Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

5 Beda Kia Carens 1.4 Turbo Vs 1.5 Liter, Beli yang Mana?

by Baghendra Lodra
kia carens 1.4 turbo vs 1.5 liter

Di Indonesia Kia menghadirkan Carens dalam dua pilihan varian: Carens 1.4 Turbo Vs 1.5 Liter. Keduanya bukan hanya berbeda dalam hal mesin, tapi juga fitur, dan harganya.

Sektor jantung mekanis, sesungguhnya bedanya jauh dalam hal performa. Carens 1.4 Turbo mampu melontarkan tenga hingga 140 PS. Sementara Carens 1.5 Liter cuma 115 PS.

Kemudian, versi Turbo juga memiliki fitur di interior berupa captain seat. Hanya saja memang, harga jualnya lebih mahal sampai tembus Rp 449 juta (OTR Jakarta).

Di sisi lain, kelebihan Kia Carens 1.5 Liter adalah banderolnya terjangkau cuma Rp 389 juta (OTR Jakarta). Ada pula tambahan fitur idling stop system (ISS) yang tidak dipunya versi Turbo.

Walau demikian, sesungguhnya Carens 1.4 Turbo dan 1.5 Liter punya kesamaan yang lebih banyak. Misal dalam hal desain, dimensi, ukuran ban, pilihan warna, hingga fitur keselamatan benar-benar serupa.

Di kelas MPV keduanya memang terbilang punya fitur komplet. Ada wireless charger, sunroof, speaker BOSE, ambient light, hingga ventilated seat. Bahkan soal bantingan suspensi, keduanya juga sama-sama nyamannya. Benar-benar pas untuk mobil keluarga.

Balik lagi ke perbedaan Kia Carens 1.4 Turbo Vs 1.5 Liter, penasaran? Berikut bahasan lengkapnya:

Baca juga  Menakar Konsumsi BBM Xpander, Irit Apa Boros?

1. Performa Mesin Kia Carens 1.4 Turbo Lebih Istimewa

kia carens 1.4 turbo vs 1.5 liter - tampak depan

Terasa ketika pedal gas diinjak sedikit saja, mesin turbonya sangat responsif

Bicara Carens 1.4 Turbo Vs 1.5 Liter, perbedaan paling utama adalah performa mesin. Khusus versi turbo, pakai Kappa 1.353 cc Dual CVVT. Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 242 Nm pada 1.500 – 3.200 rpm dan tenaga maksimal 140 PS pada 6.000 rpm.

Kami sudah coba sendiri performa Kia Carens 1.4 Turbo dalam sesi test drive, hasilnya istimewa. Terasa sekali bahwa tenaganya penuh terus, jadi sedikit saja tekan pedal gas, mobil langsung melaju. Performanya bahkan bersaing dengan Toyota Kijang Innova yang pakai mesin 2.0 liter.

Sementara untuk Kia Carens 1.5 Liter pakai mesin Smartstream, Gamma II, DOHC, Dual CVVT. Jantung mekanis berkubikasi murni 1.497 cc ini persis punya Hyundai Stargazer. Di atas kertas bisa melontarkan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga 115 PS pada 6.300 rpm.

Bila dibandingkan, tentu Carens 1.5 Liter tanpa turbo performanya jauh di bawah. Walau demikian, kami sudah melakukan test drive dan tenaganya lebih dari cukup untuk MPV 1.500 cc.

2. Transmisi Dual Clutch Vs IVT

kia carens 1.4 turbo vs 1.5 liter - test drive

Carens 1.5 Liter pakai transmisi IVT serupa dengan Hyundai Stargazer

Perbedaan kedua dari Kia Carens 1.4 Turbo Vs 1.5 Liter adalah transmisinya. Khusus untuk versi Carens turbo, mengandalakan 7-percepatan dual clutch transmission (DCT). Alhasil perpindahan giginya tidak terlalu terasa, akselerasi pun mulus.

Baca juga  Target Penjualan Suzuki Ertiga Hybrid, Sampai ke Jayapura!

Berbeda dengan Kia Carens 1.5 Liter yang pakai transmisi IVT. Pada dasarnya ini adalah CVT, tapi racikan Hyundai Group (Kia termasuk di dalamnya). Memang lebih istimewa dari CVT biasa, tapi dibanding DCT tentu beda jauh. Masih ada rubber band effect di transmisi ini yang membuat akselerasi kurang responsif.

3. Fitur Idling Stop Sytem Cuma Ada di Carens 1.5 Liter

kia carens 1.4 turbo vs 1.5 liter - idling stop system

Idling stop system bisa menonaktifkan mesin secara otomatis saat Carens berada di kemacetan untuk menghemat BBM

Meski kalah dari sisi performa, kelebihan Kia Carens 1.5 Liter adalah punya idling stop system (ISS). Fitur ini membuat mesin otomatis nonaktif ketika mobil berhenti beberapa detik, kemudian aktif kembali saat pedal gas diinjak.

Fungsi ISS adalah menghemat konsumsi BBM. Hanya saja Kia tidak mengumumkan angka irit dari Carens 1.5 Liter tersebut.

4. Carens 1.4 Turbo Pakai Captain Seat

kia carens 1.4 turbo vs 1.5 liter - interior captain seat

Jok captain seat cuma ada di Carens Turbo

Perbedaan selanjutnya antara Kia Carens 1.4 Turbo Vs 1.5 Liter adalah jok baris kedua. Di mana versi turbo pakai captain seat. Alhasil duduk di belakang semakin nyaman, karena masing-masing penumpang punya jok personal.

Baca juga  KIA Soul EV Boardmasters, Mobilnya Anak Pantai

Kemudian keunggulan lain dari captain seat, memudahkan akses keluar masuk ke jok baris ketiga lebih mudah. Tidak perlu lipat jok baris kedua lebih dulu.

Sementara untuk Kia Carens 1.5 Liter pakai jok yang menyambung seperti mobil kebanyakan. Hanya saja di bagian tengahnya, ada sandaran punggung yang bisa diturunkan menjadi handrest portable.

Terkait kelengkapan fitur untuk kenyamanan penumpang, baik Carens 1.4 Turbo dan 1.5 Liter tidak ada beda. Misalnya sama-sama punya tirai di kaca baris kedua, meja lipat, jok bisa diatur maju mundur dan rebah. Tidak ketinggalan, kehadiran fitur one touch tumble untuk pelipatan jok baris kedua secara mudah.

5. Harga Kia Carens 1.4 Turbo Lebih Mahal Dibanding 1.5 Liter

kia carens 1.4 turbo vs 1.5 liter - tampak belakang

Kalau kamu mau harga terjangaku bisa pilih Carens 1.5 Liter

Selanjutnya perbedaan Kia Carens 1.4 Turbo vs 1.5 Liter ada di harga. Banderolnya jelas berlainan, di mana versi turbo dijual lebih mahal tembus Rp 449 juta (OTR Jakarta). Sementara nonturbo Rp 393,5 juta (OTR Jakarta).

Jadi kamu mau beli yang mana? Kalau cari performa, saran kami pilih Carens Turbo. Hanya saja kalau bujet kamu terbatas, pilih versi Carens 1.5 Liter sesungguhnya sudah cukup untuk mobil keluarga.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika