHC i-VTEC. Tenaga yang dihasilkan sebesar 116 hp dengan torsi sebesar 145 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi 5-percepatan manual dan juga transmisi otomatis CVT. Mobil ini menggunakan penggerak roda depan.

Sementara Toyota Avanza dipersenjatai dengan mesin yang sama-sama berkubikasi 1.5 liter DOHC dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 104 hp dan torsi 136 Nm.

Baca juga  Sosok Honda Jazz Type R, Masuk Indonesia?

Transmisi Toyota Avanza mengandalkan 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis.

Dari data spesifikasi di atas, tentunya performa yang ditawarkan oleh Honda Mobilio jauh melampaui Toyota Avanza. Meski sama-sama berkubikasi 1.5 liter.

Namun sayangnya, Honda Mobilio mengandalkan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD). Sementara Avanza mengusung penggerak roda belakang atau rear wheel drive (RWD).

Penggerak roda depan, membuat kerja roda depan jadi lebih berat, lantaran fungsinya sebagai penggerak dan juga kemudi. Selain itu, penggerak roda depan juga kurang hebat dalam membawa beban berat. Apalagi ketika kondisi mobil menanjak dan kabin mobil diisi penuh penumpang.

Kedua persoalan tersebut tidak bakal kamu temui ketika memilih mobil dengan penggerak roda belakang (RWD). Penggerak roda depan juga tidak melulu soal kekurangan.

Kelebihan Honda Mobilio karena menggunakan sistem FWD adalah akselerasi jadi lebih baik, lantaran tenaga dari mesin langsung didistribusikan ke roda depan.

2. Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza Dari Sisi Dimensi

Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza dari sisi dimensi
Dari sisi dimensi, Honda Mobilio sedikit lebih besar, namun ground clearance lebih rendah

Selanjutnya komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza, kita akan membahas dari sisi dimensi kedua MPV itu. Mengacu dari data spesifikasi, dimensi Honda Mobilio sedikit lebih unggul dibanding Avanza.

Panjang Honda Mobilio sebesar 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm. Wheelbase yang ditawarkan mobil ini sebesar 2.650 mm. Sedangkan Toyota Avanza punya panjang 4.190 mm, lebar 1.660 mm dan  tinggi 1.695 mm, serta wheelbase 2.655 mm.

Secara dimensi Honda Mobilio sedikit lebih besar dibandingkan Toyota Avanza. Kedua produk ini juga mampu mengakomodir 7-penumpang, cukup lega ketika didalam kabin.

Sebagai pembedanya, ruang bagasi Honda Mobilio sedikit lebih besar. Jika dibandingkan dengan Toyota Avanza. Sayangnya untuk ground clearance Mobilio masih dibawah Avanza.

Toyota Avanza punya ground clearance sebesar 200 mm, sementara Honda Mobilio 189 mm. Menggunakan Honda Mobilio di jalan yang rusak, akan terasa sedikit berisiko.

3. Adu Fitur dan Kabin Toyota Avanza Vs Honda Mobilio

Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza dari sisi fitur
Adu fitur Honda Mobilio Vs Toyota Avanza

Pembahasan komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza, kita akan membahas mengenai kabin dan fitur yang ditawarkan oleh kedua MPV bawah tersebut.

Baik Mobilio ataupun Avanza sama-sama menawarkan tujuh kapasitas penumpang didalamnya, dengan konfigurasi kursi tiga baris. Berdasarkan pengalaman Moladin yang sudah menguji kedua produk ini, bangku baris ketiga Toyota Avanza sedikit lebih nyaman untuk penumpang dewasa dibanding Mobilio.

Baca juga  Selain Kelebihan, Adakah Kekurangan Toyota Agya Terbaru?

Terkait fitur kedua produk ini, masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan. Sebagai gambaran, Honda Mobilio sudah dilengkapi dengan fitur LED Light Guide, Day Time Running Light (DRL), dan fitur lain power retractable door mirror. Lampu belakang kombinasi model smoked.

Pada interiornya, Mobilio dilengkapi dengan AC digital yang sudah double blower. Head unit layar sentuh 8 inci untuk varian RS dan 6,2 inci untuk varian lainnya. Head unit tersebut sudah terkoneksi dengan bluetooth, telepon bebas genggam, kamera mundur, serta pemutar CD dan DVD.

Ada juga control steering switch yang memudahkan pengemudi mengatur fitur hiburan ketika berkendara. Mobil ini juga didukung dengan fitur keamanan modern seperti kamera parkir mundur, rem dengan ABS+EBD, dual SRS airbag, keyless entry, immobilizer dan alarm system.

Sementara Toyota Avanza didukung fitur dual SRS Airbags, Seatbelt dengan Pretensioner dan Force Limiter, ABS, Isofix, 3-Points Seatbelt, Side Impact Beam, dan Front Passenger Seat belt Warning.

Keunggulan Toyota Avanza yang tidak dimiliki oleh Honda Mobilio adalah hadirnya fitur start/stop engine button.

Sistem hiburan Toyota Avanza juga sudah modern, karena telah dilengkapi head unit layar sentuh di hampir semua tipe kecuali yang terbawah. Head unit ini didukung aplikasi bernama T-Link untuk Android.

Pengemudi atau penumpang cukup mensinkronisasi gadget melalui jaringan bluetooth sembari menggunakan kabel data yang telah dipasang di head unit.

Jika kamu tidak melakukan sambungan dengan jaringan bluetooth dan kabel data, maka head unit tidak akan dapat menampilkan mirroring dari ponsel.

Komparasi Spesifikasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza

Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza
Spesifikasi Honda Mobilio dan Toyota Avanza

 Toyota Avanza

Dimensi PxLxT

4190 x 1660 x 1695 mm

Wheelbase

2655 mm

Ground Clearance

200 mm

Mesin

1.5L IL 4-cyclinder Dual VVT-i

Tenaga

104 hp

Torsi

136 Nm

Transmisi

4-percepatan otomatis dan 5-percepatan manual

Penggerak

Rear wheel drive (RWD)

Honda Mobilio

Dimensi PxLxT 4.386 x 1.683 x 1.603 mm
Wheelbase 2650 mm
Ground Clearance 189 mm
Mesin 1.5 liter, 4 silinder, 16 Valve SOHC i-VTEC
Tenaga 116 Hp
Torsi 145 Nm
Transmisi 5-percepatan manual dan 4-percepatan otomatis
Penggerak Front wheel drive (FWD)
Baca juga  Bocoran Toyota Yaris Facelift 2020, Apa Bedanya?

4. Harga Toyota Avanza Vs Mobilio Mending Mana?

Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza
Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza dari sisi harga.

Faktor yang tak kalah penting jika berbicara mengenai komparasi Toyota Avanza Vs Honda Mobilio tentunya dari sisi harga. Hal ini berdampak kepada keputusan konsumen dalam memilih kendaraan yang sesuai kemampuan dan juga kebutuhan.

Honda Mobilio saat ini ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp 205,5 hingga Rp 261,4 juta. Mobil ini tersedia dalam tiga varian yakni S, E, dan RS. Masing-masing tersedia dalam dua pilihan transmisi yakni manual dan otomatis.

Avanza punya harga yang cenderung lebih terjangkau, yakni mulai dari Rp 200,15 sampai Rp 230,3 Juta. Toyota Avanza ditawarkan dalam empat varian, yakni E, 1.3 G, dan 1.5 G. Mesin 1.3 liter dan 1.5 liter ditawarkan dalam dua pilihan transmisi yakni manual dan otomatis, kecuali varian E.

5. Layanan Purnajual Honda Vs Toyota

Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza
Komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza kurang pas tanpa membahas layanan purnajual

Mengacu pada layanan purnajual, komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza, untuk urusan satu ini Toyota bisa dibilang unggul untuk urusan yang satu ini ketimbang Honda. Pasalnya Toyota kerap diganjar penghargaan Customer Service Index (CSI) dari J.D.Power Asia Pacific.

Kemudian jaringan outlet resmi Toyota saat ini sangatlah luas yang menyebar dari Sabang sampai Merauke, yang siap memberi layanan pada pelanggan. Pemilik Avanza bisa sangat terbantu dengan banyaknya lokasi.

TAM pun punya beragam layanan untuk mendukung para pemilik Avanza di Indonesia, sebagai contohnya Toyota Mobile Service, Service Point, Express Maintenance, Bengkel 24 jam dan Emergency Road Assistance (ERA).

Kemudian ketersedian suku cadang. Wajar saja jika Avanza memiliki onderdil yang amat melimpah. Baik di bengkel resmi maupun di pasar aftermarket.

Pasalnya Avanza salah satu produk yang penjualannya masif dan paling banyak dalam ekosistem LMPV. Bahkan, selain suku cadang resmi (OEM) kamu bisa menemukan peranti serupa alias imitasi.

Sejumlah alasan inilah yang membuat Avanza lebih banyak dibeli dibandingkan Honda Mobilio.

Sekarang sudah ada gambaran pastinya mengenai komparasi Honda Mobilio Vs Toyota Avanza di atas. Semoga informasi ini dapat membantu kamu dalam memilih mobil keluarga yang sesuai kebutuhan.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 comments

Terbaru